Efektivitas Zoom Cloud Meeting dalam Pendidikan Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.33830/ptjj.v22i2.2682.2021Keywords:
media pembelajaran;, zoom cloud meeting;, pembelajaran jarak jauh;Abstract
Pandemi COVID-19 membawa perubahan dalam bidang pendidikan di Indonesia. Pembelajaran yang semula menggunakan modus konvensional, saat ini beralih menggunakan modus pembelajaran jarak jauh (PJJ), salah satunya dengan memanfaatkan video conference Zoom Cloud Meeting. Artikel ini bertujuan menggambarkan efektifitas Zoom Cloud Meeting dalam PJJ. Menggunakan metode studi pustaka, studi ini menggambarkan bagaimana fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi Zoom Cloud Meeting mendukung untuk melakukan kegaiatan pembelajaran jarak jauh. Selain itu, Zoom Cloud Meeting cenderung efektif untuk pembelajaran non-praktik dan bagi peserta didik dengan gaya belajar audio dan visual.
References
Egziabher, T. B. G., & Edwards, S. (2013). 済無No Title No Title. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 53(9), 1689–1699.
Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416
Abdillah, L. A. (2020). Online Learning Menggunakan Zoom Teleconference. http://eprints.binadarma.ac.id/4162/2/Abdillah2020 %5BOnline Learning Menggunakan Zoom Teleconference%5D 2020415.pdf
Anshor, S. (2018). “Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya†Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 9924, 88–100.
Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284
Basori, B. (2017). Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Media E-Learning Pada Perkuliahan Body Otomotif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 7(2), 39–45. https://doi.org/10.20961/jiptek.v7i2.12722
Eko, K., & Rayandra, A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Aspek Learning Design Dengan Platform Media Sosial Online Sebagai Pendukung Perkuliahan Mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1–26. https://repository.unja.ac.id/626/
El Iq Bali, M. M. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 29. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i1.198
Faisal, M. D. A. (2009). Efektivitas Proses Belajar Melalui Aplikasi Zoom Di Masa Pandemi Covid-19. Academia.Edu, 2, 45–58. http://www.academia.edu/download/64015904/M Darul Aksan F.pdf
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Fitriyani, F., Febriyeni, M. D., & Kamsi, N. (2020). Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting pada Proses Pembelajaran Online Sebagai Solusi di Masa Pandemi Covid 19. Edification Journal, 3(1), 23–34. https://doi.org/10.37092/ej.v3i1.221
Hikmat, Hermawan, E., Aldim, & Irwandi. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Survey Online. Digital Library, UIN SUnan Gung Djati, Bandung, 1–7. http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/
Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671
Jahrir, A. S., & Tahir, M. (2020). Dampak Media Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 Impact of Zoom Application Media As Online Learning Media During the Covid-19 Pandemic. Journal of Education, Language, Teaching and Science, 2(3), 9–18.
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942
Mustopa, A. J., & Hidayat, D. (2020). Pengalaman Mahasiswa Saat Kelas Online Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Selama Covid-19. Digital Media & Relationship, 2(2), 75–84.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.
Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah, 4(1), 49–56. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15394/7199
Raharja, U., Lutfiani, N., Handayani, I., & Suryaman, F. M. (2019). Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning+ Pada Perguruan Tinggi. Sisfotenika, 9(2), 192. https://doi.org/10.30700/jst.v9i2.497
Riyana, C. (2015). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Modul Pembelajaran Universitas Terbuka Tangerang Selatan, 1–43.
Rizki Saga Putra, I. (2020). Global komunika. 1, 1–13.
Sucahya, M. (2013). Teknologi Komunikasi Dan Media. Jurnal Komunikasi, 1(2), 6–22.
Suni Astini, N. K. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Alfilail, S. N. (2021). Pembelajaran Berbasis Online “Zoom†Pada Kesiapan Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 7(1), 215. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9329
COMMED, J. (2016). PERUBAHAN MEDIA KOMUNIKASI DALAM POLA KOMUNIKASI KELUARGA DI ERA DIGITAL: Ditha Prasanti. Commed: Jurnal Komunikasi dan Media, 1(1), 69-81.