Analisis Kepuasan Mahasiswa: Implikasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Jarak Jauh Universitas Terbuka Layanan Luar Negeri

Authors

  • Pardamean Daulay Universitas Terbuka
  • Mayang Anglingsari Putri Universitas Terbuka
  • Hikmah Zikriyani Universitas Terbuka
  • Ahmad Syaikhu Universitas Terbuka
  • Raesita Rakhmawati Rosadi Universitas Terbuka
  • Mutiara Ulfah Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/ptjj.v26i1.10438.2025

Keywords:

UT layanan luar negeri, evaluasi layanan, pendidikan jarak jauh, kepuasan mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil survei evaluasi layanan bagi mahasiswa Universitas Terbuka (UT) di luar negeri, dengan fokus pada tingkat kepuasan dan implikasinya terhadap peningkatan kualitas layanan. Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan UT untuk meningkatkan kualitas pendidikan jarak jauh mahasiswa di UT layanan luar negeri, yang menghadapi tantangan aksesibilitas dan dukungan akademik. Survei meliputi aspek aksesibilitas, responsivitas, kualitas materi pembelajaran, dan dukungan administratif, dengan hasil yang menunjukkan variasi tingkat kepuasan di berbagai aspek. Berdasarkan hasil survei, mayoritas responden merasa puas dengan layanan yang tersedia, meskipun ada beberapa area yang dapat ditingkatkan. Penelitian ini mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan memberikan rekomendasi strategis untuk peningkatan layanan, seperti peningkatan aksesibilitas platform pembelajaran, penyediaan dukungan akademik yang andal dan responsif, percepatan layanan administratif, penyediaan panduan yang jelas, serta pengembangan materi pembelajaran yang relevan dan interaktif. Implementasi rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan UT bagi mahasiswa luar negeri dan memperkuat kepuasan mereka dalam mengikuti pendidikan jarak jauh. Luaran dari penelitian ini berupa pemetaan tingkat kepuasan mahasiswa serta rekomendasi perbaikan layanan UT, dengan kontribusi penting dalam mengoptimalkan layanan pendidikan jarak jauh bagi mahasiswa di UT layanan luar negeri.

References

Armstrong, D. B., Fogarty, G. J., & Dingsdag, D. (2005). Validation of a Computer User Satisfaction Questionnaire to Measure IS Success in Small Business. Journal of Research and Practice in Information Technology, 31(7).

Bozkurt, A., & Zawacki-Richter, O. (2021). Trends and Patterns in Distance Education Research: A Synthesis of Scholarly Publications and Research. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 22(2), 1-19.

Dunggio, T. (2023). Hubungan Antara Sarana Prasarana, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Mahasiswa: Perspektif dan Implikasinya. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen, 4(3), 92-100.

Fahriubay. (2015). Faktor-faktor Penting Keberhasilan sebuah Event. https://klopidea.com/faktor-faktor-penting-keberhasilan-sebuah-event/.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. (2024). Layanan Bantuan Belajar. https://fkip.ut.ac.id/bantuan-belajar/.

Heiser, R. (2022). Internationalization in Distance Education: A Study of Quality Dimensions. Journal of Distance Education, 37(1), 45-67.

Martirosyan, N. M., Hwang, E., & Wanjohi, R. (2019). Impact of Academic and Social Support Services on International Student Adjustment. Journal of International Students, 9(1), 172-191.

Pardamean Daulay, dkk. Analisis Kepuasan Mahasiswa: Implikasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Jarak Jauh Universitas Terbuka Layanan Luar Negeri 41

Marthalina. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Akademik dan Kepuasan Mahasiswa di IPDN Kampus Jakarta. Jurnal MSDM, 5(1), 1-18.

Muarif, A., Syarifudin, A., & Hamandia, M. R. (2024). Analisis Faktor Keberhasilan Event Organizer dalam Menyelenggarakan Acara (Studi Kasus CV Soundtrack Indonesia). Journal of Business and Halal Industry, 1(4), 1-8.

Roy, R., Lu, Z., & Loo, B. (2016). The Impact of Career Services on International Student Satisfaction and Retention. Journal of Higher Education Policy and Management, 38(6), 633-645.

Saputra, D. Y., Widyaningrum, D., Hidayat. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pelanggan dengan Metode Servqual dan Index Potential Gain Customer Value (Studi Kasus: Outlet Yossmi Dimsum). Jurnal Serambi Engineering, 7(2),3144 – 3154.

Subhan, A. (2018). Analisis Dimensi Kualitas Pelayanan Pada Perusahaan Jasa Pelabuhan Curah Pt. Krakatau Bandar Samudera Cilegon Menggunakan Metoda Servqual. Jurnal Media Teknik Dan Sistem Industri, 2(2), 20-28. https://doi.org/10.35194/jmtsi.v2i2.401.

Susanto, H. (2012). Pengaruh Layanan Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Terbuka pada Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Mataram.

Universitas Terbuka. https://repository.ut.ac.id/5558/

Universitas Ciputra. (2016). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian.

https://informatika.ciputra.ac.id/2016/02/2016-2-18-metode-pengumpulan-datadalam-penelitian/

Universitas Terbuka. (2004). Universitas Terbuka : dulu, kini, dan esok. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Zulkarnaini, Z., & Fatmasari, R. (2021). Pengaruh Layanan Akademik dan Citra Institusi terhadap Loyalitas Mahasiswa Universitas Terbuka. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1285. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1285-1294.2021.

Downloads

Published

22-06-2025

How to Cite

Daulay, P., Anglingsari Putri, M., Zikriyani, H., Syaikhu, A., Rosadi, R. R., & Ulfah, M. (2025). Analisis Kepuasan Mahasiswa: Implikasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Jarak Jauh Universitas Terbuka Layanan Luar Negeri. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 26(1), 25–41. https://doi.org/10.33830/ptjj.v26i1.10438.2025

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.