Kesiapan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Era New Normal
DOI:
https://doi.org/10.33830/ptjj.v23i1.3094.2022Keywords:
kesiapan guru;, pembelajaran jarak jauh;, pandemi covid-19;, new normal;Abstract
Fenomena pandemi covid-19 telah mengubah kebiasaan umum manusia dalam segala aspek, termasuk dalam mekanisme proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Menghadapi situasi new normal dalam jangka waktu yang belum pasti bukan hal yang mudah untuk dijalani oleh seorang guru. Tujuan studi ini adalah untuk menganalisis kesiapan dan kompetensi yang perlu dimiliki guru untuk mendukung berjalannya pembelajaran yang efektif dan bermutu pada era new normal di massa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan menganalisis penelitian-penelitian terdahulu yang telah dilakukan. Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa guru harus mempunyai kesiapan dalam melakukan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di era new normal. Guru dituntut untuk mengubah metode pembelajaran menjadi lebih fleksibel dalam mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang tetap akan berujung pada pencapaian standar kompetensi yang ada di kurikulum sekolah. Kesiapan guru dalam melaksanakan metode PJJ dapat menjadi kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan proses belajar di masa pandemi covid-19.
References
Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pustaka Pelajar.
Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 214–225. https://doi.org/10.35760/psi.2020.v13i2.3572
Armia, C. (2016). Pengaruh Budaya Terhadap Efektivitas Organisasi : Jurnal Akuntansi Dan Auditing Indonesia, 6(1), 103–117. https://journal.uii.ac.id/JAAI/article/view/870/797
Astini, Sari, N. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25. https://doi.org/https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194
Ayu, F. A. (2021). Stabilitas Emosi Dengan Kesiapan Mengajar Pada Guru Full Day School. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(3), 676. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i3.6508
Faiz, A. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 2442–2355. https://doi.org/https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876
Hofstede, G. (2001). Culture’s Consequences. Sage Publications inc.
Kara, M. (2020). Distance education: a systems view of online learning. Educational Review, 72(6), 800–800. https://doi.org/10.1080/00131911.2020.1766204
Kholifah, A. D. N., Putro, S. C., & Rahmawati, Y. (2018). Hubungan Perilaku Positif Dalam Praktikum Dan Keterlaksanaan Bimbingan Karir Dengan Kesiapan Berkarir Di Dunia Industri Siswa Smkn Kelas Xii Program Keahlian Multimedia Di Kota Malang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 103–112. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i2.14299
Kristiningsih, K. (2020). Kesiapan Guru Sekolah Avicenna Jagakarsa dalam Melaksanakan E-Learning di Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(2). https://doi.org/10.30998/sap.v5i2.6646
Lutfiana, R. F., Mey R, A. A., & Handayani, T. (2021). Analisis Implementasi Budaya Sekolah Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 174–183. https://doi.org/10.21831/jpka.v12i2.35499
Maddox, N., Forte, M., & Boozer, R. (2000). Learning Readiness: an Underappreciated Yet Vital Dimension in Experiential Learning. Developments in Business Simulation & Experiential Learning, Volume 27, 2000, 27(1993), 272–278.
Mamluah, S. K., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 869–877. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.800
Maulana, A. (2019). Dampak Pembelajaran Di Era New Normal Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19 ). Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 51–62.
Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ Pada Masa Pandemi Covid 19. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 75–82. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/6411
Mulyana, Siagian, N., Basid, A., Saimroh, Sovitriana, R., Habibah, N., Saepudin, J., Maimunah, M. A., Muaripin, & Oktavian, C. N. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Era Covid-19. In Litbangdiklat Press. Litbangdiklat Press. www.balitbangdiklat.kemenag.go.id
Noor, M. (2020). Guru Profesional dan Berkualitas. Alprin.
Novitasari, D., & Asbari, M. (2020). Peran Kesiapan untuk Berubah terhadap Kinerja Guru di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 1(2), 219–237. https://doi.org/https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2.63
Prawiyogi, Anggi Giri, D. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Peserta didik di SDIT Purwakarta. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 8. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Sarwa. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh : Konsep, Masalah dan Solusi. Penerbit Adab.
Sidqi, N. A., & Auliya, P. (2021). Analisis Kesiapan Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Saat Covid-19. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 137–158. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3261
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.
Suparman, A. (2004). Pendidikan jarak jauh: Teori dan praktek. Pusat Penerbitan, Universitas Terbuka.
Suprijono, A. (2020). Kesiapan Dunia Pendidikan. IAIN Parepare Nusantara Press, 20–22.
Sutarto, S. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 1. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331
Syamaun, S. (2019). Pengaruh Budaya Terhadap Sikap Dan Perilaku Keberagamaan. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 81. https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6490
Tubagus, M. (2021). Model Pembelajaran Terbuka Jarak Jauh: Kajian Teoritis dan Inovasi. Pustaka Pelajar.
Utomo, R. A. S., & Mahmudah, F. N. (2021). The Implementation of Distance Learning during the Covid-19 Pandemic. Madrasah, 13(2), 114–125. https://doi.org/10.18860/mad.v13i2.11330
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462
Waterhouse, P., Samra, R., & Lucassen, M. (2022). Distance education students’ satisfaction: Do work and family roles matter? Distance Education, 43(1), 56–77. https://doi.org/10.1080/01587919.2021.2020622
Widyastuti, A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, BDR. Elex Media Komputindo.
Yang, S., Isa, S. M., & Ramayah, T. (2021). Uncertainty Avoidance as a Moderating Factor to the Self-Congruity Concept: The Development of a Conceptual Framework. SAGE Open, 11(1). https://doi.org/10.1177/21582440211001860