Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Siti Fatimah Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Jawa Timur, Indonesia
  • Ahmad Sudi Pratikno Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33830/ptjj.v23i1.2664.2022

Keywords:

pendidikan karakter;, sekolah dasar;, Covid-19;

Abstract

Pandemi Covid-19 memiliki banyak dampak terhadap kehidupan bermasyarakat. Salah satu perubahan yang dirasakan adalah dalam bidang pendidikan di mana pembelajaran di sekolah diputuskan untuk dilaksanakan secara online. Pada masa pandemi Covid-19, pendidikan karakter tidak boleh diabaikan begitu saja, terutama di jenjang sekolah dasar. Pada jenjang ini, pendidikan karakter sangat dibutuhkan untuk perkembangan para siswa. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah kajian pustaka. Hasil studi menunjukkan bahwa pendidikan karakter dibutuhkan oleh siswa sekolah dasar meskipun pembelajaran harus dilaksanakan di rumah. Pendidikan karakter melalui pembelajaran jarak jauh tidak boleh diabaikan dan harus menyesuaikan dengan kondisi siswa serta situasi Covid-19. Kesimpulan dari studi ini adalah guru harus mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam setiap muatan pembelajaran, seperti nilai religius, tanggungjawab, toleransi, dan kerja keras.

References

Abdi, M. I. (2008). The Implementation of Character Education in Kalimantan, Indonesia: Multi Site Studies. Jurnal Dinamika Ilmu, 18 (2), 305-321.
Agustinus. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Selama Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4),836-851.
Hayati, F., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1809-1815.

Maryati. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 5 Beitung Kabupaten Banyuasin. Jurnal Guru Indonesia. 10 (27), 541-788.
Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. AL Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru ML, 3(2), 197-211.

Downloads

Published

21-06-2022

How to Cite

Fatimah, S., & Sudi Pratikno, A. . (2022). Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 23(1), 12–19. https://doi.org/10.33830/ptjj.v23i1.2664.2022

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.