EVALUASI PELAKSANAAN TUTORIAL TATAP MUKA PENDIDIKAN DASAR DI KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT PADA UPBJJ-UT AMBON

Authors

  • Wildoms Sahusilawane Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/ptjj.v15i1.589.2014

Keywords:

basic education, evaluasi, evaluation, face to face tutorial, pendidikan dasar, tutorial tatap muka

Abstract

This article presents the results of the evaluation of the implementation of Face to Face Tutorial in the District of West Seram, Maluku province on the implementation and the factors inhibiting the implementation of Face to Face Tutorial. Field data collection was done by using interviews and questionnaires. Data were analyzed descriptively that gives meaning to any data collected and presented in the form of percentages and graphs. The results obtained showed that the Face to Face Tutorial implementation consisting of initial activities, core activities and activities performing well late in accordance with the conditions set by the Open University. Meanwhile. inhibiting factors in the implementation of the tutorial, is the distance, transportation, human resources (tutors), and the limited means of communication.


Artikel ini menyajikan hasil evaluasi pelaksanaan Tutorial Tatap Muka (TTM) di Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku mengenai pelaksanaan dan faktor-faktor penghambat pelaksanaan TTM. Pengumpulan data di lapangan dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif yaitu memberikan makna pada setiap data yang dikumpulkan, serta disajikan dalam bentuk persentase dan grafik. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan TTM yang terdiri atas kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir terlaksana dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh UT. Sedangkan faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan tutorial, adalah jarak, transportasi, sumber daya manusia (tutor), dan keterbatasan sarana komunikasi.

References

Arikunto Suharsimi. (2008). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
ssac, S. & Michael, William, B. (1984). Hand book in research and evaluation. San Diego: Edith Publisher.
Livine, Robert A. Et. Al. (1981). Evaluation research and practice. Beverly Hill; Sage Prodct.
Safuri, Musa (2005). Evaluasi program pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat, Y-Pin Indonesia, Lembang Bandung.
Stufflebeam, Daniel L. (1971). Educational evaluation and desicioon making. Itaca Illionois: FE. Peacock.
Sukmadinata, N.S. (2009). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Tim Pengembang PAT-UT. (2001). Bahan ajar program akreditasi tutor Universitas Terbuka, Jakarta: PAU-PPAI.
Tim UT. (2011). Katalog pendas tahun 2011, Jakarta, Universitas Terbuka.
Triyono P, dkk (2010), Evaluasi pelaksanaan tutorial S1 PAUD FKIP-UT semester 8 di kabupaten Wonosobo.
Tayipnapis, F.Y. (1989). Evaluasi program. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
______, (2010). Pedoman kuliatas-layanan belajar jarak jauh UPBJJ-UT.
______, (2005). Pedoman tutorial S1 PGSD Universitas Terbuka, Jakarta.

Downloads

Published

14-09-2014

How to Cite

Sahusilawane, W. (2014). EVALUASI PELAKSANAAN TUTORIAL TATAP MUKA PENDIDIKAN DASAR DI KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT PADA UPBJJ-UT AMBON. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 15(1), 54–61. https://doi.org/10.33830/ptjj.v15i1.589.2014

Issue

Section

Articles