CHIEF EDITOR
Dr. Andayani, M.Ed.
(Universitas Terbuka)
About the Journal
Pena Anda is an information and communication tool for practitioners, researchers, and academics who focus on the latest developments in theory, methodology, and best practices in primary school education. This journal is a peer-reviewed journal published twice a year in April and October by the Institute for Research and Community Service, Universitas Terbuka. Starting from Volume 2 in 2024, Pena Anda Journal has published a total of 5 articles, consisting of 1 article in English and 4 articles in Indonesian.
E-ISSN: 3025-065X
P-ISSN: 3025-8391
ISSN: 3025-065X (Online) | ISSN: 3025-8391 (Printed)
Current Issue
Published: 24-10-2025
Volume 3 nomor 2 tahun 20205 Pena Anda kembali menampilkan kumpulan artikel peer-review yang membahas isu kontemporer dan praktis dalam pendidikan sekolah dasar mulai dari penerapan Kurikulum Merdeka, tantangan guru dalam menyusun RPP, hingga evaluasi pembelajaran dan asesmen yang relevan bagi implementasi kurikulum. Dengan kombinasi kajian teoretis dan empiris, tulisan-tulisan dalam volume ini memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan praktik pembelajaran, profesionalisme guru, dan kebijakan pendidikan dasar di Indonesia. Melalui pendekatan interdisipliner dan akses terbuka, edisi ini diharapkan memperkaya literatur dan mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan dasar secara luas.
Articles
Kesulitan menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan positif dan negatif ditinjau dari gender
Page 51-62
10.33830/penaanda.v3i02.6678- Abstract 70
- PDF Downloads 52
Penerapan literacy cloud untuk meningkatkan minat baca siswa dalam gerakan literasi sekolah
Page 63 - 74
10.33830/penaanda.v3i02.7043- Abstract 78
- PDF Downloads 47
Peningkatan hasil belajar matematika kelas iii sdlb yayasan gentaralam dengan kartu angka
Page 75 - 82
10.33830/penaanda.v3i02.9137- Abstract 59
- PDF Downloads 48
Gaya belajar peserta didik berprestasi akademik kelas v sd negeri 2 kadipiro
Page 83 - 92
10.33830/penaanda.v3i02.7022- Abstract 63
- PDF Downloads 25
Analisis faktor kesulitan siswa dalam pembelajaran membaca permulaan kelas ii sekolah dasar
Page 93 -100
10.33830/penaanda.v3i02.7015- Abstract 16
- PDF Downloads 6