Tantangan dan Solusi Guru dalam Merancang RPP Kurikulum 2013
Keywords: Kurikulum 2013, RPP, Sekolah dasar islam terpadu
Abstract
Permasalahan dalam penyusunan RPP adalah salah satu hal yang guru alami dalam pendidikan, dimana RPP merupakan salah satu komponen untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan tantangan yang dihadapi guru ketika merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada kurikulum 2013 di SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) Raudlatun Najah Cisaat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui proses interaksi wawancara dengan guru. Peneliti memanfaatkan metode analisis data Milles dan Huberman seperti mereduksi data, menyajikan data, dan menverifikasi/penarikan kesimpulan. Temuan penelitian membuktikan bahwasannya guru menghadapi tantangan dalam menyusun rencana pempelajaran kurikulum 2013 sebagai berikut: dalam mengembangkan indikator pendidikan, dalam mengembangkan media dan metode pembelajaran, dalam mengembangkan penilaian. Beberapa faktor penyebab tantangan yang guru hadapi saat membentuk RPP Kurikulum 2013 karena kurangnya pelatihan dan keterbatasan waktu. Solusi untuk tantangan tersebut, guru melaksanakan beberapa upaya, antara lain: menggunakan media atau buku untuk mencari informasi penting dalam merumusakan indikator dan tujuan pembelajaran, memberikan penjelasan oleh guru yang sudah memahami dalam penyusunan RPP jika ada guru yang kurang memahami penyusunan RPP, guru menggunakan file hasil pelatihan kurikulum 2013 yang telah diselesaikan, berdiskusi dengan guru lain dan melalui KKG.
References
Adha, N., & Nyoman Karma, I. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru dalam Penyusunan RPP Kurikulum 2013 di SD Gugus 1 Kediri. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3).
Adri, H. T., Yudianto, S., Mawardini, A., & Sesrita, A. (2020). Using Animated Video Based on Scientific Approach to Improve Students Higher Order Thinking Skill. In Indonesian Journal of Social Research (IJSR) (Vol. 2).
Aeni, U., Chandra, E., & Muspiroh, N. (2016). Identifikasi Kesulitan Guru Biologi dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Susukan Cirebon. In Jurnal Sains dan Pendidikan Sains (Vol. 5, Issue 2). www.syekhnurjati.ac.di/jurnal/index.php/sceducatiaformoreinformation:sceducatia@gmail.com
Delafini, R., Holillulloh, H., & Nurmalisa, Y. (2014). Pengaruh Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Indikator Pencapaian Kompetensi terhadap Kesiapan Guru dalam Mengajar. Jurnal Kultur Demokrasi.
Ernawati, E., & Safitri, R. (2017). Analisis Kesulitan Guru dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 49–56. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9817
Friani, I. F., & Sulaiman, M. (2017). Kendala Guru dalam Menerapkan Model Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Kota Banda Aceh. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah (Vol. 2, Issue 1).
Hakim, L., Safruddin, S., & Husniati, H. (2023). Analisis Kesulitan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar (SD) Yayasan Hadi Sakti. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 142–153. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1100
Hendra, A., Sumarno, P., & Dwijayanti, I. (2021). Analisis Kesulitan Penyusunan Instrumen Penilaian bagi Guru Sekolah Dasar di Gugus Dewi Sartika Kecamatan Reban.
Jannah, M., Kemala Dewi, N., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SDN 05. Primary Education Journal, 2(1), 2021. https://journal.unram.ac.id/index.php/pendas
Krisdiana, I., Apriandi, D., & Setiansyah, R. K. (2014). Analisis Kesulitan yang dihadapi oleh Guru dan Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus Eks-Karesidenan Madiun). http://koran-sindo.com/node/342503
Masri Perangin Angin, L., Evelyn Marbun, M., Husna, N., Khairani Ritonga, R., & Anshari, S. (2022). Analisis Kesulitan yang dialami Guru dalam Pembuatan RPP di SDN 060843 Medan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3.
Mendikbud, M. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nomor 103, tahun 2014, tentang, Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Miles, B. M., & Hubermen, A. M. (n.d.). Qualitative Data Analysis.
Mulyatna, F., Indrawati, F., & Hartati, L. (2018). Pelatihan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di Yayasan Raudlatul Jannah. Abdimas Dewantara, 1(1), 11–22.
Nasution, A., Syamsuddin, S., & Sesrita, A. (2021). Pengaruh Penerapan Model Ioc Berasosiasi Pendekatan Kontekstual terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas IV dalam Aspek Kognitif. In SITTAH: Journal of Primary Education (Vol. 2, Issue 1).
Ningsih, T. (2023). Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K-13 di SMP Negeri 8 Binjai. All Fields of Science J-LAS, 3(1). https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFoSJ-LAS/index
Novia Alhikmah, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika SMP dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum 2013. 05(01), 655–669.
Nurfatimah, N., Affandi, H., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Kelas Tinggi di SDN 07 Sila pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 05.
Nurhaliza, S. (2020). Identifikasi Kesulitan dalam Menyusun RP Kimia Kurikulum 2013 oleh Guru pada Tingkat Madrasah Aliyah Pidie Jaya.
Nursyamsiyah, S., Habibullah, A., & Aminullah, A. (2021). Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013. In Jurnal Penelitian Ipteks (Vol. 6, Issue 1).
Rasyid, R., & Amran, M. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Mengembangkan Indikator Pembelajaran Kuriukulm 2013 SDN 210 Bottopeno. In Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar (Vol. 5, Issue 2).
Sastra Sasmita, R. (2020). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar (Vol. 1).
Sauri, A., Widyasari, W., & Sesrita, A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru.
Seftiani, S., Sesrita, A., & Suherman, I. (2022). Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri Cijujung 03. E-Journal Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 05.
Sesrita, A. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui CTL Berasosiasi Teknik Think-Pair-Share.
Suwandani, A. R., Karma, N., & Affandi, H. (2020). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penilaian Autentik di SDN Gugus I Kecamatan Janapria. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia (JIPI), 2.
Tabun, F. Y., Ariningsih, K. A., Jalal, N. M., Hau, R. R. H., Suprapmanto, J., Meisarah, F., Nuruddaroini, A. S., Renaldi, R., Sesrita, A., Julyanti, E., Ali Akbar, Mp., & Zaki, A. (2021). Teori Pembelajaran. http://penerbitzaini.com
Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249–265. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932
Wildan. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentikaspek Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan di Sekolah atau Madrasah. J U R N A L T A T S Q I F P Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 15.
Wulantari, V., Ermiana, I., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Gugus 1 Kecamatan Gerung. Primary Education Journal, 2(1). http://journal.unram.ac.id/index.php/jiwpp/index
Copyright (c) 2024 Afridha Sesrita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.