RESILIENSI PADA SISWA-SISWI PRA-REMAJA
Keywords: Anak Pra Remaja, Fungsi Adaptif, Resiliensi
Abstract
Resiliensi didefinisikan sebagai suatu proses dinamis dimana seseorang mampu menunjukkan fungsi adaptif dalam menghadapi kesukaran atau kemalangan (adversiti), tidak hanya perubahan secara fisiologis tetapi psikososial harus dilewati pada masa pra remaja. Perubahan tersebut tak ayal menjadi sebuah tantangan yang dihadapi oleh anak pra remaja dan menuntut mereka mengembangkan kemampuan resiliensi. Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana kondisi resiliensi pada anak pra remaja dengan metode kuantitatif deskriptif dan menggunakan teknik convenience sampling. Sebanyak 668 responden berusia pra remaja berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil menunjukkan bahwa resiliensi anak pra remaja di Jakarta tergolong sedang (47.3 %) yang artinya cukup baik dalam beradaptasi dan bangkit serta mampu menyelesaikan suatu masalah. Sebanyak 26.7 persen terkategori rendah dan sebanyak 25.7 persen terkategori tinggi, dimana perempuan menunjukkan kemampuan resiliensi lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Tingkat vulnerabiliti juga didominasi oleh kategori sedang (45.7 %) yang mengindikasikan bahwa anak pra remaja sudah cukup mampu mengolah reaksi emosi negatif dalam dirinya. Implikasi penelitian menunjukkan bahwa masa pra remaja penting untuk memiliki kemampuan resilien, oleh karena itu saran dalam penelitian ini adalah baik sekolah dan orang tua harus terlibat dan berperan signifikan untuk dapat meningkatkan kemampuan resiliensi anak pra remaja.
References
Amalia, D., & Gumilar, E. T. (2019). Potret Remaja Kreatif Generasi?(Phi) Pengubah Indonesia. Konvensi Nasional Bimbingan Dan Konseling XXI, 189–197.
Cahyani, Y. U., & Rahmasari, D. (2018). Resiliensi Pada Remaja Awal yang Orangtuanya Bercerai. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 5(3), 1–7.
Claretta, D., Rachmawati, F., & Sukaesih, A. (2022). Communication Pattern Family and Adolescent Mental Health for Strawberry Generation. In International Journal of Science and Society (Vol. 4). http://ijsoc.goacademica.com
Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. ISTIGHNA, 1(1). https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20.g21
Fakhriyani, D. V. (2021). Peran Resiliensi Terhadap Kesehatan Mental: Penyesuaian Psikologis Selama Pandemi Covid-19 (The Role of Psychological Resilience in Mental Health: Psychological Adjustment During the Covid-19 Pandemic). ICONIS: International Conference on Islamic Studies , 465. https://doi.org/10.31234/osf.io/desg9
Kosasih, D. N., & Yunanto, T. A. R. (2022). Kajian psychological capital pada filosofi hidup Suku Banjar “Waja Sampai Kaputing” pada Strawberry Generation. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 6(2), 402–413. https://doi.org/10.22219/satwika.v6i2.22637
Kristina, R., Cut, ;, & Kemala, N. (2021). MENINGKATKAN RESILIENSI ANAK: PERAN POSITIVE COGNITIVE TRIAD DAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY. In Jurnal Psikologi Insight Departemen Psikologi (Vol. 5, Issue 1).
Mayordomo, T., Viguer, P., Sales, A., Satorres, E., & Meléndez, J. C. (2016). Resilience and Coping as Predictors of Well-Being in Adults. The Journal of Psychology, 150(7), 809–821. https://doi.org/10.1080/00223980.2016.1203276
Moore, B., Woodcock, S., & Kielblock, S. (2023). How students’ pro-social behaviour relates to their resilience: Implications for an inclusive environment. International Journal of Educational Research Open, 5, 100269. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2023.100269
Multahada, E. (2016). Peran Kekuatan Karakter Terhadap resiliensi Perawat (Studi Kasus Pada Perawat Di Rumah Sakit X). Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial, 5(3), 275–279.
Novianti, R., Sabrina, S., Umari, T., Maemunaty, T., & Bahar, A. (2021). RESILIENSI SEBAGAI PENDUKUNG KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10, 1428. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8642
Papházy, J. E. (2003). Resilience, the Fourth R: The Role of Schools in This Promotion. In Resilience for Today : Resilience for Today.
Prince, S., Donald, -Embury, Saklofske, H., & Goldstein, S. (2014). The Springer Series on Human Exceptionality Resilience Interventions for Youth in Diverse Populations. Springer. http://www.springer.com/series/6450
Prince-Embury, S. (2008). The resiliency scales for children and adolescents, psychological symptoms, and clinical status in adolescents. Canadian Journal of School Psychology, 23(1), 41–56. https://doi.org/10.1177/0829573508316592
Puspitaningrum, N. P. P., & Pudjiati, S. R. R. (2021). Peran resource dan vulnerability index of resilience terhadap distres psikologis remaja saat pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 9(2), 156–163. https://doi.org/10.22219/jipt.v9i2.14265
Ran, L., Wang, W., Ai, M., Kong, Y., Chen, J., & Kuang, L. (2020). Psychological resilience, depression, anxiety, and somatization symptoms in response to COVID-19: A study of the general population in China at the peak of its epidemic. Social Science & Medicine, 262, 113261. https://doi.org/10.1016/J.SOCSCIMED.2020.113261
Sætren, S. S., Sütterlin, S., Lugo, R. G., Prince-Embury, S., & Makransky, G. (2019). A multilevel investigation of Resiliency Scales for Children and Adolescents: The relationships between self-perceived emotion regulation, vagally mediated heart rate variability, and personal factors associated with resilience. Frontiers in Psychology, 10(MAR). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.00438
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Syaiful, I. A., & Dearly, D. (2015). Program Peningkatan Resiliensi Bagi Pecandu Narkoba: Pendekatan Riset Tindakan Berbasis Kualitatif. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 7(1), 116–129. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol7.iss1.art7
Wahyuni, D. P. K., Dewi, A. I., & Retnoningtias, D. W. (2022). COPING STRESS REMAJA PEREMPUAN YANG MENDAPATKAN TUNTUTAN AKADEMIK DARI ORANG TUA. PSIMAWA, 2, 98–103. http://jurnal.uts.ac.id/index.php/PSIMAWA
Wulandari, A. (2014). Karakteristik Pertumbuhan Perkembangan Remaja dan Implikasinya Terhadap Masalah Kesehatan dan Keperawatannya. Jurnal Keperawatan Anak, 2(1). https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jka/article/view/3954
Copyright (c) 2023 Melani Aprianti, Dina Syakina, Heni Nur Fataya, Utari Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.