PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE BERBANTUAN GAMBAR PADA SISWA
Keywords: Keterampilan Menulis, Media Gambar, Model Pembelajaran Scramble
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan menulis pada anak didik kelas I MIN 7 Kota Medan dengan penggunaan model Scramble dengan bantuan media gambar dalam mempermudah penyusunan kalimat yang tepat terkait keterampilan menulis pada anak didik, dalam mengatasi permasalahan pembelajaran menulis di kelas I. Penelitian dilakukan melalui tahapan merencanakan, menindaklanjuti, mengobservasi, dan merefleksi dalam PTK (Penelitian Tindakan Kelas). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian merupakan siswa kelas I MIN 7 Kota Medan Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian siklus I dari 30 anak didik didapat hasil dataan yang tuntas sebanyak 16 anak didik berkisar 53% dinyatakan tuntas dan 14 anak berkisar 47% dinyatakan tidak tuntas. Pada siklus yang ke II dari 30 anak didik ada 29 anak berkisar 97% tuntas 1 anak didik berkisar 3% tidak tuntas. Keaktifan anak didik dalam materi menyusun kalimat ungkapan dalam penelitian siklus I dan juga siklus II terjadi peningkatan
References
Ali, Jehadus & Fedi. 2019. Pengembangan Metode Diskusi Bermuatan PresentasiSistem Rotasi pada Mata Kuliah Trigonometri. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3 (2): 293-305.
Budiasa, P., dan Gading, Ketut, I. 2020. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Gambar Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8
(2): 253-263.
Dalman, H. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Farhana, H., Awiria, dan Muttaqien, N. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Harapan Cerdas: Jakarta.
Febriana, Rina. 2021. Evaluasi Pembelajaran. PT. Bumi Aksara: Jakarta Timur. Indonesia.
Gading, K.I., Magta, M., & Pebrianti, F. 2019. Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Universitas Pendidikan GaneshaSingaraja, Indonesia. Jurnal Mimbar Ilmu, 24 (3): 270-276.
Kurniati, A., Mulyadi, B.Y., & Sari, P.I. 2020. Kesulitan Belajar Menulis Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6 (2): 131-241.
Monica & Hadiwinarto. 2020. Pengaruh Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Lubuklinggau. Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 3 (2): 12-23.
Putri, Mudzanatun & Putri. 2020. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Keterampilan Dasar Mengajar pada Pembelajaran Tematik. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3 (1): 136-143.
Rahim. N, Majdid & Asdar. 2023. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 45 Talaga Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Journal Unibos, 3 (2): 142-145.
Rikawati & Sitinjak. 2020. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry, 2 (2): 40-48.
Rohmadi. 2019. Penerapan Pendekatan Saintifik Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran PAI. Jurnal PAI Raden Falah, 1 (3): 371-390.
Rohman, Absul, Y., Rahman & Damayanti, S. 2022. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Satu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (3): 5388-5396.
Suyanti, Sari, K. & Rulviana. 2021. Media Powtoon Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Universitas PGRI Madiun Indonesia, 8 (2): 322-328.
Yestiani, Kiki, D. & Zahwa, Nabila. 2020. Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1): 41-47
Copyright (c) 2023 Surya Ningsih Tanjung, Faizal Akhmad Adi Masbukhin, Achmad Yuhdi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.