Analisis faktor kesulitan siswa dalam pembelajaran membaca permulaan kelas ii sekolah dasar
Keywords: Sekolah Dasar, Membaca, Pembelajaran
Abstract
Keterampilan membaca merupakan salah satu komponen penting dalam keterampilan berbahasa siswa. Pentingnya memiliki keterampilan membaca ini digunakan sebagai dasar dalam memperoleh pengetahuan dan menggali informasi dalam suatu bacaan. Penelitian ini dilakukan karena memiliki tujuan untuk mengetahui faktor penghambat yang menjadi penyebab rendahnya keterampilan membaca siswa sekolah dasar. Selain itu, dapat mengetahui bagaimana aktivitas belajar membaca siswa saat berada di sekolah maupun di rumah. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD N Terbah 2 yang mengalami kesulitan membaca. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua faktor penghambat yang menyebabkan keterampilan siswa rendah diantaranya faktor psikologis dan juga faktor lingkungan. Aktivitas membaca siswa yang cenderung kurang juga menjadi salah satu faktor rendahnya keterampilan membaca.
References
Ama, R. G. T. (2021). Minat Baca Siswa Ditinjau Dari Persepsi Keterlibatan Orangtua Dalam Pendidikan. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 219–229. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.122
Amelia, L., Anggraeni Dewi, D., & Afuzanabila Silmi, U. (2023). Pengaruh Kurangnya Perhatian Orang Tua Terhadap Perkembangan Belajar Siswa Kelas 1 Sd. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(2), 186–193. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2
Asmaryadi, I., Nazurty, N., & Muazza, M. (2021). Studi Strategi Guru Kelas Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Proses Pembelajaran Daring Kelas Rendah Sdit Cahaya Hati. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 6(2), 47–61. https://doi.org/10.22437/jptd.v6i2.12927
Basuki, K. (2019). Peningkatan Kemmpuan Membaca Permulaan. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699.
Fauziah, H. (2018). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I Mi. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 173. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1241
H.T, C. M., & Evitarini, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Siswa Dengan Teknik Skimming Dan Scanning Melalui Layanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 114–119. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.5347
Hapsari, E. T., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dalam Menerapkan Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 870–873. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.145
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://jurnaldidaktika.org/
Hasanah, A. U. (2019). Stimulasi Keterampilan Sosial Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Fascho: Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan , 9(1), 1–14. https://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/fascho/article/view/26
Irdawati, Y., & Darmawan. (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 1–14.
Leni, M., & Sholehun. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 66–74. https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/download/952/582
Lisnawati, L., & Muthmainah, M. (2018). Efektivitas Metode Sas (Struktur Analitik Sintetik) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner) Di Sdn Demangan. Jurnal Psikologi Integratif, 6(1), 81. https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i1.1468
Mahilda Dea Komalasari. (2016). Metode multisensori untuk meningkatkan kemampuan membaca pada peserta didik disleksia di sekolah dasar. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY Dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Ketika Murid Anda Seorang Disleksia., 97–110.
Marbun, Y. M. R. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. Jurnal Mathematic Paedagogic, 5(2), 111–120. https://doi.org/10.36294/jmp.v5i2.1883
Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Di Sekolah Dasar Negeri. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama …, I, 189–212. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/9
Wiguna, A. C., Oktari, D., Tobing, J. A. D. E., & Fajar, R. P. A. L. (2022). Problematika Literasi Membaca pada Generasi Penerus Bangsa dalam Menghadapi Abad 21. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1478–1489.
Windrawati, W., Solehun, S., & Gafur, H. (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.405
Yani, S. A. M., Nisa, K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Faktor Penghambat Membaca Kelas 2. Primary Education Journal, 2, 136–146. https://journal.unram.ac.id/index.php/pendas/article/view/394/203
Copyright (c) 2025 Ni'matu Rahmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.