CIRC DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PELAFALAN ALPHABET BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
Keywords: Model Pembelajaran CIRC, Pelafalan Alphabet Bahasa Inggris, Sekolah Dasar
Abstract
Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan model pembelajaran yang menunjang peserta didik dalam meningkatkan kemampuan pelafalan alphabet bahasa Inggris secara komprehenshif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggali lebih lanjut pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap pelafalan alphabet bahasa Inggris peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen murni dengan menggunakan bentuk desain posttest only control design. Sampel pada penelitian ini adalah 50 peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar di Kabupaten Bogor. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan probability sampling dengan teknik sampel acak sistematis (systematic random sampling). Instrumen yang digunakan yaitu observasi dan tes. Cara analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial melalui uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis statistik). Data yang diambil merupakan hasil tes lisan dengan jumlah soal 10 pertanyaan isian singkat. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan model CIRC terhadap pelafalan alphabet. Implikasinya CIRC dapat meningkatkan kemampuan pelafalan alphabet pada peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa Inggris di kelas rendah Sekolah Dasar.
References
Anggraeni, D. M., Prahani, B. K., Suprapto, N., Shofiyah, N., & Jatmiko, B. (2023). Systematic review of problem based learning research in fostering critical thinking skills. Thinking Skills and Creativity, 49, 101334. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2023.101334
Boedy, I. (2020). Modul Pengenalan Huruf Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Media Genius Alphabet Cards Pada Siswa Sekolah Dasar.
Boers, F., & Faez, F. (2023). Meta-analysis to estimate the relative effectiveness of TBLT programs: Are we there yet? Language Teaching Research, 136216882311675. https://doi.org/10.1177/13621688231167573
Danis & Sya. (2022). KEMAMPUAN PENGUCAPAN BAHASA INGGRIS DI TINGKAT SEKOLAH DASAR 1 Danis Anindita Putri,. 1, 357–364.
Deroey, K. L. B. (2023). English medium instruction lecturer training programs: Content, delivery, ways forward. Journal of English for Academic Purposes, 62, 101223. https://doi.org/10.1016/j.jeap.2023.101223
Fadhlurahman, A. R. (2021). Implementasi Multimedia Interaktif Pengenalan Alphabet Berbahasa Inggris Menggunakan Augmented Reality Untuk Tk/Ra Mardhotillah. Jurnal Multi Media Dan IT, 5(1), 1–5. https://doi.org/10.46961/jommit.v5i1.342
Fitria, T. N. (2023). Value Engagement of TikTok: A Review of TikTok as Learning Media for Language Learners in Pronunciation Skill. EBONY: Journal of English Language Teaching, Linguistics, and Literature, 3(2), 91–108. https://doi.org/10.37304/ebony.v3i2.9605
Jia, C., Hew, K. F., & Li, M. (2023). Towards a flipped SEF-ARCS decoding model to improve foreign language listening proficiency. Computer Assisted Language Learning, 1–28. https://doi.org/10.1080/09588221.2023.2191655
Karim, M. F., & Fathoni, A. (2022). Pembelajaran CIRC dalam Menumbuhkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5910–5917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3164
Lin, Y., Li, F., MacLeod, A. A. N., & Pollock, K. E. (2023). A conceptual model of second language pronunciation in communicative contexts: Implications for children’s bilingual education. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1125157
Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Unsika, 6(1), 23–28.
Muhdiyati, I. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Belajar Dari Rumah di Kelas IVb SDN Pakuhaji. Inventa, 6(1), 70–80. https://doi.org/10.36456/inventa.6.1.a5306
Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209.
Peng, P., & Lee Swanson, H. (2022). The domain-specific approach of working memory training. Developmental Review, 65, 101035. https://doi.org/10.1016/j.dr.2022.101035
Primary, J. E. (2021). Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 2, No 1, Februari 2021. 2(1).
Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406
Rizky, A. V, Oktaviany, V., & ... (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerpen melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. … Kusuma Negara II, 298–304.
Sondakh, D. C., & Sya, M. F. (2022). KESULITAN PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS TINGKAT SEKOLAH DASAR Delfina Christie Sondakh, Mega Febriani Sya. 1, 9–10.
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348
Tambunsaribu, G. (2019). Pkm Pelatihan Bahasa Inggris Dengan Tema “ Pelafalan Bunyi Konsonan Letup , Frikatif Dan Afrikatif Bahasa Inggris ” Di Tk Islam R . a . Dua. Jurnal Comunita Servizio, 1(December), 134–142.
Tommerdahl, J. M., Dragonflame, C. S., & Olsen, A. A. (2022). A systematic review examining the efficacy of commercially available foreign language learning mobile apps. Computer Assisted Language Learning, 1–30. https://doi.org/10.1080/09588221.2022.2035401
Ulfah, D., & Sya, M. F. (2022). Pandangan Guru Terhadap Siswa Yang Kesulitan Dalam Pengucapan. 1, 468–473.
Wagner, L., Awani, S., Patson, N. D., & Stanhope, R. (2023). To what extent does the general public endorse language myths? Language and Linguistics Compass, 17(3). https://doi.org/10.1111/lnc3.12486
Yaniafari, R. P. (2022). The Potential of ASR for Improving English Pronunciation: A Review. KnE Social Sciences, 281–289. https://doi.org/10.18502/kss.v7i7.10670
Zananda, T. F., & Rompas, H. J. (2018). Manfaat Belajar Komunikasi Dalam Bahasa Inggris.
Copyright (c) 2023 Sinta Ayu Nuresa, Mega Febriani Sya, Iyon Muhdiyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.