ASESMEN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR DALAM KURIKULUM MERDEKA
Keywords: asesmen pembelajaran, kurikulum merdeka, sekolah dasar
Abstract
Asesmen atau penilaian merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara sistematis berkelanjutan yang digunakan sebagai pengumpul informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik untuk memperoleh keputusan berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu. Tujuan dari pelaksanaan asesmen pembelajaran adalah sebagai upaya mengumpulkan dan mengolah informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, capaian perkembangan dan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah historical research atau documentary study dengan mengumpulkan berbagai informasi melalui berita, melalui dokumen resmi pemerintah, dan sebagainya. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa asesmen yang digunakan di sekolah dasar merujuk pada permendikbud No 21 Tahun 2022 yaitu asesmen formatif dan asesmen sumatif. Asesmen formatif dilaksanakan diawal proses pembelajaran sedangkan asesmen sumatif dilaksanakan diakhir kegiatan pembelajaran. Kurikulum merdeka memiliki visi besar untuk menciptakan suasana belajar dan pembelajaran yang bahagia dan berkualitas. Dengan tujuan menciptakan pendidikan yang menyenangkan, menggali potensi para guru dan peserta didik, mengembangkan potensi peserta didik, mengejar ketertinggalan serta meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri.
References
Achruh, A. (2019). Komponen dan model pengembangan kurikulum. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(1), 1-9.
Ansyar, M. (2017). Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Prenada Media.
Aprilia, W. (2020). Organisasi dan Desain Pengembangan Kurikulum. Islamika, 2(2), 208-226.
Arikunto, S. (2006). Posedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrul, A., Saragih, A. H., & Mukhtar, M. (2022). Evaluasi pembelajaran.
Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Hastuti, S., & Marzuki, I. (2021). Model asesmen alternatif dalam evaluasi pembelajaran di era pandemi Covid-19. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 3(1).
Iryanti, P. (2004). Penilaian Unjuk Kerja. Yogyakarta: Direktorat Pusat Pendidikan Dasar dan Menengah, Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.
Kemdikbud. (2022). Kurikulum Merdeka. Online: https://s.id/kurikulum-merdeka. Diakses pada 23 Maret 2023.
Magdalena, I., Oktavia, D., & Nurjamilah, P. (2021). Analisis Evaluasi Sumatif dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI SDN Batujaya di Era Pandemi Covid-19. ARZUSIN, 1(1), 137-150.
Nabilah, N., Karma, I. N., & Husniati, H. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 di SDN 50 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 617-622.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan
Permendikbudriset No. 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah
Puspendik, T. (2019). Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad 21 untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.(halaman 28–45).
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.
Rahmawati, I. L., Hartono, H., & Nugroho, S. E. (2015). Pengembangan asesmen formatif untuk meningkatkan kemampuan self regulation siswa pada tema suhu dan perubahannya. Unnes Science Education Journal, 4(2).
Slavin, E. Robert. (2011). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.
Subali, Bambang. (2012). Prinsip Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta:UNY Press.
Sumardi, M. (2020). Teknik Pengukuran Dan Penilaian Hasil Belajar. Deepublish.
Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) berorientasi Programme for International Student Asessment (PISA) pada peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57-68.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Warsah, I., & Habibullah, H. (2022). Implementasi Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(1), 213-225.
Wildan, A. (2022). Implementasi Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). HASBUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 13-22.
Winaryati, E. (2018). Penilaian kompetensi siswa abad 21. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).
Copyright (c) 2023 Pena Anda: Journal of Elementary School
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.