IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR
Keywords: hasil belajar, ilmu pengetahuan alam, pembelajaran berdiferensiasi
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam adalah pelajaran tentang bagaimana mencari tahu perkara semesta alam secara sistematis. Mata pelajaran IPA tidak sekedar bagaimana siswa menguasai materi dan mengumpulkan pengetahuan semata, tetapi juga sebuah proses penemuan. Pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka meliputi diferensiasi konten, proses, dan produk. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi membutuhkan keterampilan guru dalam mengambil tindakan yang masuk akal untuk mendukung kebutuhan belajar siswa yang bervariasi karena karakteristik yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengakomodir kebutuhan belajar siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi khususnya pada mata pelajaran IPA di SD. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Pada akhirnya ditemukan bahwa penerapan metode pembelajaran yang berbeda-beda dapat menaikkan nilai rata-rata siswa selain juga meningkatkan keaktifan dalam belajar.
References
Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A. (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 10(2).
Firdaus, A. M., & Bakhtiar, A. M. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENGATASI KEBERAGAMAN TINGKAT KETANGGAPAN SISWA–SISWI DI UPT SDN 25 GRESIK. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2135-2147.
Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250-258.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.
Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai Landasan Pendidikan Vokasi di Era Kurikulum Merdeka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4).
Mujiono, M., Degeng, I. N. S., & Praherdhiono, H. (2018). Pengembangan pembelajaran sistem blended berbasis universal design for learning untuk kelas inklusif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 758-763.
Palendeng (2013). Metode Eksperimen. Halaman. 81. Jakarta: Renika Cipta
Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2015). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui model pembelajaran pelangi matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 29-37.
Sarie, F. N. (2022). Implementation of Differentiated Learning with Problem Based Learning Model in Grade VI Elementary School Students. Tunas Nusantara, 4(2), 492-498.
Setiyo, A. (2022). Penerapan pembelajaran diferensiasi kolaboratif dengan melibatkan orang tua dan masyarakat untuk mewujudkan student's well-being di masa pandemi. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 61-78.
Shiyami, D. R. (2018). Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 020 Lengkong Besar Tahun Ajaran 2018/2019) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80-94.
Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. ASCD. Tomlinson. (Modul 2.1 PGP, 2020)
Uno, H. B., & Umar, M. K. (2023). Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran: sebuah konsep pembelajaran berbasis kecerdasan. Bumi Aksara.
Wahyuni, Ayu Sri (2022). Jurnal Pendidikan MIPA Vol. 12 (2) 118-126. LITERATURE REVIEW: PENDEKATAN BERDIFERENSIASI DALAM PEMBELAJARAN IPA
Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). IMPLEMENTASI ASSEMEN DIAGNOSTIC UNTUK MENENTUKAN PROFIL GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan (JURINOTEP), 1(3), 241-250.
Yanti, N. S., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pembelajaran IPS Berdiferensiasi di SMA Kota Batam. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 203-207.
Copyright (c) 2023 Pena Anda: Journal of Elementary School
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.