Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR)
Keywords: hasil belajar, pemahaman konsep bangun ruang, pendekatan matematika realistik
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika dikelas 5 SDN 1 Rambai melalui Pendekatan Realistik Matematika. Adapun jenis penelitian yang diambil yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menerapkan dua siklus antara lain tahap prasiklus, siklus pertama dan siklus kedua. Aktivitas survei dan observasi dilakukan pada tahap pra siklus. Tahap perencanaan hingga refleksi dilakukan pada siklus pertama dimana peneliti juga membahas materi serta memberikan tes pertama. Sementara pada siklus kedua, peneliti melakukan perbaikkan berdasarkan hasil refleksi pelaksanaan siklus pertama dan serta pemberian tes terakhir. Adapun subjek dari penelitian ini 22 siswa kelas 5 SDN 1 Rambai. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik utama dengan mengumpulkan data melalui tes dan observasi. Sedangkan metode pendukung yang dipilih adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkah bahwa penerapan Pendekatan Realistik Matematika dapat meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang pada siswa kelas 5 SDN 1 Rambai. Hal tersebut didukung dengan meningkatnya jumlah siswa yang menunjukkan ketuntasan belajar dimana hasil pre-test 22,73% meningkat menjadi 45,45% di tahap siklus ke-1 kemudian menjadi 81,82% di siklus yang kedua.
References
Asfari, S., Safitri, I ., Harahap, S.K., dan Munthe, L. S. (2021). Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1 (3), 189-197.
Fitrianti. (2016). Sukses Profesi Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.
Gasong, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Holisin, I. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Jurnal Online Universitas Muhammadiyah Surabaya, 5 (3), 1-68, Oktober 2007
Johar, R, Zubaidar, C.M, Khairunnisak, C., dan Zubaidah. (2021). Membangun Kelas yang Demokratis melalui Pendidikan Matematika Realistik. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Mashudi. (2016). Penerapan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Sifat-Sifat Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (1), 50-63.
Muchlis, E. E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Exacta, 10 (2), 136-139.
Nurlatifah, D., Sudin, A., & Maulana, A. (2017). Perbedaan Pengaruh Antara Pendekatan Realistik Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Kesebangunan. Jurnal Pena Ilmiah, 2 (1), 961- 970.
Simbolon, N. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 1 (2), 14-19
Wahab, G. & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika SD. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Copyright (c) 2024 Windayurika, Akhmad Adi Masbukhin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.