EPISTEMIK CALON GURU SD DALAM MEMPERSIAPKAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN
Keywords: keyakinan epistemik, guru sekolah dasar, membaca pemahaman
Abstract
Seorang calon guru sekolah dasar perlu mengetahui keyakinan epistemik dalam dirinya agar dapat mempersiapkan pembelajaran membaca pemahaman dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap peta riset terdahulu mengenai epistemik guru SD dalam mempersiapkan pembelajaran membaca pemahaman, sehingga dapat diketahui peluang riset selanjutnya yang dapat dilakukan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peran epistemik calon guru SD dalam mempersiapkan pembelajaran keterampilan membaca pemahaman. Penelitian ini adalah penelitian kajian literatur sistematik yang memiliki empat fase. Keempat fase ini yaitu eksplorasi, visualisasi, identifikasi, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) riset mengenai epistemik calon guru SD dan membaca pemahaman masih belum dilakukan di Indonesia, karena orientasi riset berfokus pada penyelesaian permasalahan membaca pemahaman; 2) perspektif epistemik guru merupakan fondasi dasar yang dapat digunakan untuk mengembangkan pembelajaran membaca pemahaman yang efektif. Secara teoritis, implikasi dari penelitian ini adalah epistemik guru perlu diketahui sejak awal karena epistemik calon guru sekolah dasar yang matang akan dapat merancang dan menggunakan strategi pembelajaran dan pemahaman teks yang efektif. Keyakinan epistemik guru perlu diketahui sejak awal bahkan sejak menempuh pendidikan keguruan.
References
Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573-5581.
Batlle, J., & Deal, M. (2021). Teacher epistemic stance as a trouble in foreign language classroom interaction. Journal of Pragmatics, 176, 15–25. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2021.01.023
Bernholt, A., Lindfors, M., & Winberg, M. (2021). Students’ epistemic beliefs in sweden and germany and their interrelations with classroom characteristics. Scandinavian Journal of Educational Research, 65(1), 54–70. https://doi.org/10.1080/00313831.2019.1651763
Choifah, C., Suyitno, A., & Pujiastuti, E. (2022). Systematic Literature Review: Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3158–3166. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1057
Hamiddin, H., & Saukah, A. (2020). Investigating metacognitive knowledge in reading comprehension: The case of Indonesian undergraduate students. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 9(3), 608–615. https://doi.org/10.17509/ijal.v9i3.23211
Ioannou, K., & Iordanou, K. (2020). Elementary school students’ epistemic perspective and learning strategies in history. Learning: Research and Practice, 6(2), 150–166. https://doi.org/10.1080/23735082.2019.1591492
Jakonen, T., & Morton, T. (2015). Epistemic search sequences in peer interaction in a content-based language classroom. Applied Linguistics, 36(1), 73–94. https://doi.org/10.1093/applin/amt031
Kulup, L. I., Yulianto, B., & Yohanes, B. (2021). Modalitas epistemik sebagai wujud lingual tuturan berpagar mahasiswa multikultural di surabaya. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 10(2), 254–269. https://doi.org/10.26499/rnh.v10i2.4044
Lunn Brownlee, J., Curtis, E., Spooner-Lane, R., & Feucht, F. (2017). Understanding children’s epistemic beliefs in elementary education. Education 3-13, 45(2), 191–208. https://doi.org/10.1080/03004279.2015.1069369
Mediana, P. A., Latifah, N., & Muttaqien, N. (2022). Analisis kemampuan membaca pemahaman berdasarkan teori taksonomi ruddell pada siswa kelas 4 di SDN Karawaci 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8225–8230.
Purnomo, S., Nabawiyah, S., & Makiyah, N. (2019). Terapi berbasis membaca (reading-based therapy) pada afasia: Literatur review. Abstrack termasuk infark serebral, intracerebral otak mempunyai peran penting dalam hematoma (ICH), Subarachn, 10(1).
Rahmayani, A., Gery, A., & Putri, S. H. (2021, December). Literature Review: Strategi Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. In Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 6, No. 1, pp. 33-37).
Restiani, O. N., Arafik, Muh., & Rini, T. A. (2022). Analisis kesulitan membaca pemahaman teks narasi pada peserta didik kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1053–1067. https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1053-1067
Triana, P. M., & Zamzani. (2019). Representasi kekuasaan pada bentuk gramatikal tindak tutur guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 9(1), 77.
Wandansari, S. A., & Hernawati, H. (2021). Studi curiosity, epistemic curiosity, dan keberhasilan belajar dalam konteks akademik. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 140–148. https://doi.org/10.21009/pip.352.6
Copyright (c) 2023 Pena Anda: Journal of Elementary School
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.