FAKTOR DAN KENDALA GURU DALAM MENYUSUN KOMPONEN RPP KURIKULUM 2013
Keywords: Kendala Guru, Kurikulum 2013, RPP, Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini berupaya untuk mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi kendala yang dihadapi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SD Negeri Tapos 1. Hasil penelitian mampu memberikan informasi yang penting bagi guru untuk menangani kendala dalam menyusun RPP. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan sistematik. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumen dengan salah satu guru SD Negeri Tapos 1. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman sebagai reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa banyak kendala yang dihadapi oleh para guru ketika menyusun bagian-bagian dari RPP antara lain: (1) kendala dalam merumuskan indikator, (2) mencari sumber belajar, (3) mengidentifikasi media pembelajaran, dan (4) menyusun model dan metode, dan (5) membuat penilaian. Banyak faktor yang mempengaruhi kendala guru, antara lain: (1) guru tidak memahami prinsip menyusun beberapa bagian RPP Kurikulum 2013, (2) waktu yang singkat untuk menyusun RPP, (3) ketidakjelasan pelatihan yang diberikan kepada guru dan (4) rendahnya motivasi guru.
References
Andriani, S., Hidayat, S., & Indawan, I. (2021). Kinerja Guru dalam Menyiapkan dan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4 (2), 457–471. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2849
Anggriani, W., & Indihadi, D. (2018). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Menulis Narasi di SD. In All rights reserved (Vol. 5, Issue 1). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Arifin, Z. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Tematik 1 Halaman Melalui Workshop Daring Dengan Variasi Model Jigsaw Di Unit Pelaksana Teknis Daerah (Uptd) Sekolah Dasar (Sd) Negeri Genteng 2 Bangkalan. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 3(2), 201–215. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v3i2.4722
Bararah, I. (2017). Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah.
Dimara, B. (2022). Problematika Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik terpadu : Studi Kasus SD Inpres 48 Inggramui Manokwari. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, Volume 2, No 1(1).
Efendi, I., Prawitasari, M., & Susanto, H. (2021). Implementasi Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sejarah. Prabayaksa: Journal of History Education, Volume 1 Nomor 1, 21–25. https://doi.org/10.20527/prb.v1i1.3081
Gabena, P. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Silabus Dan RPP Melalui Supervisi Akademik Yang Berkelanjutan Di SD Negeri 0102 Barumun. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Volume 3, No 1, 56–60.
Hadi, M. S. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP Berbasis PPK, Literasi, 4C, dan HOTS di SMPN 2 Dampit Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Harahap, R., & Nazliah, R. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Biologi Kurikulum 2013 Kelas X Semester 1Tahun Ajaran 2016/2017 Di MAS Islamiyah Gunting Saga Kualuh Selatan Kabupaten Labuhan Batu Utara.
Helmia, T. A., Sa, Y., A, M., & A, S. (2020). Using Animated Video Based on Scientific Approach To Improve Students Higher Order Thingking Skill. In Indonesian Journal of Social Research (IJSR) (Vol. 2).
Jannah, M., Dewi, K., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Guru Dalam Menyusun rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) Di SDN 05 Ampenan. Primary Education Journal, Volume 2, No 1. https://journal.unram.ac.id/index.php/pendas
Mardjoko, B. (2019). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan di SDN 2 Ngadisanan Sambit. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, Volume 4, No 1, 1–12. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i1.4863
Mawardi. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. In Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Agustus (Vol. 20, Issue 1).
Mawardi, Wahyudi, Kristin, F., & Airlanda, G. S. (2021). Pendampingan Penyusunan RPP Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Guru SD. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).
Miles, B. M., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis.
Mulu, M., Mujus, Q. Van, & Wejang, H. (2021). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan RPP tematik. In Jurnal Literasi Pendidikan Dasar (Vol. 2, Issue 2).
Nadia, H., Yansyah, & Murtiningsih, T. (2020). Pelatihan Pembuatan RPP Menggunakan Metode 4 C’S Bagi Guru-guru MGMP Bahasa Inggris Kalimantan Selatan. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 4, No 3, 339–346. https://doi.org/10.12928/jp.v4i3.2308
Ndiung, S., & Menggo, S. (2021). Pelatihan Penyusunan RPP Merdeka Belajar Bagi Guru SDN Ules Kabupaten Manggarai Barat.
Nurahmawati, D., Sesrita, A., & Maryani, N. (2020). Membandingkan Antara Model Number Head Together (NHT) Dan Teams Games Tournament (TGT) Pada Hasil Belajar Matematika. In Sittah: Journal of Primary Education (Vol. 1, Issue 1).
Probosiwi, & Retnasari, L. (2020). Penyusunan RPP format terbaru mewujudkan merdeka belajar bagi guru sekolah dasar di PCMm Prambanan. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 409–420.
Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014. (n.d.). Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran.
Santosa, R. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembuatan RPP Daring melalui Supervisi Akademik Teknik Perorangan. Jurnal Karya Ilmiah Guru, Volume 6, No 3. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.293
Sasmita, R. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99–103.
Sauri, A., Widyasari, & Sesrita, A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Tadbir Muwahhid, Volume 2 Nomor 1.
Seftiani, S., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi belajar Siswa SD Negeri. In SITTAH: Journal of Primary Education (Vol. 1, Issue 2).
Sesrita, A. (2020). Analisis Buku Ajar IPA Untuk Mengetahui Pemahaman Literasi Sains Guru. In SITTAH: Journal of Primary Education (Vol. 1, Issue 2).
Sinambela, P. (2017). Kurikulum 2013 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. In Penulis Buku Ajar SMP & SMA Kemendikbud Kurikulum.
Sukarya, E. (2020). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui Pendampingan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 611–617. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.620
Supini. (2022). Meningkatkan Keaktifan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Melalui Bimbingan di SMK Negeri 2 Karimun Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5).
Susetya, B. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Silabus Dan RPP Melalui Supervisi Akademik Di SDN Gambiran Yogyakarta.
Suwandani, R. A., Karma, I. N., & Affandi, L. H. (2020). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Autentik Di Sdn Gugus I Kecamatan Janapria. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia (JIPI), 2(1).
Wirentanus. (2020). Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) Kurikulum 2013 melalui Pendampingan Berbasis KKG di SDN Dondak Kec. PujutTahun pelajaran 2018/2019". Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, Volume 4 Nomor 1.
Copyright (c) 2023 Afridha Sesrita, Mina Marlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.