Pengenalan Virtual Manipulative sebagai Variasi Pengajaran Guru SD pada Pembelajaran Matematika
Keywords: alat peraga, pembelajaran matematika, virtual manipulative
Abstract
Pembelajaran matematika sering dianggap sulit oleh siswa Sekolah Dasar (SD) karena pendekatan pengajaran yang kurang menarik sehingga perlu adanya variasi dalam mengajarkan matematika. Hal ini memperkuat alasan diperlukannya penggunaan alat peraga dalam megajarkan matematika. Artikel ini pengenalan alat peraga Virtual Manipulative sebagai variasi dalam pengajaran matematika untuk guru sekolah dasar. Penelitian ini melibatkan 30 orang Guru SD di Kulonprogo, Yogyakarta. Temuan awal menunjukkan bahwa guru cenderung mengajar matematika melalui ceramah dan rumus pintas, tetapi mereka menyadari peran alat peraga dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan inklusif. Namun, wawasan guru yang masih awam dalam alat peraga manipulatif dan guru menghadapi kesulitan dalam menggunakan alat peraga virtual karena keterbatasan teknologi dan sumber daya menjadi kendala utama. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dimana pengambilan data melalui wawancara. Hasil wawancara menunjukkan bahwa pengenalan alat peraga virtual dapat membantu siswa untuk lebih memahami konsep matematika, tetapi efektivitasnya dapat bervariasi tergantung pada jenis aplikasi, metode penggunaan, dan kondisi pembelajaran. Selain itu, ada kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengintegrasikan teknologi ini ke dalam kurikulum matematika. Capaian penelitian ini adalah wawasan awal guru yang bertambah dan peminatan mereka dalam memvariasikan alat peraga matematika.
References
Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika Guru Dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2008–2014. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1056
Annisah, S. (2015). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 123–135.
Bone, E. K., Bouck, E. C., & Satsangi, R. (2023). Comparing concrete and virtual manipulatives to teach algebra to middle school students with disabilities. Exceptionality, 31(1), 1-17.
Chung, Y. Y. (2023). Taiwanese elementary school teachers apply web-based virtual manipulatives to teach mathematics. Journal of Mathematics Education, 108-121.
Clements, D. H. (2000). Concrete manipulatives, concrete ideas. Contemporary Issues in Early Childhood, 1(1), 45–60.
Hidayah, I. (2018). Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 1–11.
https://www.didax.com/math/virtual-manipulatives.html
Hunt, A. W., Nipper, K. L., & Nash, L. E. (2011). Virtual vs. Concrete Manipulatives in Mathematics Teacher Education: Is One Type More Effective than the Other?. Current Issues in Middle Level Education, 16(2), 1-6.
Ismail, N. F. H., Shahrill, M., & Asamoah, D. (2023). Learning through virtual manipulatives: Investigating the impact of Gizmos-based lessons on students’ performance in integers. Contemporary Mathematics and Science Education, 4(1), ep23009.
Kania, Nia. "Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Maya (Virtual Manipulative) Terhadap Peningkatan Visual Thinking Siswa." Jurnal Theorems, vol. 1, no. 1, 2016, doi:10.31949/th.v1i1.291.
Khotimah, S. H., & Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Jurnal, P. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang (Vol. 3, Issue 1).
M. F. Ubaidillah et al. (eds.), Proceedings of the 4th International Conference on English Language Teaching (ICON-ELT 2023), Advances in Social Science, Education and Humanities Research 780, https://doi.org/10.2991/978-2-38476-120-3_7
Moyer, P. S., Salkind, G., & Bolyard, J. J. (2008). Virtual manipulatives used by K-8 teachers for mathematics instruction: The influence of mathematical, cognitive, and pedagogical fidelity. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 8(3), 202-218.
Moyer-Packenham, P. S., & Westenskow, A. (2016). Examining the Effectiveness of Virtual Manipulatives in Mathematics Learning: A Meta-Analysis. Journal of Research in Mathematics Education, 47(1), 17–44. https://doi.org/10.1002/jrme.12074
Moyer-Packenham, P. S., Salkind, G., & Bolyard, J. J. (2023). Contemporary Issues in Technology and Teacher Education (Vol. 8, Issue 3).
Rahmawati, S. (2019). Efektivitas Virtual Manipulative dalam Meningkatkan Kemampuan Visualisasi Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan Matematika, 14(2), 103–115.
Rawa, N. R., Wewe, M., Wangge, M. C. T., Meo, V., Gelo, O., Kosu, M. B. P., & Ngina, M. Y. (2021). Pendampingan Bimbingan Belajar Matematika Berbantuan Alat Peraga bagi Siswa Sekolah Dasar di Kelurahan Mataloko. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(2). https://doi.org/10.38048/jailcb.v2i2.392
Reiten, L. (2018, March). Teaching WITH (not near) virtual manipulatives. In Society for Information Technology & Teacher Education International Conference (pp. 1826-1835). Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).
Rich, K. M. (2023). Teacher Orchestrations of Transitions Within and Beyond Fractions Virtual Manipulatives. Digital Experiences in Mathematics Education, 9(1), 163–208. https://doi.org/10.1007/s40751-022-00111-4
Sagita, M., & Kania, N. (2019, October). Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 570-576).
Saiman, M., Zaki, I., & Rainal, I. (2023). Workshop Virtual Manipulative Berbasis Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Mts/Smp Aceh Timur. Martabe : Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i2.709-716
Satsangi, R., & Raines, A. R. (2023). Examining virtual manipulatives for teaching computations with fractions to children with mathematics difficulty. Journal of Learning Disabilities, 56(4), 295-309.
Suh, Jennifer & Moyer, P.S.. (2007). Developing students' representational fluency using virtual and physical algebra balances. Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching. 26. 155-173.
Suharno, T., Widodo, S., & Setyowati, R. (2020). Pengaruh penggunaan manipulatif virtual terhadap kemampuan matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(2), 104-112.
Sukarya, Y. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Proses Belajar Mengajar melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(2). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.25134/pedagogi.v5i2.1710
Susanta, A., & Koto, I. (2022). Workshop Penggunaan Media Manipulatif Matematika Materi Pecahan Bagi Guru Sekolah Dasar Bengkulu Selatan. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 20(1), 146–158. https://doi.org/10.33369/dr.v20i1.20974
Susanta, A., Koto, I., & Susanto, E. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Media Manipulatif Matematika Materi Pengukuran Bagi Guru Sekolah Dasar. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4). https://doi.org/10.47065/jpm.v3i4.704
Susanta, A.,Susanto, E., & Rusdi, R. (2021). Pelatihan pembuatan alat peraga matematika kreatif berbahan kertas bekas untuk Guru MI Humairah Kota Bengkulu. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 19(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/dr.v19i1.13089
Tucker, Stephen. (2016). The Modification of Attributes, Affordances, Abilities, and Distance for Learning Framework and Its Applications to Interactions with Mathematics Virtual Manipulatives. 10.1007/978-3-319-32718-1_3.
Zulfikri, A. (2023). Dampak Implementasi Teknologi Virtual Reality dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Sukabumi. In Jurnal Pendidikan West Science (Vol. 01, Issue 06).
Copyright (c) 2025 Deswara Varen Ramadhani, Dewi Cahyaningsih, Titik Indrianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.