Analisis Kesulitan Belajar pada Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
Keywords: kesulitan belajar, perkalian, sekolah dasar
Abstract
Pembelajaran matematika di sekolah bertujuan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan matematis agar dapat mengatasi berbagai masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesulitan belajar pada operasi hitung perkalian dan faktor penyebab kesulitan belajar operasi hitung perkalian pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Birit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri dari wali kelas VI SD Negeri 2 Birit . Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kesulitan belajar operasi hitung perkalian yang dialami subjek yaitu kesulitan memahami konsep pada materi perkalian, kesulitan keterampilan berhitung pada materi perkalian, serta kesulitan pemahaman masalah pada soal cerita. 2) Faktor penyebab kesulitan belajar operasi hitung perkalian yang dialami subjek terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya adalah kecerdasan, minat dalam matematika rendah, dan kurangnya motivasi dalam pembelajaran matematika. Sedangkan faktor eksternalnya adalah kurangnya perhatian orang tua, penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik, serta pengaruh media massa
References
Adistira, L. G. A. K. D., Husniati, & Jiwandono, I. S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Perkalian. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 123–130. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2398
Aini, N. N., Bahari, P. K., Zainuddin, M., & Mas’ula, S. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Game Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Untuk Siswa Kelas 3 SD. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 111–120. https://doi.org/10.33603/caruban.v5i2.6847
Alkulub, A. I. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Permainan Gatrik Pada Materi Operasi Hitung Campuran Kelas IV SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(2). https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n2.p1025-1033
Amalia, D. R., Chan, F., & Sholeh, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian Pada Pembelajaran Matematika di kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 945–957. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4549
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib Journal of Elemetary Education, 3(2), 123–133. https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.414
Andri, Wibowo, D. C., & Agia, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V Sd Negeri 25 Rajang Begantung II. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 231–241. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.869
Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 25–37. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7929
Arifin, M. F. (2020). Kesulitan Belajar Siswa dan Penanganannya pada Pembelajaran Matematika SD/MI. JIP: Jurnal Inovasi PenelitianJurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 989–1000. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.181
Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79–87. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p079
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandri, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611–1622. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Damayanti, F., Febriana, D., Sari, R. D., Wardani, H. Y., & Darmadi, D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Operasi Hitung Perkalian Bersusun di SD Muhamadiyah 1 Paron berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 102–105. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1813
Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204–214. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781
Dwi, D. F., & Audina, R. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(3), 94–106. https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i3.256
Dwiyono, Y., & Tasik, H. K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Samarinda Ulu. Borneo: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, 48(1), 175–190. https://repository.unmul.ac.id/bitstream/handle/123456789/23677/2. Jurnal Borneo Edisi Khusus Halaman 175-190-dikonversi.pdf?sequence=1
Fatimah, C., Wirnawa, K., & Dewi, P. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Perkalian Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.250
Fidayanti, M., Shodiqin, A., & YP, S. (2020). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 3(No. 1), Page 88-96.
Guntur, M., & Robyyani, L. (2021). Penggunaan Metode Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Operasi Hitung Perkalian. PERISKOP : Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 56–63. https://doi.org/10.58660/periskop.v2i2.20
Hamidah, N., & Ain, S. Q. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 321–332.
Hero, H., & Sni, M. E. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129–139. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568
Indah, P. J., Saputro, B. A., & Sundari, R. S. (2020). Analysis of Difficulty Learning Operations to Calculate Multiplication and Division during the Pandemic (Covid-19) in Elementary Schools. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 129–138. https://doi.org/10.21831/didaktika.v3i2.35479
Jayanti, I., Arifin, N., & Nur, D. R. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Sistema : Jurnal Pendidikan, 01(01), 1–7.
Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da ’ watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151–168.
Kusumasari, D. A., Kiswoyo, & Sary, R. M. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Perkalian pada Siswa Sekolah Dasa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1), 104–117. https://doi.org/doi.org/10.22437/gentala.v6i1.12560
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 588–595.
Magdalena, I., Astuty, H. W., Valentina, F. R., & Devita, N. (2020). Penanganan Kasus Kesulitan Belajar Matematika pada Kelas VI SDN Karawaci Baru 4. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–74.
Matulessy, A., Ismawati, & Muhid, A. (2022). Efektivitas Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa: Literature Review. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165–178. http://103.98.176.9/index.php/aksioma/article/view/8834%0Ahttp://103.98.176.9/index.php/aksioma/article/viewFile/8834/5341
Meilida, A. (2022). Analisis Kesulitan Mengerjakan Perkalian Dan Pembagian Pada Siswa Kelas VI Di SDN Dangu Hulu Sungai Tengah. Pahlawan, 18(2), 38–45. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.494
Mukminah, Hirlan, & Sriyani. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1 Anyar. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v13i2.4504
Mutmainna, S. N., & Nurjannah. (2023). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VI pada Operasi Hitung Perkalian di Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 8(2), 51–60. https://doi.org/doi.org/10.47435/jpdk.v8i2.2186
Oktavia, S., Imamuddin, M., Syafira, N., Rahmi, F., & Iqbal, M. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas VII Mts Muhammadiyah Tanjung Ampalu. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(4), 476–482. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i4.349
Permata Hati Netson, B., & Quratul Ain, S. (2020). Factors Causing Difficulty in Learning Mathematics for Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 4(1), 130–138. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120–129. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379
Sidik, G. S., & Wakih, A. A. (2019). Kesulitan Belajar Matematik Siswa Sekolah Dasar pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 461–470. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i1.633
Sihombing, J. M., Syahrial, & Manurung, U. S. (2023). Kesulitan Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian dan Pembagian di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 1003–1016. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1177
Suci, D. W., & Taufina. (2020). Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Berbasis Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 505–512. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Taufina, Chandra, Fauzan, A., & Ilham Syarif, M. (2019). Development of Statistics in Elementary School Based RME Approach with Problem Solving for Revolution Industry 4.0. Atlantis Press: Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 382, 716–721. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.172
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845
Wibowo, D. C., Ocberti, L., & Gandasari, A. (2021). Studi Kasus Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Di Sd Negeri 01 Nanga Merakai. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60–64. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i1.974
Wulandari, M., & Alim, J. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri 096 Pekanbaru. Jurnal Eksperimental, 12(1), 17–23. http://journal.stitalhilalsigli.ac.id/index.php/eksperimental/article/view/319
Yuliana Sari, E., & Esti Windari, G. (2019). Analisis Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas Iv Di Sdn Ii Geger Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 111–124. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1022
Copyright (c) 2025 Tsamara Khansa Yustria Yasmine

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.