Gaya belajar peserta didik berprestasi akademik kelas v sd negeri 2 kadipiro
Keywords: Gaya belajar, Sekolah Dasar, Kendala Guru, Hasil belajar
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui lebih detail gaya belajar yang dimiliki oleh peserta didik berprestasi akademik kelas V yang memungkinkan memiliki dominan pada gaya belajar visual, auditori atau kinestetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek peserta didik berprestasi akademik kelas V SD Negeri 2 Kadipiro. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan studi dokumen. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman observasi dan wawancara sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data menurut Miles dan Huberman berupa pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data lalu menarik kesimpulan. Peneliti menggunakan uji kredibilitas, depenabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperoleh keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar peserta didik berprestasi akademik kelas V SD Negeri 2 Kadipiro merupakan kombinasi gaya belajar (V-A-K). Dari tiga peserta didik yang menjadi subjek penelitian, dua anak memiliki kecenderungan gaya belajar visual dan satu anak gaya belajar auditori.
References
Abidin, A. M. (2022). Penerapan teori belajar behaviorisme dalam pembelajaran (studi pada anak). AN-NISA, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.30863/an.v15i1.3315
Andarika, D. Y., & Rofiki, I. (2023). Strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam memenuhi kebutuhan peserta didik.
Annisa, F., Listyarini, & Reffiane. (2025). Analisis kebiasaan dan gaya belajar siswa berprestasi kelas V SD Negeri Sidomukti Kabupaten Pati. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran.
Arhas, S. H. (2018). Metode pembelajaran black knight. Apa? Mengapa? Dan bagaimana? Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 5.
Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan platform digital di masa pandemi covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana.
Azimi, A., Rusilowati, A., & Sulhadi, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis literasi sains untuk siswa sekolah dasar. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 145. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.754
Bire, & Geradus. (2018). Pengaruh gaya belajar visual, auditoral, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran.
Bk, M. K. U., & Hamna, H. (2022). Strategi pembentukan karakter islami siswa sekolah dasar di masa transisi covid-19 menuju aktivitas new normal. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(2), 135–148. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i2.6866
Diana, R. R., Chirzin, M., Bashori, K., Suud, F. M., & Khairunnisa, N. Z. (2021). Parental engagement on children character education: The influences of positiv parenting and agreeableness mediated by religiosity. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(2), 428–444. https://doi.org/10.21831/cp.v40i2.39477
Fitri Wahyuni Sabulat, Satinah Satinah, & Taufik Rahman. (2025). Intelegensi dalam perspektif psikologi pendidikan. Observasi : Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 3(2), 86–101. https://doi.org/10.61132/observasi.v3i2.1061
Hidayah, M. W. N. H., Jasmine, N., Magfiradina, N. A., Nurkinasih, M. P., Kuncoro, O. S., & Syandana, N. A. (2025). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan dalam belajar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 6(1), 129–136. https://doi.org/10.54371/ainj.v6i1.793
Nasution, F., & Elvira. (2022). Memahami gaya belajar untuk meningkatkan potensi anak. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI).
Nurahlina, N., & Aprilia, A. (2025). Analisis peran pengalaman belajar dalam membangun memori jangka panjang pada siswa tingkat sekolah dasar.
Nuralan, S., & Bk, M. K. U. (2022). Analisis gaya belajar siswa berprestasi di SD Negeri 5 Tolitoli. PENDEKAR JURNAL: Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1).
Rohmah, N., Sofa, K., Pratama, M. A., & Pratama, F. R. P. (2025). Pengaruh gaya belajar terhadap pembelajaran siswa sekolah dasar. 5.
Silaban, R. A., Ilahi, A., & Nurmalia, M. (2024). Gaya belajar peserta didik. PT. Mifandi Mandiri Digital.
Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik) mahasiswa pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037
Copyright (c) 2025 Noi Syana Daru Murti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.