Kesulitan menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan positif dan negatif ditinjau dari gender
Keywords: Matematika, Operasi Hitung Campuran, Bilangan Positif, Bilangan Negatif
Abstract
Masih terdapat banyak siswa mendapat kesulitan atau kendala ketika menyelesaikan operasi hitung bilangan campuran bilangan bulat positif dan negatif. Kesulitan tersebut dialami baik siswa perempuan dan laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji permasalahan siswa dalam pemecahan soal operasi hitung bilangan bulat positif dan negatif ditinjau dari gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Tempat penelitian dilakukan di SD di Kota Wonosobo. Subjek dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan mempertimbangkan siswa yang sudah belajar materi operasi hitung bilangan bulat positif dan negatif, memiliki gender laki-laki dan perempuan, serta memiliki nilai harian dengan klasifikasi sedang hingga rendah. Pengambilan data menggunakan instrumen tes bentuk uraian yaitu 5 soal operasi hitung campuran bilangan positif dan negatif, wawancara serta observasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan kesulitan dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran hanya ditemukan pada salah satu siswa perempuan. Kesulitan menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat positif dan negatif ditemukan sebanding antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Temuan lainnya adalah kesulitan mengubah maksud soal menjadi kalimat matematika, ditemukan pada seluruh siswa laki-laki dan perempuan. Lebih lanjut, kesulitan menyelesaikan soal dengan cermat, hanya ditemukan pada siswa laki-laki.
References
Acharya, R. B. (2017). Factors Affecting Difficulties in Learning Mathematics by Mathematics Learners. Internasional Journal of Elementary Education, 6(2). 8-15.
Alfarisi, A., Suryaningrum, C. W., & Firdaus, H. P. E. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah TIMSS Ditinjau dari Gender. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 64-78.
Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194.
Annisah, S., & Masfiah, S. (2021). Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 Meningkatkan Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP), 1(1), 61–70.
Bintoro, F. A., & Wijiastuti, A. (2016). Prevalensi Anak Kesulitan Berhitung di SD: Asesmen Matematika Berbasis Kurikulum. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(1), 1-10.
Cavadini, T., Richard, S., Dalla-Libera, N., & Gentaz, E. (2021). Emotion Knowledge, Social Behaviour and Locomotor Activity Predict the Mathematic Performance in 706 Preschool Children. Scientific Reports, 11(1), 14399
Daud, A. S., Aziz, M. K. N. A., Ali, W. N. A. B. W., Adnan, N. S. M., Embong, Z. (2020). Students’ Perception in Learning Mathematics across Gender and Ethnicity. Journal of Physics: Conference Series, 1529(3), 032019.
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110-117.
Gunawan, A. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 1-10.
Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Trigonometri Dilihat dari Learning Obstacles. Didactical Mathematics, 2(1), 9–16.
Khaeroni, K. (2015). Ragam Permasalahan dalam Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 7(2), 187-206.
Kurniati, R., Ruslan, & Ihsan, H. (2018). Miskonsepsi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) terhadap Bilangan Bulat, Operasi dan Sifat-Sifatnya. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-7.
Lestari, W., Kusmayadi, T. A., Nurhasanah, F., & Keguruan, F. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1141-1150.
Mahmuda, A. A., et al. (2021). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Mengenai Materi Bilangan Bulat di Kalangan SD pada Masa Pandemi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 90-96.
Masrurotullaily, M., Hobri, H., & Suharto, S. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Keuangan Berdasarkan Model Polya Siswa SMK Negeri 6 Jember. Jurnal Kadikma, 4(2), 129-138.
Mulyani, N. M. S., Suarjana, I. M., & Renda, N. T. (2018). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 266-274.
Nafi'an, M. I. (2021). Penyelesaian Soal Cerita Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Gender. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 328-336.
Nurfauziah, P., & Fitriani, N. F. (2019). Gender Dan Resiliensi Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Scientific Berbantuan Vbaexcel. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learningand Education, 4(1), 28–37.
Nurjannah, N., Danial, D., & Fitriani, F. (2019). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Negatif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 68-79.
Pramesti, T., Sukamto., & Wardshana, M.Y.S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan pada Kelas IV SD Negeri Manyaran 02 Semarang. Elementary School Special Issue, 26–36.
Ugi, L. E., Djadir, & Darwis M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat dan Alternatif Pemecahannya. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 34-50.
Winata, R., & Friantini, R. N. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau dari Minat Belajar dan Gender. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 6(1), 1-18.
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(2), 1-10.
Copyright (c) 2025 Kufita Rachman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.