Peningkatan hasil belajar matematika kelas iii sdlb yayasan gentaralam dengan kartu angka
Keywords: Literacy Cloud, Minat Baca, Gerakan Literasi Sekolah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik dalam Gerakan Literasi Sekolah menggunakan platform Literacy Cloud. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi peserta didik kelas V SD Negeri Dukuh. Objek dalam penelitian ini adalah pemanfaatan media Literacy Cloud sebagai upaya meningkatkan minat baca peserta didik kelas V dalam kegiatan Gerakan Literasi Sekolah. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Literacy Cloud dapat meningkatkan minat baca peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, guru dapat memanfaatkan Literacy Cloud sebagai pemanfaatan teknologi dalam Gerakan Literasi Sekolah maupun kegiatan pembelajaran.
References
Basar, A. M. (2022). Meningkatkan Budaya Membaca Melalui Literacy Cloud. Journal of Islamic Primary Education, 5(1), 12–25.
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572
Ernawati, Y., Muchti, A., Hidajati, E., Sari, A. P. I., Mayrita, H., Roza, A., Aprilia, I., & Facriansyah, M. (2022). Peningkatan Literasi Baca-Tulis Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Menggunakan Literacy Cloud: Identifikasi Tokoh dan Watak dalam Dongeng. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(8).
Fadhli, M. (2020). Penerapan Strategi Literature Circle secara Daring dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1, 106–118.
Fajar, B. Al. (2019). Analisis Penanaman Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas, 74–79.
Fina, F., & Susanto, R. (2023). Analisis penerapan media literacy cloud terhadap minat baca siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(1), 164. https://doi.org/10.29210/30033227000
Ichda, M. A., Wanti, A. B., Hariyanto, & Anggraini, A. E. (2023). Pemanfaatan Chromebook dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas Rendah Melalui Implementasi Cerita Bergambar Berbantuan Aplikasi Literacy Cloud. Jurnal Reforma FKIP Universitas Islam Lamongan, 13(1).
Ilmi, N., Wulan, N. S., & D, W. (2021). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Pendidikan, 3(5). https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.454
Jannah, M., Masfuah, S., & Fardani, M. A. (2022). Gerakan Literasi Sekolah Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3), 115–120. https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8364
Khusna, S., Mufridah, L., Sakinah, N., & Annur, A. F. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 101–112. https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.454
Kurniawan, W., Sutopo, A., & Minsih. (2021). Implementasi Pojok Baca untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa MI Muhammadiyah Kartasura. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37–42. https://doi.org/10.54259/pakmas.v1i1.31
Mansyur, U. (2019). Gempusta: Upaya Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra II FBS UNM, December, 203–2017. https://osf.io/va3fk
Ningsih, I. W., Widodo, A., & Asrin, A. (2021). Urgensi kompetensi literasi digital dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 132–139. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.35912
Nugraha, D. M. D. P. (2023). Pengaruh Literacy Cloud Terhadap Minat Baca Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD. Jurnal Elementary, 6(1), 11–18.
Oktaviani, F. P., Hilaliyah, T., & Solihat, I. (2023). Pengaruh Aplikasi Let’s Read dan Literacy Cloud terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IX SMPN 5 Kota Serang Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 250–262. https://doi.org/10.5281/zenodo.8240217
Prasrihamni, M., Zulela, & Edwita. (2022). Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134.
Rintang, K., Istiyati, S., & Hadiyah, H. (2021). Analisis peran guru dalam meningkatkan minat baca peserta didik di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(1), 6. https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/49044
Rofiq, E. A., Sugiarto, A., & Ashfiah, W. (2022). Penerapan Progam Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman, 6(1), 46–60. https://doi.org/10.36835/edukais.2022.6.1.46-60
Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.
Rosa, Q. A. N., Ernawati, & Indriani, D. E. (2023). Efektivitas Gerakan Literasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SD Negeri Suwa’an 3 Modung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(2).
Sabban, I., & Rahman, I. H. A. (2022). Penguatan Literasi Digital Melalui Aplikasi Literacy Cloud Untuk Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Morotai Selatan. Jurnal Pedikmas Pasifik, 01(01), 1–23.
Sari, M. Z., Gunawan, A., Fitriyani, Y., & Hilaliyah, N. (2020). Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 197. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.42137
Sayekti, O. M., Sujarwo, & Chang, Y. Y. (2022). Pendidikan Karakter melalui Digitalisasi Cerita Anak Bermuatan Budaya: Analisis pada Aplikasi Literacy Cloud. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2), 200–210. http://dx.doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.51222
Suba, I. M. (2022). Penerapan Program Satu Murid Satu Pohon Literasi Dengan Berbantuan Literacy Cloud Untuk Meningkatkan Minat Baca Murid Kelas Vic Sd Negeri 22 Dauh Puri. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(3), 283–292. https://doi.org/10.51878/teacher.v2i3.1621
Sukma, H. H. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13200
Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 02(02), 141–152. http://www.portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem/index.php/CURERE/article/view/157
Wiranti, S. S. S. (2021). Upaya Guru Meningkatkan Budaya Literasi Minat Baca “Open Reading Garden” Siswa Kelas IVA Di Sekolah Adiwiyata SD Negeri Kemirirejo 1 Magelang. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 12(1), 70–75. https://doi.org/10.20885/unilib.vol12.iss1.art7
Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4
Yosintha, R. (2023). Literacy Cloud: Integrasi Teknologi dalam Proses Pembelajaran Bahasa Bagi Digital Natives. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 1–7. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v4i1.7369
Yuliana. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Sejak Usia Dini Di Kelurahan Ulak Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Pengabdian Pasca Unisti (JURDIANPASTI), 1(1), 61–70. https://doi.org/10.48093/jurdianpasti.v1i1.131
Copyright (c) 2025 Meisi Mananda Putri, Ulya Amelia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.