Memperkuat Integrasi Nasional Di Era Digital : Penguatan Resolusi Konflik Di Era Digital Sebagai Perwujudan Warga Negara Yang Baik
Keywords: Era Digital, Integrasi Nasional, Resolusi Konflik, Warga Negara Yang Baik
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai bagaimana memperkuat integrasi nasional di era digital melalui penguatan resolusi konflik di era digital sebagai perwujudan warga negara yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep resolusi konflik dan bagaimana penerapannya dalam konteks perwujudan warga negara yang baik di era digital . Metode penelitian yang dgunakan adalah pendekatan deskriptif dengan menggunakan data sekunder dari literatur yang relevan seperti buku, jurnal akademik, dan sumber-sumber online. Data tersebut kemudian dianalisis melalui pendekatan kualitatif untuk menghasilkan temuan-temuan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep resolusi konflik dalam konteks perwujudan warga negara yang baik di era digital ialah dengan memperkenalkan peserta didik pada metode penyelesaian konflik yang berbasis dialog, partisipasi aktif, dan pemecahan masalah yang kreatif. Selain itu, Penerapan konsep resolusi konflik dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan kesadaran peserta didik tentang pentingnya menghargai perbedaan dan mempromosikan perdamaian serta keadilan sosial. Teknologi digital seperti media sosial dan platform online dapat digunakan sebagai alat bantu untuk memfasilitasi diskusi dan kolaborasi antar peserta didik. Namun, penggunaan teknologi digital juga memiliki risiko seperti penyebaran informasi yang tidak valid dan peningkatan polarisasi dan kebencian di media sosial. Penelitian ini memberikan pemahaman tentang bagaimana konsep resolusi konflik dapat diterapkan dalam pembelajaran PKn di era digital dan memberikan implikasi untuk pengembangan kurikulum PKn yang lebih adaptif dengan perkembangan teknologi digital.
References
Ali, Y. F., & Hidayah, Y. (2021). Service-learning sebagai Strategi untuk Mempromosikan Global Citizenship di Indonesia. Society, 9(1). https://doi.org/10.33019/society.v9i1.145
Aluya, I., & Edem, S. (2023). Language Techniques and Literary Devices for National Messaging in President Buhari’s Democracy Day Speech. Baltic Journal Of English Language, Literature And Culture,13. https://doi.org/https://doi.org/10.22364/BJELLC.13.2023.01
Asenjo Palma, C. (2018). Conflict resolution in community development: Are the benefits worth the costs? Critical Social Policy, 39(2), 268–288. https://doi.org/10.1177/0261018318780162
Bretaña, I., Alonso-Arbiol, I., Molero, F., & Pardo, J. (2020). Avoidant attachment and own and perceived partner’s conflict resolution in relationship satisfaction. Journal of Social and Personal Relationships, 37(12), 3123–3138. https://doi.org/10.1177/0265407520949697
Čehajić-Clancy, S., & Bilewicz, M. (2021). Moral-Exemplar Intervention: A New Paradigm for Conflict Resolution and Intergroup Reconciliation. Current Directions in Psychological Science, 30(4), 335–342. https://doi.org/10.1177/09637214211013001
Fatima, N., & Mirza, M. N. (2023). Ethnic mobilization and national integration: Dissecting the contours of Saraiki province movement in Pakistan. International Area Studies Review, 22338659231178704. https://doi.org/10.1177/22338659231178702
Feldman-Savelsberg, P. (2022). National Identity and State Formation in Africa. Contemporary Sociology, 51(6), 474–476. https://doi.org/10.1177/00943061221129662k
Ganty, S. (2021). Integration duties in the European Union: Four models. Maastricht Journal of European and Comparative Law, 28(6), 784–804. https://doi.org/10.1177/1023263X211048605
Grant, L. H., Maoz, I., & Keysar, B. (2022). Lingua Franca as a Hidden Barrier to Conflict Resolution. Journal of Conflict Resolution, 67(5), 979–1006. https://doi.org/10.1177/00220027221123316
Hafner, L. (2021). Springboard, not roadblock: Discourse analysis of Facebook groups suggests that ethnic neighbourhoods in European cities might jump-start immigrants’ integration. European Urban and Regional Studies, 29(3), 383–407. https://doi.org/10.1177/09697764211057490
Hidayah, R., Bunyamin. & Malihah, E. (2020). Pendidikan Resolusi Konflik Melalui Pembelajaran Multikultural Pada Pendidikan Formal. Jurnal Buana Ilmu, Vol. 5, No. 1, November 2020.
Hidayah, Y., & Hastangka, H. (2023). Construction of Character Education portrayed in Cek Toko Sebelah Movie 1 and 2: The Semiotic Studies. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jed.v8i2.10423
Hidayah, Y., Suyitno, S., & Sari, L. R. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN RESOLUSI KONFLIK SISWA SEKOLAH DASAR. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jkpd.v4i1.1726
Hyangsewu, P., Adzimay, Q.M., & Agista, S.B. (2022). Teologi Inklusif sebagai Resolusi Konflik Agama di Era Digital. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 8, No. 1, Juli 2022, pg. 39-51.
Koskinen, H. (2022). Book Review: The New Patriarchs of Digital Capitalism: Celebrity Tech Founders and Networks of Power by Ben Little and Allison Winch. Acta Sociologica, 00016993221136027. https://doi.org/10.1177/00016993221136027
Kumar, P. (2022). Kjetil Duvold, Sten Berglund and Jokaim Ekman, Political Culture in Baltic States: Between National and European Integration. International Studies, 59(1), 106–109. https://doi.org/10.1177/00208817221076638
Kusuma, H.D. (2018). Pendidikan Resolusi Konflik bagi Anak Usia Dini. Al Fitrah: Journal of Early Childhod Islamic Education, Vol. 2, No. 1, Juli 2018.
Lannin, D. G., Russell, L. T., Yazedjian, A., & Parris, L. N. (2022). Adolescent Aspirations, Compromise, and Conflict-Resolution. Journal of Social and Personal Relationships, 39(11), 3320–3328. https://doi.org/10.1177/02654075221095777
Lawson, G. (2022). Book Review: Sandinista Narratives: Religion, Sandinismo, and Emotions in the Making of the Nicaraguan Insurrection and Revolution by Jean-Pierre Reed. Acta Sociologica, 00016993221136026. https://doi.org/10.1177/00016993221136026
Maftuh, B. (2005). Implementasi Model Pembelajaran Resolusi Konflik melalui Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Atas. Disertasi.
Martínez, M. A. (2022). Book Review: Making a Scene: Urban Landscapes, Gentrification, and Social Movements in Sweden by Kimberly A. Creasap. Acta Sociologica, 00016993221136025. https://doi.org/10.1177/00016993221136025
Martínez, S., Valentim, V., & Dinas, E. (2023). Symbolic Conflict Resolution and Ingroup Favoritism. Journal of Conflict Resolution, 00220027231155323. https://doi.org/10.1177/00220027231155323
Mawarti, R. A. (2023). Peluang dan Tantangan Meningkatkan Keterlibatan Warga Negara Muda dalam Mempromosikan Perdamaian di Masyarakat. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS), 6(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um032v6i2p93-100
Paranita, S. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Z dalam Mewujudkan Good Citizenship di Perguruan Tinggi Islam. Civics Education And Social Science Journal (CESSJ), 14(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32585/cessj.v4i1.2574
Platt, L., Polavieja, J., & Radl, J. (2021). Which Integration Policies Work? The Heterogeneous Impact of National Institutions on Immigrants’ Labor Market Attainment in Europe. International Migration Review, 56(2), 344–375. https://doi.org/10.1177/01979183211032677
Rönnström, N., & Roth, K. (2023). Welcoming refugee children with a moral, rather than merely legal, right to education: Ideas for a cosmopolitan design of education. Policy Futures in Education, 14782103231185620. https://doi.org/10.1177/14782103231185621
Saluja, A. (2022). Education for social justice: A critique of national education policies of India. Policy Futures in Education, 21(2), 136–144. https://doi.org/10.1177/14782103221089474
Siregar, Viktor. D. dan Tafonao, T. (2021). Berbagai Konflik Dialami oleh Remaja di Era Digital 4.0 DItinjau dari Psikolgi Perkembangan Afektif. Prosiding 1st Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU 2021), Universitas Sains dan Teknologi Komputer Semarang, 11 Desember 2021. https://prosiding.stekom.ac.id/index.php/SEMNASTEKMU/article/view/79/77
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suvarierol, S. (2020). National fields of civic integration: Operationalization of citizenship requirements. Ethnicities, 21(2), 352–374. https://doi.org/10.1177/1468796820963979
Suyato, Hidayah, Y., Arpannudin, I., & Septiningrum, L. (2022). Revitalisasi Pendidikan Kewarganegaraan Abad 21: Analisis Keterampilan Abad 21. Socia: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 19(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/socia.v19i2.60152
Trihastuti, M, Puspitasari, P.(2022). Partisipasi Politik Perempuan Dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 (Studi Kasus Di Desa Pasir Batang Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya). JournalMores: Jurnal Pendidikan Hukum, Politik, dan Kewarganegaraan, Volume 4, (2) Pages105-118
Ulfah, N, Retnasari, L, Hidayah,H, Siraten, D.G. (2021) Evaluasi Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Selama Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. Volume 6, (2), 125-144
Ulfah, N., Hidayah, Y., & Safudin, E. (2023). Kajian Tentang Konsep Pendidikan Hukum Bagi Generasi Muda di Indonesia. Media Keadilan: Jurnal Ilmu Hukum. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmk.v14i1.12928
Weiner M. (2014) Political Integration and Political Development. The ANNALS of the American Academy of Political and Social Science 1965 358: 52 file:///Users/meiwatizal/Documents/rencana%20jurnal/000271626535800107.pdf
Zulfikar, G., & Permady, G. C. (2021). Citra Wawasan Kebangsaan Generasi Muda: suatu kajian terhadap sikap anti radikalisme. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2 SE-Articles), 419–424. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1063
Zulkifli., Maftuh, B., & Malihah, E. (2020). “Pendidikan Multikulturalisme sebagai Resolusi Konflik: Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan”. JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan), Vol. 10, No. 2, September 2020.
Copyright (c) 2023 Yayuk HIdayah, Nufikha Ulfah, Meiwatizal Trihastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.