Improving Student Learning Outcomes through the Use of E-Module Media Based on Book Creator on Basic Chemical Laboratory Work Techniques Material for Class X Industrial Chemical Engineering Students of SMKN 1 Tapen
Kata Kunci: PTK, E-modul berbasis book creator, Hasil belajar
Abstrak
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media E-Modul dengan memanfaatkan aplikasi Book Creator pada materi Teknik Dasar Pekerjaan Laboratorium kelas X Jurusan Teknik Kimia Industri di SMKN 1 Tapen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes pengetahuan. Media E-modul berbasis Book Creator dinyatakan efektif apabila terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukan treatment. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada ratarata nilai kelas dan peningkatan persentase ketuntasan setelah diberikan pembelajaran menggunakan media E-Modul dengan memanfaatkan aplikasi Book Creator pada materi Teknik Dasar Pekerjaan Laboratorium. Sebelum diberikan tindakan persentase ketuntasan mencapai 45% dengan nilai rata-rata 66. Pada siklus I persentase ketuntasan mencapai 72% dengan nilai rata-rata 76. Kemudian pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 91% dengan nilai rata-rata 88.
Hak Cipta (c) 2025 Tansil Asisil Rohim

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.