Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di Jam Pelajaran Terakhir
Kata Kunci: model pembelajaran, Motivasi belajar IPA, PTK, IPA, Motivation and academic performance
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA pembelajaran jam terakhir. Model pembelajaran memegang peranan penting dalam menciptakan suasana belajar yang mendorong kreativitas siswa, terutama di tengah tekanan waktu pembelajaran terakhir. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan model pembelajaran berbasis proyek yang dikombinasikan dengan model pembelajaran kooperatif. Subjek yang dipilih berdasarkan kelas yang memiliki indeks pencapaian berpikir kreatif yang cukup rendah. Hasil penelitian ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai pengaruh model pembelajaran terhadap berpikir kreatif siswa pada pembelajaran jam terakhir. Temuan ini dapat memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran yang efektif dalam waktu terbatas. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat membantu guru dan pengambil keputusan untuk memilih dan menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa dalam konteks pembelajaran IPA pada pembelajaran jam terakhir
Hak Cipta (c) 2025 Nabilla Zhohirya

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.