THE INVOLVEMENT OF FACULTY MEMBERS AND DISTANCE STUDENTS IN ONLINE TUTORIAL PROGRAM: UT EXPERIENCE

Authors

  • Sandra Sukmaning Universitas Terbuka
  • Wahyuni K Universitas Terbuka

Keywords:

mata kuliah, siswa akses, tutorial on line

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menjelaskan peran staf akademik dan mahasiswa FKIP-UT dalam tutorial on line (tuton). Studi dilakukan selama tiga masa registrasi  (2005.1, 2005.2 dan 2006.1) melalui alamat e-mail http://student.ut.ac.id./mod/statut. dan difokuskan pada aktivitas kegiatan staf akademik FKIP-UT (tutor) dan mahasiswa dalam kegiatan tuton. Hasil observasi menunjukkan bahwa ada sebanyak 52 matakuliah yang dilengkapi dengan fasilitas tuton pada masa registrasi 2005.1, 66 matakuliah pada masa registrasi 2005.2, dan 107 matakuliah untuk masa registrasi 2006.1. Hasil studi menunjukkan bahwa selain adanya kenaikan jumlah matakuliah dengan tuton, terdapat kenaikan partisipasi mahasiswa dan tutor dalam kegiatan tuton, 29 mahasiswa yang aktif mengikuti tuton pada masa registrasi 2005.1, 123 mahasiswa pada masa registrasi 2005.2, dan 192 mahasiswa pada masa registrasi 2006.1. Meskipun terlihat adanya kenaikan  partisipasi mahasiswa dan tutor namun masih terdapat 40 matakuliah yang ditawarkan pada masa registrasi 2005.1 tidak diakses oleh mahasiswa, sedang pada masa registrasi 2005.2 ada sebanyak 36 dan 2006.1 sebanyak 59. Meskipun cukup banyak matakuliah yang tidak diakses oleh mahasiswa namun masih banyak staf akademik (tutor) FKIP-UT tetap aktif dalam kegiatan tuton

References

Andriani, D. (2005). Mahasiswa S2 pada sistem pendidikan jarak jauh: Pemanfaatan internet dan bantuan belajar. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 6 (2), 77-91.

Charles, J. (2006). Interaction in online education: Implication for theory & practice. London: Routledge.

Churton, M.C. (2006). Principles of e-learning and onlline teaching. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7 (1), 15-33.

FKIP-UT. (2006). Panduan Tutorial FKIP-UT. Jakarta: Universitas Terbuka

Holmberg, B. & Baath, J.A. (1982). Distance education: A handbook. Stockholm: Liker-Hermods.

Howard, D.C. (1985). Reading and study skills and distance learner. Distance education, 6 (2), 169-188.

Padmo, D. & Anggoro, T.H. (2003). Aksesibilitas dan kendala pemanfaatan media belajar di Indonesia, Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 4 (2), 45-55.

Sardjiyo & Paulina P. (2006). Designing Web-based courses in distance education: Are we ready?. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7 (1), 34-42.

Sukarsih, Y. (2005). Pemanfaatan layanan online di institusi pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 6 (2), 69-76.

Wardani, I.G.A.K. (2004). Proses pembelajaran dalam pendidikan tinggi jarak jauh: Pendidikan tinggi jarak jauh, dalam Asandhimitra dkk (Ed.). Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

08-09-2007

How to Cite

Sukmaning, S. ., & K, W. . (2007). THE INVOLVEMENT OF FACULTY MEMBERS AND DISTANCE STUDENTS IN ONLINE TUTORIAL PROGRAM: UT EXPERIENCE. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8(2), 114–120. Retrieved from https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/540

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.