Assessment As Learning Berbasis Tugas Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mandiri Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh
DOI:
https://doi.org/10.33830/ptjj.v25i2.7408.2024Keywords:
assessment as learning, rekaman hasil baca, belajar mandiriAbstract
Berdasar hasil penelitian masih ditemukan cukup banyak mahasiswa pendidikan jarak jauh yang kemandirian dalam belajarnya berada pada level sedang atau rendah. Hal ini akan menghambat penyelesaian studi mahasiswa. Kemandiran mahasiswa dalam belajar perlu ditingkatkan. Kemandirian dalam belajar mandiri dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan assessment as learning berbasis tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat assessment as learning berbasis tugas untuk meningkatkan kemandirian mahasiswa dalam belajar. Sampel penelitian ini adalah 144 mahasiswa program S1 PGSD UT Yogyakarta yang terdiri dari 65 mahasiswa kelompok kontrol dan 79 mahasiswa kelompok perlakuan. Setelah belajar mandiri, mahasiswa kelompok perlakuan diberi tugas membuat rekaman hasil baca sedangkan kelompok kontrol tidak membuat rekaman hasil baca. Tugas yang dibuat mahasiswa kelompok perlakuan berupa ringkasan, outline, peta pikir, atau peta konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan assessment as learning dengan pemberian tugas dapat meningkatkan kemandirian mahasiswa dalam belajar. Hasil uji t-independent sample menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa kelompok perlakuan dan kelompok kontrol berbeda secara signifikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0.027. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh institusi penyelenggara pendidikan jarak jauh untuk meningkatkan kemandirian mahasiswa dalam belajar.
References
Anggaini, D. (2016). Pengaruh evaluasi tes formatif terhadap hasil belaja rmatematika ditinjau dari tingkat kemandirian belajar. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, 1 (1), 1-15.
Bosch, E., Mentz, E., & Goede, R. (2019). Self-directed learning: A conceptual overview. In Mentz, E. de Beer, J., & Bailey, R. (Eds.). (2019). Self-Directed Learning for the 21st Century Implications for Higher Education. AOSIS (Pty) Ltd.
Darwis, R., H. (2017). Efektivitas pemberian tes formatif dengan umpan balik terhadap hasil belajar statistik deskriptif. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 37-50.
Gusnita, Melisa, & Delyana, H. (2021). Kemandirian belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif think pair square (tpsq). Jurnal Absis, 3 (2), 286-296.
Husni, S. (2012). Efektifitas tes formatif pada pembelajaran matematika di smpn 16 kota jambi. Jurnal Edumatica, 02 (02).
Kusmawan, U. (2016). Kesiapan belajar mandiri guru sekolah dasar sebagai mahasiswa pada program studi PGSD FKIP universitas terbuka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1 (3), 279-293.
Laksana, A.,P. & Hadijah, H., S. (2019). Kemandirian belajar sebagai determinan hasil belajar siswa (Learning independence as a determinant of student learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4 (1), 1-7.
Laveault, D. & Allal, L. (2016). Implementing assessment for learning: Theoretical and Practical Issues. In Laveault, D. & Allal, L. (Eds.). Assessment for Learning: Meeting the Challenge of Implementation. Springer International Publishing.
Lubber, A. & Mentz, E. (2021). Self-directed learning oriented assessment and assessment literacy: Essential for 21st century learning. In Mentz, E. & Lubbe, A. (Eds.). Learning through assessment: An approach towards Self-Directed Learning. Cape Town. AOSIS Publishing.
Miller, M.D., Linn, R.L. & Gronlund, N.E. (2013). Measurement and assessment in Teaching. Pearson Education. Inc.
Patria, L., Utami, S., Suhardi, D., A., Kurniawati, H, & Nursantika, D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi resistensi mahasiswa fakultas sains dan teknologi universitas terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 23 (2), 12-26.
Pribadi, B., A. & Hiariey, L., S. (2020). Motivasi dan ketahanan belajar mahasiswa pendidikan jarak jauh: studi kasus di kepulauan Maluku. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 21 (2), 39-43.
Prayogi, A. (2022). Perspektif filosofis dalam pendidikan terbuka dan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 23 (2), 23-32.
Rahayu, A., N., Mujdalipah, S. & Lestari, D. (2022). Measuring level of students’ independent learning indistance learning. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 23 (1), 42-54.
Sabil, H. (2012). Efektifitas tes formatif pada pembelajaran matematika di smpn 16 kota jambi. Jurnal Edumatica, 02 (02), 51-56.
Saragih, F., Saragih, C., N., & Manurung, L. W. (2022). Pengaruh kesiapan belajar terhadap kemandirian belajar pada masa pandemi covid 19 (studi kasus penerapan kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (1), 7992-7999.
Stanford Center for Opportunity Policy in Education. (2022). Student Engagement in Assessments: What Students and Teachers Find Engaging. Stanford University.
Suryanto, A. (2012). Model evaluasi program tutorial tatap muka Universitas Terbuka [Disertasi]. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Tampubolon, B. (2020). Motivasi belajar dan tingkat belajar mandiri dalam kaitannya dengan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 5 (2), 34-41.
WestEd. (2022). Feedback for Student Learning: Insights on Timeliness and Impact in Classroom Assessment Practices. San Francisco. WestEd Publishing.
Yan, Z. & Yang, L. (Eds.). (2022). Assessment as Learning Maximising Opportunities for Student Learning and Achievement. Routledge.
Zawacki-Richter, O. & Jung, I. (Eds). (2023). Handbook of Open, Distance and Digital Education. Springer
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adi Suryanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



