Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik
Keywords: Hasil belajar, Motivasi belajar, Sumber belajar, Teman sebaya
Abstract
Salah satu faktor esensial dalam perkembangan dan pembentukan kepribadian peserta didik adalah teman sebaya. Teman sebaya dapat sebagai sumber belajar secara langsung maupun tidak langsung untuk peserta didik. Pengaruh teman sebaya sebagai sumber belajar peserta didik dapat dilihat dari dua aspek, yaitu aspek motivasi dan aspek hasil belajar. Teman sebaya dapat menghasilkan motivasi berdampak positif maupun negatif bagi peserta didik. Motivasi positif dari teman sebaya dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, sedangkan motivasi negatif dapat menurunkan motivasi belajar peserta didik. Aspek hasil belajar, teman sebaya dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung, teman sebaya dapat membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran, mengerjakan tugas, dan mempersiapkan diri untuk ujian. Secara tidak langsung, teman sebaya dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik melalui interaksi sosial yang terjadi di antara mereka. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh teman sebaya sebagai sumber belajar peserta didik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dapat dikatakan positif. Namun, pengaruh tersebut dapat bervariasi tergantung pada kualitas hubungan pertemanan antara peserta didik dan teman sebayanya. Hubungan pertemanan yang positif akan memberikan pengaruh yang lebih positif bagi motivasi dan hasil belajar peserta didik.
References
Agustanto, H., Anjani, A., & Ilham, A. (n.d.). PROSIDING SEMINAR NASIONAL MEMBANGUN DESA UNS PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DUSUN DUNGSARI DENGAN METODE BELAJAR TEMAN SEBAYA.
Denok Julianingsih. (2018). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Matematika Melalaui Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Penguasaan Bangun Datar Kelas VI SD Hidayatur Rohman . Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika.
Dwi Fitria, R., Rosra, M., & Mayasari, S. (n.d.-a). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa The Influence of Peers Toward Student’s Learning Motivation.
Dwi Fitria, R., Rosra, M., & Mayasari, S. (n.d.-b). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa The Influence of Peers Toward Student’s Learning Motivation.
Dwi Oktaviani, D. O., & Perianto, E. (2022). Pengaruh dukungan teman sebaya terhadap minat belajar siswa. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 127–134. https://doi.org/10.26539/teraputik.611093
Fadhilah, N., & Mukhlis, A. M. A. (2023). Pengaruh Disiplin Belajar dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 473–481. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4533
Hamzah, F. (2020). HUBUNGAN ANTARA PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 301. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i3.109568
Isnani Rahman. (2021). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di Mts Yapi Pakem Sleman. Social Studies, 14–26.
Julianti, D., Lathifah, Z. K., Mawardini, A., Guru, P., Dasar, S., Islam, A., Bogor, D., Tol, J., No, C., Pos, K., Bogor, C., Zahra, K. :, & Lathifah, K. (n.d.). SLOW LEARNER (STUDI KASUS DI KELAS IV). In Jurnal Sosial Humaniora (Vol. 1, Issue 2). Bulan.
Lathifah Al Khumaero, & Sandy Arief. (2017). PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU, DISIPLIN BELAJAR, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Economic Education Analysis Journal, 698–710.
Nur Cahaya Nasution. (2018). Dukungan Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, 159–174.
Oktasari, M., Solihatun, S., & Monalisa, M. (2018). Kontribusi Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 22–28. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i1.1940
Prastika Damayanti, A., Yuliejantiningsih, Y., & Maulia, D. (2021). Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 163–167. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index
Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502
Santi, N. N., & Khan, R. I. (2019). Pengaruh Dukungan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 4(2), 191. https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i2.13013
Sunarti Rahman. (2021). PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” 289–302.
Trianah, & Pieter Sahertian. (2020). Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sosial dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 7–14.
Yanti, Y. (2017). Economic Education Analysis Journal PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA Info Artikel. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Yuliana Puspitasari, Rahmat Rais, & kiswoyo. (2019). Studi Kasus Tentang Metode Tutor Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3, 177–183.
Yusuf Kurniawan, & Ajat Sudrajat. (2017). PERAN TEMAN SEBAYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MTs (MADRASAH TSANAWIYAH) . SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 1–12.
Copyright (c) 2024 Andri Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.