Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Model Learning Cycle 5E Berbantuan Tutor Sebaya
Keywords: Model Learning Cycle 5E, Tutor Sebaya, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui penerapan model Learning Cycle 5E berbantuan tutor sebaya. Subjek penelitian ini adala peserta didik kelas X-2 SMA Negeri 1 Kuta Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 40 orang. Objek penelitian ini adala aktivitas dan hasil belajar matematika. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu: (a) meningkatnya persentase aktivitas dan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II; (b) terdapat minimal 80% dari jumlah peserta didik aktivitas belajar matematika dalam kategori aktif dan sangat aktif; dan (c) terdapat minimal 75% dari jumlah peserta didik nilainya lebih atau sama dengan 70 dalam kategori tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan: (a) tercapainya peningkatan aktivitas dalam kategori aktif dan sangat aktif pada siklus I sebesar 57,5% menjadi 85% pada siklus II; (b) meningkatnya ketuntasan hasil belajar peserta didik yang pada prasiklus sebesar 20%, pada siklus I meningkat menjadi 55%, dan pada siklus II mencapai 90%. Kesimpulan model Learning Cycle 5E berbantuan tutor sebaya mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik.
References
Budiati, A. (2022). Learning cycle untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA di MTSN 1 Bantul. Science: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1), 68–76. https://doi.org/10.51878/science.v2i1.1033
Hartiningrum, E. S. N., & Nugroho, I. P. (2020). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 131–141. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.9142
Haryanto, H. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). UNY Perss.
Ishak, F. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa SMA Negeri 1 Larompong (studi pada materi pokok ikatan kimia). Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(4), 123–129. https://doi.org/10.58192/populer.v1i4.290
Jaya, I. K. G. P., & Indrayani, L. (2021). Penerapan model pembelajaran learning cycle 5e dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 34–43. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.28425
Lestari, D. A., Suroso, S., & Suharini, E. (2022). Hubungan aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran discovery learning terhadap prestasi belajar mata pelajaran geografi di SMA Negeri 73 Jakarta. Edu Geography, 10(1), 13–17. https://doi.org/10.15294/edugeo.v10i1.38498
Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 609. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673
Prakoso, B. D., Hudallah, N., Arief, U. M., & Purbawanto, S. (2022). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar mahasiswa teknik elektro UNNES pada model pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Edu Komputika Journal, 9(1), 12–17. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v9i1.50955
Pujiastuti, H., & Fitriani, E. (2022). Pengaruh aktivitas dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 195–204. https://doi.org/10.33654/math.v7i3.1351
Putri, D. P. S., Sulistiyono, R., & Widyastuti, N. S. (2020). Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar dengan menggunakan model problem based learning dalam pembelajaran tematik pada peserta didik Kelas V SD Negeri Dayuharjo. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21487
Riadi, A. (2019). Penggunaan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik pada konsep pencernaan di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 28(2), 205–216. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32585/jp.v28i2.348
Rosanti, D. (2018). Penerapan metode pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 1–11. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26773
Suhaimi, S., & Nasidawati, N. (2020). Meningkatkan aktivitas belajar siswa materi bangun ruang menggunakan kombinasi model problem based learning, numbered head together dan course review horay dengan media bangun ruang Kelas V/C SDN Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 74–86. https://doi.org/10.33654/jpl.v15i2.1184
Sumini, S. (2022). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe make a match di SDN 001 Kempas Jaya. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1258–1264. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9076
Susanti, Y., Zohdi, A., & Meiliyadi, L. A. D. (2019). Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e terhadap peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2018/2019. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1), 20–27. https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i2.1791
Wali, G. N. K., Winarko, W., & Murniasih, T. R. (2020). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan penerapan metode tutor sebaya. Rainstek: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2), 164–173. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i2.3574
Copyright (c) 2023 Rupita Widyastiti, I Wayan Widana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.