Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika
Keywords: Berpikir komputasional, Masalah matematika, Mahasiswa
Abstract
Abad 21 ini mengharuskan keterampilan berpikir dan pemecahan masalah dikembangkan dalam proses pembelajaran. Salah satu cara yang bisa diterapkan dalam pemecahan masalah dalam ranah lebih luas adalah dengan berpikir komputasional. Kenyataannya, berpikir komputasional siswa Indonesia masih rendah. Berpikir komputasional dan pembelajaran memiliki kaitan erat. Berpikir komputasional dapat ditingkatkan pada proses pembelajaran. Pendidik harus menyesuaikan pola berpikir peserta didik dengan cara mengajarnya sehingga peserta didik lebih mudah dalam melakukan aktivitas-aktivitas dalam pembelajaran sehingga perlu dilakukan kajian lebih lanjut tentang berpikir komputasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir komputasional mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga mahasiswa dari program studi pendidikan matematika, pendidikan biologi, dan pendidikan fisika. Instrumen penelitian ini adalah peneliti, soal tes untuk mengukur berpikir komputasional mahasiswa, alat rekaman audio, catatan peneliti, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek yang mewakili masing-masing program studi telah memenuhi semua indikator berpikir komputasional, yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan berpikir algoritma. Berdasarkan hasil penelitian, pendidik atau dosen harus membiasakan peserta didik atau mahasiswa untuk menuliskan jawaban di setiap masalah dengan runtut dan sistematis agar konteks masalah maupun penyelesaiannya dapat dipahami dengan benar dan teliti.
References
Agustian, Y., Rusdi, & Susanta, A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Fungsi Komposisi Kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(2), 194–202.
Angeli, C., Voogt, J., Fluck, A., Webb, M., Cox, M., Malyn-Smith, J., & Zagami, J. (2016). A K-6 computational thinking curriculum framework: Implications for teacher knowledge. Educational Technology and Society, 19(3), 47–57.
Ansori, M. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111–126.
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).50-56
Chan, S., Looi, C., & Sumintono, B. (2020). Assessing computational thinking abilities among Singapore secondary students: A Rasch model measurement analysis. Journal of Computers in Education, 8(2), 213–236.
Fitriani, H. N., & Sujadi, A. A. (2017). Analisis Kesalahan mengerjakan Soal Matematika Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 BACIRO Kota Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 171–176.
Jamna, N. D., Hamid, H., & Bakar, M. T. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis SIswa SMP pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3), 278–288.
Kalelioglu, F., Gulbahar, Y., & Kukul, V. (2016). A Framework for Computational Thinking Based on a Systematic Research Review. Baltic Journal of Modern Computing, 4(3), 583.
Kamil, M. R., Imami, A. I., & Abadi, P. A. (2021). Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek pada Materi Pola Bilangan. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 259–270.
Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063
Lestari, S., & Roesdiana, L. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 178–188.
Maharani, A. (2017). Analisis Pengembangan Soal Tes Evaluasi Matematika Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Untuk Siswa Smk Pada Materi Geometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 350.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
N. Christi, S. R., & Rajiman, W. (2023). Pentingnya Berpikir Komputasional dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 5(4), 12590–12598. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2246
Nurbaeti, Nuryanti, S., & Pursitasari, I. D. (2015). Hubungan Gaya Belajar dengan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia di Kelas X SMKN 1 Bungku Tengah. E-Jurnal Mitra Sains, 3(2), 24–33.
Rahmadhani, L. I. P., & Mariani, S. (2021). Kemampuan Komputasional Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika SMP Melalui Digital Project Based Learning Ditinjau Dari Self Efficacy. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 289–297.
Rahman, S. A. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Berpikir Reflektif Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP dengan Pendekatan Open-Ended. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sholichah, A. S. (2018). Teori - Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 07(1), 23–46.
Simanjuntak, E., Armanto, D., & Dewi, I. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 11–17.
Supiarmo, M. G. (2021). Transformasi Proses Berfikir Komputasional Siswa Sekolah Menengah Atas Pada Pemecahan Masalah Matematika Melalaui Refleksi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Supiarmo, M. G., & Turmudi, & S. E. (2021). Proses Berpikir Komputasional Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship Berdasarkan Self-Regulated Learning. Numeracy, 8(1), 58–72.
Wing, J. M. (2017). Computational thinking’s influence on research and education for all Influenza del pensiero computazionale nella ricerca e nell’educazione per tutti. Italian Journal of Educational Technology, 25(2), 7–14.
Yadav, A., Gretter, S., Good, J., & McLean, T. (2017). Computational Thinking in Teacher Education. In Emerging Research, Practice, and Policy on Computational Thinking (pp. 205–220). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-52691-1_13
Yeon Lee, T. (2014). “CTArcade: Computational Thinking with Games in School Age Children. International Journal of Child- Computer Interaction.
Copyright (c) 2024 Puguh Darmawan, Sri Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.