Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga Operasi Bilangan Bulat
Keywords: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa, Media Ular Tangga, Operasi Bilangan Bulat
Abstract
Penelitian ini dilakukan dilatarbelakangi adanya hasil belajar peserta didik yang minim, sehingga penelitian ini dilakukan yang bertujuan untuk meningkatkanmengenai aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui mediapembelajaranular tangga operasi bilangan bulat. Dalam mediapembelajaranular tangga operasi bilangan bulat ini terdapat unsur permainan matematika yang menyenangkan bagi siswa. Hal ini menciptakan kegiatan belajar sambil bermain. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Populasi penelitian melibatkan 21 siswa kelas V SDN Panggungrejo Kota Pasuruandengan cara teknik pengambilan sampel tidak acak Purposive Sampling. Penelitian menggunakan analisis data kualitatif. Teknik pengumpulan data statistik deskriptif dilakukan dengan observasi, dan tes (pretest dan posttest). Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui media ular tangga pada materi matematika operasi bilangan bulat, dilakukan analisis data kualitatif melalui tiga tahap siklus, antara lain pra siklus, siklus I, dan siklus II. Dimanaprasiklus60,30%, siklus I 76,50% dan siklus II 92,80% dalam aktivitas belajarmengalamipeningkatan serta dalam hasil belajar siswa padapra siklus 63,50%, siklus I 78,80%, siklus II 92,60% mengalami peningkatan. Maka, dari hasil penelitian yang sudah dilakukan mendapatkan suatu implikasi bahwa dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga operasi bilangan bulat ini dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi operasi bilangan bulat dengan maksimalpada siswa kelas V SDN Panggungrejo Kota Pasuruan.
References
Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3035
Andri, A., Dores, O. J., & Lina, A. H. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Sdn 01 Nanga Kantuk. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 158–167. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i1.688
Ariyanto, B., Chamidah, A., & Suryandari, S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(16650001), 85-99.
Budiman, A., Suryana, C., Dewi, R. R., Akuntansi, K., Tinggi, P., Srintin, A. S., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Ular Tangga Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 126–138.
Defa, D. (2022). Pengembangan Media Ular Tangga Bilangan Bulat pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 397-410. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.419
Ferryka, P. Z. (2017). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 29(100), 58–64.
Indriani, A., Junarti, J., & Hidayah, U. L. (2020). Penerapan Permainan Ular Tangga pada Operasi Bilangan Bulat Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 57. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.713
Jannah, M., Bahtiar, R. S., & Dayat, T. (2019). Efektifitas Penggunaan Media Ular Tangga Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 1. https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1123
Maisyarah, E., & Firman, F. (2019). Media Permainan Ular Tangga, Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 4(1), 32-38.
Mandasari, N., & Rosalina, E. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1139–1148. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/831
Mu’alimin, & Hari, R. A. C. (2014). Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. Ganding, 44(8), 1–87. http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf
Novitasari, A., & Kristin, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran UTAPSI (Ular Tangga Pintar Edukasi) untuk Meningkatkan Hassil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 789–799. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.821
Nugraheni, N. (2017). Implementasi permainan pada pembelajaran Matematika di sekolah dasar. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 142-149.
Nurussofa, R., & Astuti, H. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 9(1). https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4183
Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran. ALACRITY : Journal Of Education, 2(3), 26–34. http://lpppipublishing.com/index.php/alacrity
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar.
Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi Pembalajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Rizqo, N., Mansur, H., & Mangkurat, U. L. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Instructional Technology J-INSTECH, 1(1), 36–43.
Sri mulyani, N. made, Suarjana, I. made, & Tanggu renda, N. (2018). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 266. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16142
Utami, E., Pangestika, R. R., & Ratnaningsih, A. (2021). Penerapan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Bayan. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 106-113.
Copyright (c) 2024 Aliffillahi Raudhotul Adawiyah Assulton, Andika Setyo Budi Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.