Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbantuan Canva Pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar
Keywords: PowerPoint lnteraktif, canva, Sekolah Dasar, Media Pembelajaran, tematik
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mendeskripsikan media pembelajaran PowerPoint interaktif berbantuan Canva pada pembelajaran Tematik Tema 5 subtema 2 Pembelajaran 6 pada peserta didik kelas II Sekolah Dasar. Pengumpulan data menggunakan wawancara dengan guru kelas dan kuesioner yang diberikan oleh guru yang dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2023. Penelitian ini dilakukan di salah satu SD negeri di Yogyakarta. Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi model ADDIE dengan langkah analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen penelitian berupa kuesioner ahli media terdiri dari 8 indikator, kuesioner untuk ahli materi berjumlah 11 indikator dan juga 10 butir pedoman wawancara untuk guru. Validator terdiri dari ahli media dan ahli materi. Hasil validasi instrumen dihitung menggunakan skala Likert, kemudian hasil skor dihitung persentasenya. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa (1) mengembangkan media pembelajaran PowerPoint interaktif berbantuan Canva pada pembelajaran Tematik Tema 5 subtema 2 Pembelajaran 6 pada peserta didik kelas II Sekolah Dasar berbantuan Canva. (2) Mendeskripsikan hasil dari pengembangan media pembelaajran (3) Media direvisi sesuai dengan saran dan komentar dari ahli media. Hasil validasi di peroleh rata-rata skor 97,65% hal tersebut membuktikan bahwa media pembelajaran PowerPoint Interaktif dengan bantuan Canva memiliki tingkat validitas yang tinggi, sehingga dapat menjadi alternatif media pembelajaran di kelas II sekolah dasar.
References
Enterprise, J. (2021). Desain Grafis dengan Canva. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Ibda, H. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Wayang (Konsep dan Aplikasi). Semarang: CV Pilar Nusantara.
Indriani, N. M. P. S., Dewi, N. K., & Erfan, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Materi Bangun Datar Siswa Kelas III SD Negeri 1 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 516–520.
Kusuma, G. S. (2020). Aplikasi Komputer Dalam Bisnis Microsoft Excel dan Microsoft Power Point. Malang: Ahlimedia Press. Retrieved September 15, 2022
Malawi, I., & Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Jawa Timur: CV AE MEDIA GRAFIKA.
Marlina, Wahab, A., & dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. (Z. Alfuad, Ed.) Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. Retrieved September 14, 2022
Mellenia, C. A., Trisniawati, Muanifah, M. T., & Rhosyida, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media PowerPoint Interaktif terhadap Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III SD Negeri Sumber Jaya. Trihayu, 56–64.
Novandhi, N. K., & Yanuartuti, S. (2020). Bentuk Musik dan Makna Lagu Garuda Pancasila. Jurnal Ekspresi Seni Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 122.
Pramuditya, S. A. (2019). Mudah Membuat Bahan Ajar Matematika Menggunakan Canva. Jakarta: Media Sains Indonesia.
Purba, R., Rofki, I., Purba, S., & dkk. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Putri, H. P., & Nurafni. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3, 3538–3543.
Susanti, A. I. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Toeri dan Praktik. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
Syaiful, A. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Nilai Islami. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11, 12–26.
Yuniastuti. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial Tinjuan Teoritis dan Pedoman Praktis. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. Retrieved September 14, 2022
Zulfiani, & Suwarna, I. P. (2022). Science Education Adaptive Learning System (ScED ALS) Sebagai Media Pembelajaran Sains Berbasis Android. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Copyright (c) 2024 Aisyah Azizatullatifah, Trisniawati, Nelly Rhosyida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.