Integrasi Microsoft Office 365 dengan Kahoot pada Pembelajaran Matematika
Keywords: Kahoot, Microsoft Office 365, Pembelajaran Matematika, Integrasi
Abstract
Era digital ini menuntut guru harus inovatif dan kreatif dalam pembelajaran. Salah satu aplikasi yang digunakan guru SMPN 12 Sinjai dalam pembelajaran adalah office 365. Selain itu, guru matematika mengintegrasikan office 365 dengan aplikasi kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi pemanfaatan aplikasi microsoft office 365 dengan kahoot pada pembelajaran matematika materi bangun ruang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru dan empat orang siswa SMPN 12 Sinjai kelas VIII. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Lembar observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, lembar wawancara digunakan untuk mengetahui secara mendalam tentang pemanfaatan microsoft office 365 yang diintegrasikan dengan kahoot sedangkan dokumentasi digunakan untuk mendokumentasikan proses pembelajaran dan lembar kerja siswa dalam pembelajaran matematika. Analisis data pada penelitian ini adalah proses reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah integrasi fitur microsoft office 365 form dengan platform kahoot dapat memberikan manfaat tambahan dalam pengalaman pembelajaran interaktif di kelas yaitu meningkatkan keterlibatan siswa, memperkaya pengalaman pembelajaran, pengukuran kinerja dan pemahaman, efisiensi administrasi, dan peningkatan kolaborasi.
References
Aziizah, A., Sakti, T. B., & Andriyanto, A. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI MICROSOFT OFFICE 365. Keraton: Journal of History Education and Culture. https://doi.org/10.32585/.v2i2.1158
Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283
Hadijah, H., Pratolo, B. W., & Rondiyah, R. (2020). Interactive game “Kahoot!” as the media of students’ vocabulary assessment. Journal on English as a Foreign Language. https://doi.org/10.23971/jefl.v10i1.1670
Haeruman, L. D., Sovia, A., & Hidajat, F. A. (2023). Meta-Analisis: Pengaruh Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Hexagon: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 52–59.
Hartanti, D. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019.
Irmayanti, I., Musdalifah, A., & Sudirman, P. (2023). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Microsoft Teams Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika IAI Muhammadiyah Sinjai. JTMT: Journal Tadris Matematika, 4(1), 49–55.
Irmayanti, I., Wahyuni, S., & Mirna, M. (2022). EFFECTIVENESS OF OFFICE 365-BASED BLENDED LEARNING TO THE LEARNING OUTCOMES OF SMPN 12 SINJAI STUDENTS. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan 2022.
Ismail, M. A. A., Ahmad, A., Mohammad, J. A. M., Fakri, N. M. R. M., Nor, M. Z. M., & Pa, M. N. M. (2019). Using Kahoot! as a formative assessment tool in medical education: A phenomenological study. BMC Medical Education. https://doi.org/10.1186/s12909-019-1658-z
Komala, E., & Monariska, E. (2023). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Literasi Matematis dan Mereduksi Kecemasan Matematis Siswa. Hexagon: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 68–74.
Licorish, S. A., Owen, H. E., Daniel, B., & George, J. L. (2018). Student perception Kahoot. Research and Practice in Technology Enhanced Learning.
Maulidah, E., Syaf, A. H., Rachmawati, T. K., & Sugilar, H. (2020). Berpikir kritis matematis dengan kahoot. Jurnal Analisa. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8516
Nurhadianti, & Pratolo, B. W. (2020). Students’ perception toward the application of Kahoot! As an assessment tool in EFL class. Universal Journal of Educational Research. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080554
Nurjannah, N., Irmayanti, I., Rahman, H., Islamiah, N., & Heriyanti, A. (2021). Microsoft Office 365 as an Alternative in Online Learning during the Covid-19 Pandemic. https://doi.org/10.4108/eai.18-11-2020.2311806
Rafnis, R. (2019). Pemanfaatan Platform Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan.
Saputra, A. D., & Saddhono, K. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan Microsoft Office Team 365 untuk SMA di masa pandemi. Lingua.
Suprianto. (2018). Perancangan E-Learning Menggunakan Office 365 Dalam Proses Belajar Mengajar. Seminar Nasional Royal.
Supriatna, D., & Karmudiandri, A. (2020). MICROSOFT OFFICE 365 DAN KAHOOT! ALAT BANTU BELAJAR-MENGAJAR YANG MENYENANGKAN BAGI PENGAJAR DAN GENERASI MILENIAL DI ERA PENDIDIKAN 4.0. Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri. https://doi.org/10.47841/adpi.v1i1.30
Copyright (c) 2024 Irmayanti, Mirna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.