Pengelolaan Kelas Guru Sekolah Dasar dengan Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Bilangan Cacah
Keywords: Pengelolaan kelas, strategi pembelajaran berdiferensiasi, bilangan cacah
Abstract
Kegiatan pembelajaran dengan pembagian kelompok belajar sesuai dengan karakteristik siswa menjadi hal yang perlu diperhatikan. Siswa berhak mendapatkan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Untuk itu, perlu adanya penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang mampu memenuhi kebutuhan belajar dengan memperhatikan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa. Namun, kenyataannya strategi pembelajaran berdiferensiasi masih belum diterapkan guru dalam pengelolaan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas oleh guru dengan implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi pada matematika dalam materi bilangan cacah. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Partisipan penelitian ini sebanyak 28 siswa kelas V SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas oleh guru dengan implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat mendukung pembelajaran matematika dengan efektif. Dampak dari penelitian ini adalah siswa mendapatkan kebutuhan belajar sesuai dengan kesiapan, minat, dan profil belajar dalam pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan.
References
Aini, A., & Hadi, A. (2023). Peran guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 208-224. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v2i2.104
Alhafiz, N. (2022). Analisis profil gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913-1922. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i8.946
Andarika, D. Y., & Rofiki, I. (2023). Strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam memenuhi kebutuhan peserta didik. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP), 3(10), Article 5. https://journal3.um.ac.id/index.php/fe/article/view/5553
Aprilia, E. D., Nurfitriya, L., Ningrum, S. C., & Rofiki, I. (2024). Profil Pengajaran Guru Matematika Terhadap Pengelolaan Kelas untuk Siswa SMP pada Materi Bilangan Berpangkat. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 7(2), 171-184. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i2.29140
Azizah, A. N., Arrindha, N., Suwana, C. A., & Rofiki, I. (2024). Profil Pengelolaan Kelas Guru Matematika SMP dengan Sistem Blok pada Materi Teorema Pythagoras. Suska Journal of Mathematics Education, 10(1), 25-38. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v10i1.29146
Azizah, M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A (2023). Analisis kesulitan guru sekolah dasar dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas PGRI Semarang (pp.199-208). https://conference.upgris.ac.id/index.php/snhp/article/view/5003
Djatmika, E. T., & Astutik, P. P. (2023). Learning profile mapping for differentiated instruction implementation. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 10(7), 51-56. https://doi.org/10.20431/2349-0381.1007006
Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 2492-2500. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5113
Fauziyah, S. F., & Rofiki, I. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran di sekolah dasar. WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(01), 14-26. https://doi.org/10.52166/wp.v6i01.6406
Febriani, A. S., Bernadine, N. A., Friyana, S. B. E., & Rofiki, I. (2024). Teaching Profile of Mathematics Teachers on Classroom Management: A Study on Quadratic Equations. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 6(1), 43-54. https://doi.org/10.37058/jarme.v6i1.8904
Firdausy, F. H., Rofiki, I., Zulfaidany, S. N., & Mauladana, R. C. (2023). Profil pengelolaan kelas guru matematika SMA pada materi lingkaran. Journal for Research in Mathematics Learning, 6(4), 373-390. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i4.26335
Gusteti, M. U., & Neviyarni. (20220. Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636-646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Habbah, E. S. M., Husna, E. N., Yantoro., & Setiyadi, B. (2023). Strategi guru dalam pengelolaan kelas yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 18-26. https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.18-26
Harfinda, T., & Armanisah. (2021). Keterampilan guru mengelola kelas: Upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Ibtidaiyah, 1(2), 167-182. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v1i02.699
Harianja, M. M., & Sapri. (2022). Implementasi dan manfaat ice breaking untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324-1330. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15969
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan siswa dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan.35(2). 175-182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10
Jurinih, Suryana, Y., & Ganda, N. (2022). Penggunaan media congklak untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pembagian bilangan cacah di SD. Journal of Elementary Education, 5(6), 1056-1061. https://doi.org/10.22460/collase.v5i6.12267
Kariadinata, R., Juariah, Hidayat, R., & Sugilar, H. (2019). Kemampuan komunikasi dan pengelolaan kelas terhadap hasil dan motivasi belajar matematika siswa. Jurnal Analisa, 5(1), 68-83. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4826
Khotimah, A, K., & Sukartono. (2022). Strategi guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4794-4801. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2940
Maulidia, F. R., & Prafitasari, A. N. (2023). Strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan IPA, 6(1), 55-63. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40019
Mifroh, N. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan implementasinya dalam pembelajaran di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253-262. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/144
Miqwati, Susilowati, E., & Moonik, J. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 30-38. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.4997
Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen pembelajaran sekolah dasar dalam kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39-48. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019
Mukminin, M. N., Amelia, R. P., Haq, R. F., & Rofiki, I. (2023). Profil Pengajaran Guru Matematika terhadap Kemampuan Pengelolaan Kelas Berbasis Rencana Kegiatan Belajar Mengajar (RKBM) pada Materi Pertidaksamaan Rasional. Jurnal Tadris Matematika, 6(2), 291-310. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.2.291-310
Mustaqim, D. A. (2023). Peran pendidikan profesi guru untuk meningkatkan profesionalitas dan kualitas pembelajaran di Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 168-176. https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i02.224
Mutiaramses, M., Neviyarni, S., & Murni, I. (2021). Peran guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 43-48. https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050
Naibaho, D. P. (2023). Strategi pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan pemahaman belajar peserta didik. Journal of Creative Student Research, 1(2), 81-91. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1150
Naufal, H., & Amalia, S. R. (2022). Peningkatan kemampuan literasi matematika siswa di era Merdeka belajar melalui model blended learning. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 3, No. 1, pp. 333-340). https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/885
Parnata, I., Maharani, L. P., Hidayat, L., Pramudia, T. E., & Rofiki, I. (2023). Profil pengajaran guru matematika berdasarkan kemampuan pengelolaan kelas di sekolah menengah pertama. Journal of Mathematics Education, 9(1), 1-14. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i1.19986
Prayitno, L. L., Mutianingsing, N., Lestari, D. A., Rosyidah, A. D. A., & Sumianto, D. (2023). Kesalahan calon guru matematika dalam mengembangkan modul ajar jenjang sekolah menengah.Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika,11(1), 31-46. http://dx.doi.org/10.25139/smj.v11i1.5694
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T.Y. (2019). Analisis faktor rendahnya minat belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Education FKIP UNMA, 5(2), 68-74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14.
Putri, W. A. (2023). Faktor rendahnya minat belajar siswa kelas v sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 2(2), 123-128. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14.
Ratumanan, T. G., & Tetelepta, Y. (2019). Analisis pembelajaran matematika berdasarkan kurikulum 2013 pada SMA Negeri 1 Masohi. Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(1), 25-34. https://doi.org/10.30598/jumadikavol1iss1year2019page25-34
Safrudin, S., & Wijaya, E. (2024). Innovative learning strategies (differentiated learning perspective on Merdeka curriculum). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 10(1), 25-30. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v10i1.6467
Saidah, K., Primasatya, N., Mukmin, B. A., & Damayanti, S. (2021). Sosialisasi peran apersepsi untuk meningkatkan kesiapan belajar anak di sanggar genius yayasan yatim mandiri cabang Kediri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(1), 18-24. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v1i1.16065
Sanjaya, P. A., (2022). Pengembangan pembelajaran sejarah berdiferensiasi menggunakan e-module berbasis book creator. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sosial (Vol. 1, No. 1, pp. 52-60). https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prodiksema/article/view/2056
Saputri, O. W., & Rofiki, I. (2024). Implementasi Model Learning Cycle 7E berbantuan media Prezi dalam pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran pendidikan pancasila di sekolah dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 7(1), 99-110. https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i1.14526
Sari, F. N. (2022). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model problem based learning pada siswa sekolah dasar kelas VI. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 4(2), 492-498. https://ejournal.unisnu.ac.id/jtn/article/view/3782
Sari, A., Miyono, N., & Rahayu, L. P. (2024). Analisis gaya belajar peserta didik untuk mengaplikasikan pembelajaran berdiferensiasi Kelas 1 SD Supriyadi 02 Semarang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 2778-2788. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9779
Sari, M., Rachman, H., Astuti, N. J., Afgani, M. W., & Siroj, R. A. (2023). Explanatory survey dalam metode penelitian deskriptif kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(1), 10-16. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1953
Sarnoto, A. Z. (2024). Model pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Journal on Education, 6(3), 15928-15939. https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5470
Sa’id, M. S. (2021). Kurangnya motivasi belajar matematika selama pembelajaran daring di MAN 2 Kebumen. Jurnal Ilmiah Matematika dan Realistik (JI-MR), 2(2), 7-11. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/1047
Sholeh, M., & Rofiki, I. (2024). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan media teknologi pada materi teks nonfiksi untuk siswa kelas VI sekolah dasar. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 10-23. https://doi.org/10.33474/elementeris.v6i1.21626
Sumar, W. T. (2020). Pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Journal of Educational Management,1(1), 49-59. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i1.105
Suttrisno, & Yulia, N. M. (2022). Pengembangan kompetensi guru dalam mendesain pembelajaran pada kurikulum Merdeka. Journal of Education: Al-Mudarris. 5(1), 30-44. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v5i1.954
Suwandi, F. P. E., Rahmaningrum, K. K., Mulyosari, E. T., Mulyantoro, P., Sari, Y. I., & Khosiyono B, H, V, C. (2023). Strategi pembelajaran diferensiasi konten terhadap minat belajar siswa dalam penerapan kurikulum Merdeka. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 1, pp. 57-66). https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_dikdasUST/article/view/1098
Tanjung, W. M., & Namora, D. (2022). Kreativitas guru dalam mengelola kelas untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. 7(1), 199-217. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9796
Tomlinson, C. A., & Jarvis, J. M. (2023). Differentiation: Making curriculum work for all students through responsive planning & instruction. In Systems and models for developing programs for the gifted and talented (pp. 599-628). Routledge.
Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan. 5(1), 46-57. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p46-57
Copyright (c) 2024 Hayunda Chindya Natory, Imam Rofiki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.