Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK Melalui Model Problem-Based Learning berbantuan Kahoot
Keywords: komunikasi matematis, SMK, problem-based learning, Kahoot
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMK melalui model problem-based learning berbantuan kahoot. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Galuh Pakuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen pembelajaran melalui model problem-based learning sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran menggunakan pembelajaran ekspositori. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah berupa soal tes uraian sebanyak lima soal. Analisis data dilakukan menggunakan software SPSS 23.0 for Windows. Hasil penelitian yaitu peningkatan kemampuan komunikasi matematis pada kelas yang menggunakan model problem-based learning berbantuan kahoot lebih tinggi dari pada kelas yang memperoleh model pembelajaran ekspositori.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Dalam Rineka Cipta.
Arina, J., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMK di Ponpes Nurul Huda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 315–324. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1772
Asmedy, A. (2021). Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran soal terbuka dengan model pembelajaran konvensional. Ainara Journal: Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, 2(2), 45–52. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.36
Bandura, A. (1998). Self-efficacy: The exercise of control. W. H. Freeman.
Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. (2018). Contextual approach using VBA learning media to improve students’ mathematical displacement and disposition ability. Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 012025. https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012025
Firmansyah, E., Mubarika, M. P., & Maulidia. (2020). Implementasi model pembelajaran problem-based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan koneksi matematis serta self-efficacy siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education, 4(1), 51–64.
Graham, K. (2021). Using Kahoot to support active learning. Journal of Instructional Technology and Innovation, 10(2), 21–30.
Herodotou, C., Sharples, M., Gaved, M., Kukulska-Hulme, A., Scanlon, E., & Whitelock, D. (2018). Innovative pedagogies of the future: An evidence-based selection. Frontiers in Education, 3, 113. https://doi.org/10.3389/feduc.2018.00113
Hatta, N., Supriatna, E., & Septian, M. R. (2021). Gambaran self-efficacy siswa di MTS Nurul Hidayah. FOKUS: Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan, 4(5), 89–97. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i5.7866
Kanah, I., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan komunikasi dan kemandirian belajar siswa melalui problem-based learning dan discovery learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–12.
Kadir. (2008). Kemampuan komunikasi matematik dan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2, 22–29.
Licorish, S. A., Owen, H. E., Daniel, B., & George, J. (2018). Students’ perception of Kahoot!’s influence on teaching and learning. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 13(9). https://doi.org/10.1186/s41039-018-0078-8
Lubis, R. N., & Rahayu, W. (2023). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa melalui model pembelajaran problem-based learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(2), 63–74. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i2.23087
Martikasari, K. (2018). Kahoot: Media pembelajaran interaktif dalam era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2018, 181–189. https://doi.org/10.24071/snfkip.2018.19
Mayestika, T. R. (2016). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan koneksi matematis serta self-efficacy siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah [Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia].
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.
Ningrum, R. K. (2016). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan problem-based learning berbasis flexible mathematical thinking. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 77–84.
Plump, C. M., & LaRosa, J. (2017). Using Kahoot! in the classroom to create engagement and active learning: A game-based technology solution for eLearning novices. Management Teaching Review, 2(2), 151–158. https://doi.org/10.1177/2379298116689783
Sari, Y. L. (2020). Pengaruh model problem-based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 7 Pekanbaru [Skripsi, Universitas Islam Riau].
Sari, C. P., & Soesanto, R. H. (2022). Penggunaan media pembelajaran Kahoot sebagai pendorong kemampuan komunikasi matematis siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 11–20.
Sritresna, T. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence Siswa Melalui Model Pembelajaran Cycle 7E. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3). https://doi.org/10.31980/
mosharafa.v6i3.330
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta. Dalam Alfabeta.
Trihatun, S., & Jailani. (2019). Relationship between self-efficacy and mathematical connection ability of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1), 012058. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012058
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Widiyana, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfacation) terhadap Peningkatan Hasil Belajar KKPI pada Siswa Kelas X SMK Negri 1 Pedan. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.
Wahyugi, R., & Fatmariza. (2021). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3).
Copyright (c) 2025 Azriel Ahmad Muzammil, Taufik Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.