Pengaruh Disposisi Matematis dan Kecerdasan Linguistik terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis
Keywords: Disposisi matematis, kecerdasan linguistik, kemampuan komunikasi matematis, regresi linear
Abstract
Beberapa penelitian sebelumnya menyatakan bahwa disposisi matematis berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Begitu pula kecerdasan linguistik membantu peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini mengkaji ada tidaknya pengaruh disposisi matematis dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan komunikasi matematis. Instrumen berupa tes untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis dan angket untuk mengukur disposisi matematis serta kecerdasan linguistik. Instrumen tes diuji melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda sedangkan instrumen angket melalui uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode survei korelasi kausal dengan sampel sebanyak 50 peserta didik kelas VII SMPN 2 Guntur Kabupaten Demak dengan teknik cluster random sampling. Materi yang digunakan adalah Persamaan Linear Satu Variabel dengan metode analisisnya yaitu regresi linier berganda. Dari analisis yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa secara serentak disposisi matematis dan kecerdasan linguistik berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis. Kedua variabel prediktor tersebut mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis sebesar 45,9%. Dengan demikian, guru dapat menyampaikan kepada peserta didik pentingnya mengimplementasikan indikator disposisi matematis dan kecerdasan linguistik seperti memotivasi peserta didik untuk berani dan percaya diri bertanya ketika pembelajaran sehingga kemampuan komunikasi matematis peserta didik akan semakin baik.
References
Allen, B., & Wilder, S. J. (2003). Mathematics Education Explore the Culture if Learning. Routledge Taylor & Prancis Group.
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.438
Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Arimie, C. O., Biu, E. O., & Ijomah, M. A. (2020). Outlier Detection and Effects on Modeling. 7, 1–30. https://doi.org/10.4236/oalib.1106619
Cochran, W. (1977). Sampling Techniques. John Wiley and Sons Inc.
Diningrum, P. R., Farahdillah, A., & Azhar, E. (2018). Hubungan Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII di SMP Negeri 24 Jakarta. Prosiding SENAMKU: Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas UHAMKA.
Draper, N. R., & Smith, H. (1998). Applied_Regression Analysis. John Wiley & Sons, Inc.
Fernandes, H. J. (1984). Evaluation of educational program. National Education Planning, Evaluating and Curriculum Development.
Gardner, H., & Zaimur, Y. A. (2013). Multiple Intelligences. Daras Book.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gwelo, A. S. (2019). Principal Components To Overcome Multicollinearity Problem. Oradea Journal of Business and Economics, 4(1), 79–91. https://doi.org/10.47535/1991ojbe062
Ismail, F. (2018). STATISTIKA Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial (M. Astuti, Ed.; 1st ed.). Penerbit Kencana.
Ismawati, Y., Intan Ramadhani, D., Jamaliyah, R., Eka Hafizhaenusa Rachmat, R., Fina Hanifa Hidayati, dan, Fina Hanifa, dan, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, F., & Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (2021). Hubungan antara Disposisi Matematis dengan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 4(1). https://doi.org/10.29300/equation.v4i1.3962
Kamid, Huda, N., Syafmen, W., Sufri, & Sofnidar. (2021). The relationship between students ’ mathematical disposition and their learning outcomes. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(3), 376–382. https://doi.org/10.11591/edulearn.v15i3.17604
Kamid, K., Rusdi, M., Fitaloka, O., Basuki, F. R., & Anwar, K. (2020). Mathematical communication skills based on cognitive styles and gender. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(4), 847. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20497
Liana, T. W. (2021). Profil Komunikasi Matematika Siswa dengan Kecerdasan Linguistik dalam Memecahkan Masalah Ditinjau dari Jenis Kelamin. MATHEdunesa, 9(3), 589–594. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n3.p589-594
Mulia, D. U., Masykur, R., & Widyastuti, R. (2021). DESIMAL : JURNAL MATEMATIKA Students ’ mathematical communication skills by applying the round club type of cooperative learning model in terms of linguistic intelligence. 4(1), 101–112. https://doi.org/10.24042/djm
NCTM. (2000). Principles and Standard for School Mathematics. The Council, Inc.
Nisa, E. K. (2022). Penentuan Saham Syariah Terbaik Melalui Pendekatan Peramalan. SQUARE : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 4(1), 27–42. https://doi.org/10.21580/square.2020.4.1.11229
Noer, H. (2019). Desain Pembelajaran Matematika. Graha Ilmu.
Ontario, M. E. (2020). The Ontario Curriculum Mathematics. Ontario Ministry Education. https://www.edu.gov.on.ca/eng/document/curricul/elementary/math1-8e.pdf
Pangesti, A. T., & Soro, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Ditinjau Dari Disposisi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1769–1781. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.709
Pine, G. J. (2009). Teacher Action Research. Sage.
Rahma, S., Fadilah, N., Ratnaningsih, N., & Prabawati, M. N. (2022). Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kecerdasan linguistik. 1(2), 182–188. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/kongruen
Rapsanjani, D. M., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa. 1(September), 481–492.
Sa’adah, S., & Zanthy, L. S. (2019). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa SMP. Journal on Education, 1(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.181
Schmidheiny, K. (2021). The Multiple Linear Regression Model 1. An Introduction to Statistical Methods and Data Analysis Sixth Edition, 664–762.
Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.
Sugiarti, D. (2024). Analysis Of Students’ Mathematical Communication Skills Based On Verbal-Linguistic Intelligence In Solving Linear Program Problems. Eduvest-Journal of Universal Studies, 4(7), 6094–6107. http://eduvest.greenvest.co.id
Susongko, P. (2010). Perbandingan Keefektifan Bentuk Tes Uraian dan Teslet dengan Penerapan Graded Response Model (GRM). Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).
Tong, D. H., Uyen, B. P., & Van Anh Quoc, N. (2021). The improvement of 10th students’ mathematical communication skills through learning ellipse topics. Heliyon, 7(11), e08282. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08282
Widhiarsi, D., & Sugiyo. (2022). Pengaruh Kecerdasan Linguistik dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Menyimak Berita. 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.54622/fahima.v1i1
Copyright (c) 2024 Eka Uryaningsih, Eva Khoirun Nisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.