Pengaruh Tingkat, Kekuatan, dan Generalitas dalam Efikasi Diri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX SMPN 2 Labakkang
Keywords: Tingkat efikasi diri, kekuatan efikasi diri, generalitas efikasi diri, kemampuan pemecahan masalah matematika
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat, kekuatan, dan generalitas dalam efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX SMPN 2 Labakkang. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Labakkang, Kabupaten Pangkajene tahun ajaran 2024/2025, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas IX dengan memilih 64 siswa menjadi sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Data diperoleh melalui instrumen yaitu angket tingkat efikasi diri, kekuatan efikasi diri, generalitas efikasi diri dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat, kekuatan, dan generalitas dalam efikasi diri siswa berada pada kategori rendah, sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berada pada kategori sedang; (2) tingkat efikasi diri mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; (3) kekuatan efikasi diri mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; (4) generalitas efikasi diri mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; dan (5) tingkat, kekuatan, dan generalitas dalam efikasi diri secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.
References
Al-Bantani, M. R. (2022). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Universitas Lampung.
Alifia, N. N., & Rakhmawati, I. A. (2018). Kajian Kemampuan Self Efficacy Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(1), 44-54. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/26024/18242
Abubakar, N. M., & Purniati, T. (2024). Pengaruh Self Efficacy terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMK pada Sistem Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Jendela Matematika, 2(2), 112-120. https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/789/250
Andriana, I., & Leonard. (2016). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika: 539-548, Jakarta, 5 Agustus 2017: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI.
Amaliyah, F., Hermawan, J. S., & Sari, D. P. (2023). Pengaruh Self Efficacy terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5482-5490. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9967/4281
Aswin. (2018). Pengaruh Efikasi Diri, Kecerdasan Emosional, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Kelas IX IPA. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Jurnal Kreatif- Inovatif, 11(1), 110-117. https://journal.unnes.ac.id/nju/kreano/article/view/23601
Fitriandari, dkk. (2019). Kemampuan Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi Segiempat Berdasarkan Self Efficacy Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untan Pontianak.
Helsa, & Lidiawati, K. R. (2021). Peran Self Efficacy Terhadap Student Engament Pada Mahasiswa Dalam Pandemi Covid 19. Jurnal Psibernetika, 12(2), 83-93. https://journal.ubm.ac.id/index.php/psibernetika/article/view/2887/2179
Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 24-30. chromeextension://kdpelmjpfafjppnhbloffcjpeomlnpah/https://media.neliti.com/media/publications/301745-hubungan-self-efficacy-siswa-smp-dengan-c097b68e.pdf.
Kurniawati, K. (2019). Pengaruh Model Pemebelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif dan Self Efficacy Siswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.
Khotimah, N. H., Khoirunnisa, A., & Bilda, W. (2020). Pengaruh Self Efficacy Siswa SMP terhadap Pemecahan Masalah Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Edukasi dan Sains, 2(2), 285-291. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/913
Kholivah, I., Suhendri, H., & Leonard. (2020). Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Instructional Development Research, 1(2), 75-80. https://eduresearch.web.id/index.php/jidr/article/view/21/8
Lasilolo, H. J. (2018). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186-202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67
Marampa, E. R. (2021). Peran Orang Tua dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Kerohanian Peserta Didik. SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(2), 100-115. https://e-journal.sttsabdaagung.ac.id/index.php/sesawi/article/view/46/71
Nurwahda. (2023). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik SMP. Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
Nurrindar, M., & Wahjudi, E. (2021). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Keterlibatan Siswa Melalui Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 140-148. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/39403
Purba, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX SMK Melalui Pembelajaran Kontekstual. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 42-49. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/1932
Pratiwi, V. D. (2021). Hubungan Self Efficacy dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Dalam Mengerjakan Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sandya, S., & Siti, S. (2021). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Academic Stress saat Pandemi. Jurnal Penelitian Psikologi, 8 (7), 166-177. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/42321
Sebayang, S., & Sembiring, J. (2017). Pengaruh Self Esteem dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Karyawan Studi Kasus di PT. Finnet Indonesia. e-Proceeding of Management, 4 (1), 335-345.
Senthamarai, K., Sivapragasam, C., & Senthilkumar, R. (2016). A Study on Problem Solving Ability in Mathematics of IX Standard Students in Dindigul District. International Journal of Applied Research, 2(1), 797-799. chrome-extension://kdpelmjpfafjppnhbloffcjpeomlnpah/https://www.allresearchjournal.com/archives/2016/vol2issue1/PartL/2-1-3.pdf
Shufa, A. I., & Darmawanti, I. (2022). Hubungan Persepsi Dukungan Sosial dengan Efikasi Diri Siswa Sekolah "X" di Jawa Timur. Jurnal Penelitian Psikologi, 8 (9), 179-188. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/download/48040/40096/89675
Somawati. (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6 (1), 39-45. https://www.researchgate.net/publication/326035567_Peran_Efikasi_Diri_Self_Efficacy_terhadap_Kemampuan_Pemecahan_Masalah_Matematika
Subaidi, A. (2016). Self Efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. SIGMA, 1 (2), 64-68. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/68
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Schunk, D. H.,& DiBenedetto, M. K. (2020). Self-efficacy and Human Motivation. Elsevier Ltd.
Suryani, L., & Lestari, W. (2023). Literasi Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Efikasi Diri Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika V (Sandika V): 26-35, Pekalongan, 6 Desember 2023: Universitas Pekalongan.
Syawahid, M. (2019). Mathematical Literacy in Algebra Reasoning. International Journal of Insights for Mathematics Teaching, 2(1), 33-46. https://www.academia.edu/91278926/Mathematical_Literacy_in_Algebra_Reasoning
Tirtarahardja, U., & Sulo, L. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Copyright (c) 2025 Nasrullah Nasrullah, Rida Hikmah Ramadhani S, Ilham Minggi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.