Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Indikator PISA dan Kemampuannya Memecahkan Masalah Deret Aritmatika
Keywords: literasi matematika, indikator PISA, pemecahan masalah , deret aritmatika
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kemampuan literasi matematika siswa kelas X yang didasarkan pada indikator PISA (Level 1-6) dan kemampuannya memecahkan masalah deret aritmatika. Tujuan penelitian dicapai menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sampel terdiri dari 3 siswa yang dipilih secara cluster random sampling dari populasi siswa dalam satu kelas yang berjumlah 21 siswa. Setiap sampel mewakili kelompok siswa dengan kategori kemampuan matematika tinggi (tinggi (S1); sedang (S2), dan; rendah (S3). Data diambil menggunakan instrumen Tes Kemampuan Literasi Matematis dan melalui wawancara. Indikator untuk mengukur kemampuan literasi matematis siswa mengajc pada indikator dalam PISA. Tahapan penelitian yang dilakukan: (1) proses pembelajaran; (2) tes kemampuan literasi matematis; (3) analisis jawaban tes dan wawancara, dan; (4) analisis data dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan mengikuti prosedur dari Milles & Hubberman. Kesimpulan yang didapatkan: siswal (S1) mencapai indikator level 1-6; siswa (S2) memenuhi level 1-4, dan; siswa (S3) hanya mencapai indikator Level 1-2
References
Alfillaili, E., & Iffah, J. D. N. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Masalah. Conference on Research and Community Services, September, 231–240. https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/CORCYS/article/view/1631/1363
Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad 21. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/download/19603/9527
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3 (3rd ed.). Bumi Aksara.
Hapsari, T. (2019). Literasi Matematis Siswa. Euclid, 6(1), 84–94. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1885
Kemendikbudristek. (2023). Laporan PISA 2022 Kemendikbudristek. https://balaibahasariau.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2023/12/LAPORAN-PISA-KEMENDIKBUDRISTEK.pdf
Kholid, M. N., Rofi’ah, F., Ishartono, N., Waluyo, M., Maharani, S., Swastika, A., Faiziyah, N., & Sari, C. K. (2022). What Are Students’ Difficulties in Implementing Mathematical Literacy Skills for Solving PISA-Like Problem? Journal of Higher Education Theory and Practice, 22(2), 181–200. https://doi.org/10.33423/jhetp.v22i2.5057
Kurniawati, L., Miftah, R., Kadir, & Muin, A. (2021). Literasi Matematis Konteks Keislaman (Implementasi Pada Siswa Madrasah/Sekolah Islam). In S. J. Insani (Ed.), Sustainability (Switzerland) (Pertama, Vol. 11, Issue 1). CV.Insan Cendekia Mandiri.
Ma’ruf, A. H., Triyono, A., Riaseh, A. G., Nuary, R. H., Permatasari, N., & Saleh, R. R. M. (2024). Correlation Between Mathematical Literacy Abilities and Students ’ Mastery of Problem Solving Abilities. 10(November), 295–308. https://doi.org/10.30595/alphamath.v10i2.24175
Malawi, I., & Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik (Kosep Dan Aplikasi). CV AE Media Grafika.
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.662
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing Valid Meaning from Qualitative Data: Toward a Shared Craft. Educational Researcher, 13(5), 20–30. https://doi.org/10.3102/0013189X013005020
Muslimah, H., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(1), 36–43. https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.30000
Natsir, I., & Munfarikhatin, A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Multiple Intelegence Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 273–283. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3384
Novalia, E., & Rochmad, F. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Kreatif pada Pembelajaran Synectics Materi Bangun Ruang Kelas Viii. Ujmer: Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 225–232. https://journal.unnes.ac.id/sju/ujmer/article/view/20601/9776
OECD. (2019). PISA 2021 Creative thinking framework: Third draft. OECD. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA-2021-creative-thinking-framework.pdf
OECD. (2021). PISA 2022 Mathematics Framework. https://pisa2022-maths.oecd.org/ca/index.html
OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia PUBE. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.
Pirmanto, Y., Farid Anwar, M., & Bernard, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Barisan dan Deret dengan Langkah-langkah Menurut Polya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 371–384. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.371-384
Rosana, A., Ma’ruf, A. H., & Triyono, A. (2024). Analysis of student errors in solving trigonometry questions. Proceedings of the 3rd International Conference on Education (ICE 2024), 3, 63–73. https://doi.org/10.31949/th.v9i1.9548
Santoso, R. M., & Setyaningsih, N. (2020). Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Hots Bentuk Aljabar Berdasarkan Kemampuan Matematika. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, 62–71. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/knpmp/article/view/1892
Silaban, A. M., Simbolon, K., & Lumbantoruan, J. H. (2022). Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Barisan dan Deret Aritmatika. Brillo Journal, 1(2), 95–101. https://doi.org/10.56773/bj.v1i2.14
Sulfayanti, N. (2023). Kajian Literatur: Faktor dan Solusi untuk Mengatasi Rendahnya Literasi Matematis Siswa. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(04), 382–388. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.590
Utomo, M. F. W., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 185–193. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25569
Wassalwa, M., & Deliyanti, Y. (2023). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Deret Aritmatika dan Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31604–31610. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12162
Wulandari, M., & Setiawan, W. (2021). Analisis kesulitan dalam menyelesaikan soal materi barisan pada siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 571–578. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.571-578
Copyright (c) 2025 Ageng Triyono, Arie Purwa Kusuma, Dede Istiani, Maulana Yusuf

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.