Efektivitas Penggunaan LKPD Berbasis Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Barisan dan Deret
Keywords: LKPD berbasis pembelajaran aktif, barisan dan deret aritmatika, pemahaman konsep
Abstract
Siswa sering menghadapi kesulitan dalam memahami dan menganalisis soal cerita pada materi barisan dan deret aritmatika, sehingga pemahaman konsep matematika mereka belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan LKPD berbasis pembelajaran aktif dalam meningkatkan pemahaman konsep barisan dan deret aritmatika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, dengan populasi seluruh siswa kelas XI dan sampel penelitian kelas XI IPA 1 yang diberikan perlakuan berupa LKPD berbasis pembelajaran aktif. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep yang dilaksanakan melalui prosedur pretest, perlakuan, dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep siswa setelah diterapkannya LKPD berbasis pembelajaran aktif, terutama dalam menganalisis soal cerita terkait barisan dan deret aritmatika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pembelajaran aktif efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dan dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang interaktif serta menyeluruh di sekolah.
References
Adawiyah, R., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik Melalui E-LKPD dengan Bantuan Aplikasi Google Meet. Jurnal Basicedu, 5(5), 3393–3398. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1339
Aditya, P. T. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web untuk Materi Lingkaran pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika Statistika dan Komputasi, 15(1), 64. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis terkait Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. 3.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (Eds.). (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. New York: Longman.
Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 157–166. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166
Dwi Ummu, A. & Herlina Usman. (2023). Analisis Kebutuhan Guru Dan Siswa Terhadap Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Ipa Berbasis Liveworksheet Dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(3), 156–165. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i3.2562
Firtsanianta, H., & Khofifah, I. (2022). Efektivitas E-LKPD Berbantuan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.
Fitriani, N., Hidayah, I. S., & Nurfauziah, P. (2021). Live Worksheet Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra: Meningkatkan Abstraksi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4526
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh dalam Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika ketika Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Indriani, S., Marhaeni, N. H., & Kurniati, R. (2022). Efektivitas Penggunaan E-LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Segiempat dan Segitiga. 6.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kemendikbud Ristek.
Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Penggunaan Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep MahasiswaDoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Lestari, L., & Surya, E. (2017). The Effectiveness Study of Realistic Mathematics Education Approach on Ability of Students’ Mathematical Concept Understanding. International Journal of Sciences, 34(1).
Mulyasa, E. (2017). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Menyusun Sebuah LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis Pembelajaran Aktif. Ar-Ruzz Media.
Rhosyida, N., Muanifah, M. T., Trisniawati, T., & Hidayat, R. A. (2021). Pengoptimalan Penyesuaian Penilaian dengan Liveworksheet pada Flipped Classroom Di SD. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 5(1), 568–578. https://doi.org/10.30738/tc.v5i1.9749
Rohmah, M. (2022). Pemanfaatan Google Classroom dengan bantuan Liveworksheets untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA pada Materi Kemagnetan Siswa SMP. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 16–26. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.951
Sartika, N. S. (2019). Penerapan Bahan Ajar Trigamaster Untuk Menghindari Mind In Chaos Siswa Pada Pokok Bahasan Trigonometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 78–84. https://doi.org/10.35706/sjme.v3i2.1710
Suendarti, M. (2017). The effect of learning discovery model on the learning outcomes of natural science of Junior High School Students Indonesia. International Journal of Environmental and Science Education, 12(10),
Sutisna, A. P., & Subarjah, H. (2016). Meningkatkan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Tematik dengan RME. 1(1).
Syafitri, R. A. & Tressyalina. (2020). The Significance of Electronic Student Worksheets (E-LKPD) in Contextual Teaching and Learning (CTL) for Writing Descriptive Texts During the COVID-19 Pandemic: Proceedings of the 3rd International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2020).The 3rd International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2020), Padang, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201109.048
Wijayanti, N., Arigiyati, T. A., Aulia, F., & Widodo, S. A. (2021). Development of E-Worksheet on Linear Equations and Inequalities Topics Based on Tri-N. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), 245-260.
Copyright (c) 2025 Riswandi Hasibuan, Almira Amir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.