Efektivitas Pembelajaran Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Siswa SDI Nurul Mushthofa
Keywords: Efektivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Snowball Throwing
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran snowball throwing dalam meningkatkan pemahaman matematika pada siswa kelas IV di SDI Nurul Mushthofa. Metode kualitatif deskriptif digunakan untuk mendalaminya, dengan fokus pada teknik analisis konten dan observasi langsung. Ini memberikan wawasan tentang bagaimana pembelajaran interaktif ini mempengaruhi hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui lembar kerja peserta didik dan observasi interaksi kelas, yang memungkinkan peneliti untuk secara langsung mengamati dan mengevaluasi proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model snowball throwing berhasil menciptakan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar matematika. Siswa menunjukkan kemajuan dalam pemahaman konsep dan keterampilan analitis yang lebih baik. Lebih penting lagi, model ini memfasilitasi interaksi yang lebih intensif dan aktivitas kreatif di antara siswa, yang secara langsung berkontribusi pada pembelajaran yang lebih dinamis dan mendalam. Temuan ini menegaskan bahwa model snowball throwing, dengan penekanan pada pembelajaran kolaboratif dan partisipatif, merupakan strategi efektif untuk memperkaya pengalaman pembelajaran matematika. Ini tidak hanya mendukung pengembangan hasil belajar siswa secara keseluruhan tetapi juga meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar, membuat mereka lebih terlibat dan antusias dalam menjelajahi materi matematika.
References
Alamuddin, A., & Munawaroh, M. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2), 163–173.
American Psychological Association. (2010). Ethical principles of psychologists and code of conduct. American Psychological Association.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Firdaus, A. M. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 61.
Freeman, S., et al. (2014). Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics. Proceedings of the National Academy of Sciences, 111(23), 8410-8415.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66, 64-74.
Hasanah, E. N., Busnawir, B., & Ndia, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Amal Pendidikan, 2(2), 160.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1999). Learning Together and Alone: Cooperative, Competitive, and Individualistic Learning. Boston, MA: Allyn and Bacon.
Laal, M., & Ghodsi, S. M. (2012). Benefits of collaborative learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31, 486-490.
Merriam, S. B. (2009). Qualitative research: A guide to design and implementation. Jossey-Bass.
Mentari, P. (2018). Pengaruh Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V. Skripsi, Universitas Islam Negeri, Sumatra Utara.
Nurul Fatimah, et al. (2010). Penerapan Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Fisika Kelas VII SMPN 20 Pekanbaru. Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Riau, Riau.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice. Sage publications.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Kandaga, T., Dahlan, T., gardenia, N., Darta, & Saputra, J. (2021). A lesson study to foster prospective teachers’ disposition in STEM education. Journal of Physics: Conference Series 1806 (1), 012107
Kandaga, T. (2024). Pemahaman Konsep Matematika Siswa MTs dalam Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4 (1), 57-67
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Yuli, A. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Snowball Throwing Melalui Pemanfaatan Prized Chart terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 11 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika UNION, 2(3), 221-225.
Copyright (c) 2024 Frety Isyra Aini, Miftahul Khoiri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.