Efektivitas Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Keliling Bangun Datar dengan menggunakan Kertas Origami di Kelas IV SD Kartika 1-10 Kota Padang
Keywords: hasil belajar, bangun datar, origami, sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih bersifat teacher center. Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan kecepatan yang sangat tinggi, sehingga dengan perkembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapat informasi. Dengan berkembangnya teknologi dan informasi juga berpengaruh terhadap media pembelajaran. Media pembelajaran yang biasanya digunakan oleh guru berupa kertas origami. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan kertas origami yang efektif dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dapat digolongkan ke dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan metode quasi experiment. Penelitian ini si laksanakan pada siswa kelas IV SD Kartika 1-10 Kota Padang. Intrumen penelitian ini dikembangkan untuk menilai keefektifan penggunaan kertas origami pada pembelajaran matematika. Analisis efektifitas dilakukan dengan uji paired t-test untuk penilaian signifikansi antara sebelum penggunaan media dan setelah penggunaan media. Analisis dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 16. Hasil dari penelitian didapatkan efektivitas hasil belajar matematika siswa sesudah menggunakan kertas origami efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD Kartika 1-10 Kota Padang.
References
Arsad, A. (2005). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo.
Daryanto. (2012). Penelitian Pendidikan. UPI.
Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar The Effect of Video Media on Learning Motivation and Cognitif Learning Outcomes in Natural Science Subject of the Fifth Grade Students of Elem. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21.
Mahmud. (2008). PenelitianTindakan Kelas. Bandung: Tsabita.
Mulyono, A. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.
Muhsetyo, G. (2019). Pembelajaran Matematika SD. Tanggerang Selatan: Universitas Uerbuka.
Muliyardi.(2003). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Padang: FMIPA Pengertian matematika. [Online] Tersedia di: https://id.wikipedia.org/wiki/Matematika. (Terakhir diakses: 20 Mei 2021).
Nasution. (1994). Teknologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer (mengembangkan profesionalisme guru abad 21. Bandung : Alfabeta.
Suherman, E. (2003).Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
Sadiman, A.S. (2007). Media Pendidikan :pengertian, pengembangan, dan pemanfaatan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (1989). Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar.
Sadiman, S. (2008). Media Pendidikan. PT Raja Grafindo Press.
Salam, R. (2014). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Komunikasi Matematis Siswa SMAN 9 Makassar. Jurnal Nalar Pendidikan. 2.
Suharsimi, A. (2009). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.
Saifullah, I. & T. Z. (2017). Realitas Konsep Pendidikan Humanisme dalam Konteks Pendidikan Islam. Jurnal Edukasi, 74(1 SUPPL.), 96–113. https://doi.org/10.1097/00001888-199901001-00046
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video: Rendahnya motivasi belajar siswa kelas Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187– 200.
Syamsul, N. (2002). Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis dan Praktis. Ciputat Press.
Wardhani, IGAK. (2017). Penelitian Tindakanakan Kelas.Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Wiyartimi. (2020). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Materi Trigonometri Rumus-Rumus Segitiga di Kelas X SMA Negeri 50 Jakarta. Jurnal Matematika, 9.
Copyright (c) 2024 Lili Rismaini, Wienda Gusta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.