Pengembangan LKPD Materi Harga Jual dan Harga Beli dengan Konteks Islami Untuk Mengetahui Hasil Belajar Peserta Didik
Keywords: LKPD, Harga Jual dan Harga Beli, Konteks Islami
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Materi Harga Jual dan Harga Beli dengan Konteks Islami yang valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Design Research tipe Development Study. Metode penelitian pengembangan yang terdiri dari dua tahapan yaitu preliminary (tahap persiapan atau pendesainan) dan tahap prototyping menggunakan alur formative evaluation yang terdiri dari tahap self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII salah satu SMP IT di Palembang, Sumatera Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Penelitian ini telah menghasilkan LKPD LKPD Materi Harga Jual dan Harga Beli dengan Konteks Islami yang valid dilihat dari komentar dan saran dari validator melalui lembar validasi. Kemudian menghasilkan LKPD Materi Harga Jual dan Harga Beli dengan Konteks Islami yang praktis dengan melihat lembar komentar dan saran peserta didik pada tahap one-to-one, small group, dan field test. Kemudian telah menghasilkan LKPD Materi Harga Jual dan Harga Beli dengan Konteks Islami yang terdapat efek potensialnya terhadap hasil belajar peserta didik.
References
Andita, S., Septy, L., Nizar, H., & Nery, R. S. (2020). Validitas soal matematika tipe PISA konteks covid-19. Jurnal Of Education in Mathematics, Science, and Technology, 3(2), 89–100. https://doi.org/10.30631/jemst.v3i2.38
Dila, O. R., & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1). https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3036
Fitriza, R., Putra, M. S., & Samad, D. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERWAWASAN AL-QUR’AN DAN BUDAYA MINANGKABAU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3212
Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. In Depdiknas Jakarta.
Hikmah, A., Ilmi, A. N., Jannah, M., Lestari, T., Zahra, Z., & Imamuddin, M. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Integrasi Nilai-Nilai Islam Pada Tingkat SMP. KOLONI, 2(2), 213–219.
Jannah, R. D., Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2019). Soft tennis and volleyball contexts in asian games for PISA-like mathematics problems. Journal on Mathematics Education. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5248.157-170
Loka, D., Arifin, S., & Nizar, H. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pendekatan Open ended. JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology), 5(2), 45–55. https://doi.org/10.30631/jemst.v5i2.78
Muafi’i, M. Q., & Merliza, P. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berkonsep Islam Pada Materi Garis Dan Sudut. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(2). https://doi.org/10.46306/lb.v3i2.133
Nizar, H. (2021). Konteks pencak silat pada soal matematika tipe PISA. Jurnal Cendekia, 5(3), 2826–2835. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.980
Nizar, H., Putri, A. D., & Septy, L. (2022). Islamic Context on PISA-Like Mathematics Problem in Junior High School. Jurnal Didaktik Matematika, 9(2). https://doi.org/10.24815/jdm.v9i2.26315
Nizar, H., Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2018a). Developing PISA-like mathematics problem using the 2018 asian games football and table tennis context. Journal on Mathematics Education, 9(2), 183–194. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5246.183-194
Nizar, H., Putri, R., & Zulkardi. (2018b). PISA-like mathematics problem with karate context in asian games. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012063
Pamungkas, P., Rizki, S., & Vahlia, I. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Disertai Nilai-Nilai Islam. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.24127/emteka.v1i1.373
Riyanto, B., Zulkardi, Putri, R. I. I., & Darmawijoyo. (2018). Mathematical modeling in realistic mathematics education. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012049
Salamah, N., Khabibah, S., & Saraswati, S. (2020). Validitas Pengembangan Lkpd Berbasis Pbl Bermuatan Islami Pada Materi Trigonometri Kelas X. Ejournal.Unwaha.Ac.Id, 06(02).
Sari, I. P. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Karakter Islami Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Di Kelas Iii Mis An-Najah. TAFAHHAM, 1(2). https://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/tafahham/article/view/239
Satiti, Wisnu Siwi, dkk. (2021). LKPD Kontekstual Berbasis Pondok Pesantren untuk Menunjang Pemahaman Peserta Didik pada Materi Aritmatika Soal. Exact Papers in Compilation, 3(2).
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56
Shalikhah, M. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Smp Negeri 3 Pleret Pada Materi Aritmatika Sosial. Academy of Education Journal, 10(01). https://doi.org/10.47200/aoej.v10i01.270
Sobarningsih, N., Juariah, J., Nurdiansyah, R., Purwanti, A. R., & Kariadinata, R. (2019). Pengembangan soal matematika bernuansa Islami. Jurnal Analisa, 5(2), 109–123. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5895
Tessmer, M. (1993a). Merencanakan dan Melakukan Evaluasi formatif Memperbaiki Kualitas Pendidikan dan Pelatihan (Pertama). Kogan Page.
Tessmer, M. (1993b). Planning and conducting formative evaluations: Improving the quality of education and training. In Planning and Conducting Formative Evaluations. Kogan Page.
Yansen, D., Putri, R. I. I., Zulkardi, & Fatimah, S. (2019). Developing PISA-like mathematics problems on uncertainty and data using asian games football context. Journal on Mathematics Education. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5249.37-46
Zulfah, Z. (2018). Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD Berbasis PBL untuk Materi Matematika Semester 1 Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.57
Zulkardi. (2003). Developing a learning environment on realistic mathematics education for indonesian student teachers. Thesis University of Twente, Enschede. - With Refs. - With Summary in Ducth ISBN 90 365 18 45 8 Subject.
Zulkardi. (2006). Formative evaluation: what, why, when, and how. http://www.oocities.org/zulkardi/books.html.
Copyright (c) 2023 Harisman Nizar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.