Pengaruh Pendekatan Deep Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Murid pada Materi Matriks Berkonteks Perjalanan Wisata
Keywords: Deep Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Matriks, Perjalanan Wisata
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh pendekatan deep learning terhadap kemampuan berpikir kritis murid pada materi matriks dengan konteks perjalanan wisata. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pembelajaran bermakna yang tidak hanya berfokus pada pencapaian akademik, tetapi juga pada pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 30 murid kelas XI SMK dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus. Data dikumpulkan melalui angket Skala Likert dan tes berpikir kritis berdasarkan indikator Ennis. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan layak dan dapat dipercaya. Uji normalitas dan linearitas menunjukkan data berdistribusi normal dan terdapat hubungan linear antara pendekatan deep learning dengan kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis regresi menunjukkan nilai R² sebesar 0,084, yang mengindikasikan bahwa pendekatan deep learning memberikan kontribusi sebesar 8,4% terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis murid. Penelitian ini merekomendasikan agar guru menerapkan pendekatan pembelajaran mendalam berbasis konteks agar proses pembelajaran menjadi lebih relevan, aplikatif, dan mampu menumbuhkan keterampilan berpikir kritis murid secara optimal.
References
Anggraini, N. P., Siagian, T. A., & Agustinsa, R. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal berbasis AKM. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 4(1), 58–78. https://doi.org/10.15408/ajme.v4i1.25325
Aprilia, D., Kintoko, & Siswanto, D. H. (2025). Effectiveness of the scramble learning model on students’ ability to understand mathematical concepts. Contemporary Education and Community Engagement, 1(2), 64–73. https://doi.org/10.12928/cece.v1i2.1282
Aziz, A., & Zakir, S. (2025). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SDN 1 Wulung, Randublatung, Blora. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 451–457. https://doi.org/10.31004/irje.v5i1.1950
Bintang, Y. K., & Imaduddin, H. (2024). Pengembangan model Deep Learning untuk deteksi retinopati diabetik menggunakan metode transfer learning. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 9(3), 1442–1455. https://doi.org/10.29100/jipi.v9i3.5588
Dolapcioglu, S., & Doğanay, A. (2022). Development of critical thinking in mathematics classes via authentic learning: An action research. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 53(6), 1363–1386. https://doi.org/10.1080/0020739X.2020.1819573
Efendi, R., Siswanto, D. H., & Saputra, S. A. (2025). Deep Learning approach to teaching multiplication concepts using coin media: Classroom ction research in Elementary School. Jurnal Padamu Negeri, 2(2), 87–97. https://doi.org/10.69714/xaewmx28
Ennis, R. H. (1993). Critical Thinking Assessment. Theory Into Practice, 32(3), 179–186.
Facione, P. a. (2011). Critical thinking: What it is and why it counts. In Insight assessment.
Fitriana, E., Siswanto, D. H., & Hanama, A. (2025). The impact of thematic worksheet-assisted meaningful learning implementation on students’ mathematical concept understanding and metacognitive skills. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah Dan Pesantren, 4(02), 54–67. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v4i02.788
Hanama, A., Kristiawan, Y., Siswanto, D. H., & Syah, A. B. P. D. A. F. (2024). Program market day sebagai stimulus untuk mengembangkan karakter kewirausahaan murid sekolah dasar. MURABBI, 3(2), 62–70. https://doi.org/10.69630/jm.v3i2.39
Hanipah, S. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(2), 264–275.
Kholid, M. N., Mahmudah, M. H., Ishartono, N., Putra, F. G., & Forthmann, B. (2024). Classification of students’ creative thinking for non-routine mathematical problems. Cogent Education, 11(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2394738
Kintoko, & Siswanto, D. H. (2024). Effectiveness of the Cool-Critical-Creative-Meaningful (3CM) Learning Model on Enhancing Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 23–29. https://doi.org/10.26486/jm.v9i1.4522
Kintoko, Siswanto, D. H., & Yogyanto, N. (2025). Empowering teacher pedagogical competencies through the implementation of deep learning approach training. JOELI: Journal of Educational and Learning Innovation, 1(2), 170–179. https://doi.org/10.72204/z95z8b98
Musa’ad, F., Ahmad, R. E., Sundari, S., & Hidayani, H. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1481–1487. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3361
Sayangan, Y. V., Una, L. M., & Beku, V. Y. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 757–766.
Sghir, N., Adadi, A., & Lahmer, M. (2023). Recent advances in Predictive Learning Analytics: A decade systematic review (2012–2022). In Education and Information Technologies (Vol. 28, Issue 7). Springer US. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11536-0
Siswanto, D. H., Alghiffari, E. K., & Setiawan, A. (2024). Analysis of electronic student worksheets matrix requirements using a PBL flipbook model to stimulate critical thinking skills. Asian Journal of Assessment in Teaching and Learning, 14(1), 36–44. https://doi.org/10.37134/ajatel.vol14.1.4.2024
Siswanto, D. H., & Andriyani. (2024). Examining students’ critical thinking skills in addressing contextual matrix problem withn the tourism travel planing context. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 8(2), 88–98. https://doi.org/10.22373/jppm.v8i2.23094
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, E. A., Pisriwati, S. A., Siswanto, D. H., & Syah, A. B. P. D. A. F. (2024). Pelatihan Assembler Edu: Meningkatkan Keterampilan Guru pada Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pengabdian Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Pancasakti, 1(1), 7–16.
Suryatama, H., Rozaq, R. R., Purwanti, & Siswanto, D. H. (2024). Efektivitas pendekatan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan literasi numerasi siswa. MURABBI, 3(2), 125–138. https://doi.org/10.69630/jm.v3i2.48
Tarigan, E. F., Nilmarito, S., Islamiyah, K., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2022). Analisis Instrumen Tes Menggunakan Rasch Model dan Software SPSS 22.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 92–96. https://doi.org/10.15294/jipk.v16i2.30530
Wahyuni, N., Alam, S. R., Alghiffari, E. K., & Siswanto, D. H. (2024). Harnessing TikTok for learning: Examining its impact on students’ mathematical numeracy skills. Journal of Professional Teacher Education, 02(02), 48–56. https://doi.org/10.12928/jprotect.v2i2.945
Copyright (c) 2025 Deny Hadi Siswanto, Kintoko, M.M. Endang Susetyawati , Eni Fitriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.