JOURNAL EDITOR


()

About the Journal

IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Informasi adalah jurnal nasional yang dapat diakses publik yang diterbitkan dan dikelola oleh Jurusan Ilmu Komunikasi dan Informasi, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP) Universitas Terbuka sejak tahun 2021, baik untuk internal maupun eksternal. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, setiap bulan Juli dan Januari. Jurnal ini berisi hasil penelitian, pemikiran kontemporer, kajian teoretis, maupun kajian kritis yang meliputi beberapa ranah kajian sebagai berikut:

1. Ilmu Komunikasi

Penelitian komunikasi yang terkait isu-isu strategis atau terkini yang meliputi (1) Komunikasi Strategik dan Kreatif: segala hal yang terkait dengan bidang hubungan masyarakat (public relations), penyiaran, periklanan, dan marketing communication dan (2) Kajian Media dan Budaya: segala hal yang terkait dengan media baru (new media), sosial media (social media), literasi, digitalisasi, dan representasi budaya.

2. Perpustakaan

Penelitian yang terkait tentang literasi, pemanfaatan media teknologi informasi dan komunikasi yang berhubungan dengan pemrosesan, manipulasi, inovasi, pengelolaan (information management), perkembangan (ICT for development), information security management.

3. Kearsipan

Penelitian dengan isu-isu terkini yang berkaitan dengan masalah kearsipan, profesional arsiparis, pengelola arsip, pemanfaatan teknologi informasi kearsipan, sumber informasi kearsipan, informasi perawatan layanan informasi kearsipan, manajemen rekod, manajemen arsip, manajemen informasi dan dokumentasi.

ISSN: (Online) | ISSN: (Printed)