Penerapan Wordwall sebagai Strategi Inovatif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tematik Siswa Kelas IV SD
Keywords: wordwall, motivasi belajar, pembelajaran tematik, strategi inovatif
Abstract
Permasalahan rendahnya motivasi belajar siswa sekolah dasar masih menjadi tantangan signifikan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan Wordwall sebagai media pembelajaran digital interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar tematik siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dan melibatkan 28 siswa kelas IV SD Negeri 2 Slamet sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket motivasi berdasarkan indikator ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam indikator motivasi belajar siswa, baik dari segi perhatian, keterlibatan aktif, maupun rasa percaya diri dan kepuasan terhadap proses belajar. Peningkatan skor angket dari 68,5 pada siklus I menjadi 82,3 pada siklus II menunjukkan efektivitas strategi ini. Dengan demikian, Wordwall dapat direkomendasikan sebagai media pembelajaran inovatif yang mampu menciptakan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa sekolah dasar.
References
Astuti, P., & Widiyanti, I. (2020). Peningkatan Minat Belajar Siswa melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 45-52.
Deterding, S., Dixon, D., Khaled, R., & Nacke, L. (2011). From game design elements to gamefulness: Defining "gamification". In Proceedings of the 15th International Academic MindTrek Conference: Envisioning Future Media Environments (pp. 9-15). ACM. https://doi.org/10.1145/2181037.2181040
Herlina. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 135-142.
Hidayati, N., & Priyono, H. (2020). Pengaruh penggunaan gamifikasi dalam pembelajaran terhadap interaksi sosial siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pendidikan, 4(1), 25-32.
Iskandar, S., & Rahmawati, D. (2020). Strategi pembelajaran berbasis teknologi untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 80-88.
Keller, J. M. (1987). Development and use of the ARCS model of instructional design. Journal of Instructional Development, 10(3), 2-10.
Keller, J. M. (2010). Motivational Design for Learning and Performance: The ARCS Model Approach. Springer.
Lee, J. J., & Hammer, J. (2011). Gamification in Education: What, How, Why Bother? Academic Exchange Quarterly, 15(2), 146.
Nurcahyo, A., & Maharani, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Wordwall terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 45–52.
Siregar, M., & Sihombing, H. (2023). Efektivitas media digital interaktif dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(2), 33–41.
Sulistyo, G. H., & Pramudibyanto, H. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukatif untuk meningkatkan minat belajar siswa SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 47-56.
Sulistyo, H., & Pramudibyanto, H. (2020). Penggunaan Media Game Edukatif untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 123–130.
Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.
Wahyuni, S. (2019). Gamifikasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3), 201-210.
Widodo, A. (2022). Efektivitas Media Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterlibatan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(3), 157–165.
Yuliana, R., & Hidayat, T. (2020). Pengaruh media pembelajaran berbasis teknologi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(1), 15–25.
Zainuddin, Z., & Perera, C. J. (2019). Exploring students’ competence, autonomy and relatedness in the flipped classroom pedagogical model. Journal of Further and Higher Education, 43(1), 115-126. https://doi.org/10.1080/0309877X.2017.1356916
Copyright (c) 2025 Hafiski Luthfinuddin Isnanda, Suryadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.