Strategi Inovatif SD Muhammadiyah 1 Surakarta dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Modern
Keywords: Era modern, Kualitas pendidikan, Sekolah Dasar, Strategi inovatif
Abstract
Kualitas pendidikan Indonesia masih jauh dalam mencapai standar pendidikan internasional. Peningkatan mutu dan kualitas pendidikan harus menjadi prioritas utama dalam era perkembangan teknologi yang pesat. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi inovatif yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah 1 Surakarta dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Surakarta. Subjek penelitian ini ialah Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan di SD Muhammadiyah 1 Surakarta untuk meningkatkan kualitas pendidikan ialah metode IRB (Identifikasi, Refleksi, Benahi) sebagai langkah terstruktur untuk menemukan dan memperbaiki aspek yang membutuhkan perbaikan. Strategi ini mencakup perencanaan jangka pendek hingga jangka panjang dengan melibatkan semua pihak terkait, serta berfokus pada tiga aspek utama: peningkatan mutu pembelajaran, penyediaan layanan yang sesuai kebutuhan, dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman.
References
Anjani, R., & Mashudi, E. A. (2024). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Orang Tua Dan Guru. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 110–127. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i2.1246
Ardhiya, A., Audina, R., Ramadani, K. L., Kalijaga, S., Islamic, S., Kalijaga, S., Islamic, S., Kalijaga, S., Islamic, S., & Author, C. (2022). Peran Konselor Dalam Mewujudkan Berkualitas Menuju Sdgs 2030. Proseding IOIGC, 2(1), 176–187.
Arizqi, A. I. P., Asih Rahayu, & Musthofa. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Guru di SMP Al-Farisi Tapos Bogor. LITERASI: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 2(2), 110–119. https://doi.org/10.58218/literasi.v2i2.603
Asbari, M., Purwanto, A., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., Kusumaningsih, S. W., Yanthy, E., Putra, F., Winanti, W., Imelda, D., Pramono, R., & Bernarto, I. (2020). Rapor Pendidikan Indonesia: Quo Vadis Kualitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 67.
Bagja, W., Stkip, S., Bogor, M., Kunci, K., Prasana, S., & Sekolah, D. (2020). Hubungan Sarana Prasarana Sekolah Dengan Motivasi Mengajar Guru Di Sma Negeri Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Edutecno, 22(1), 1–19.
Efriyanti, R., Arafat, Y., & Wahidy, A. (2019). Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1317–1328.
Fauzi, A., Rahayu, R. P., Khair, H., & Maulita, Y. (2023). Pelatihan Perencanaan Berbasis Data Pada Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah Dan Guru Menggunakan Metode Indentifikasi, Refleksi Dan Benahi (Irb) Secara Daring. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat METHABDI, 3(2), 170–174. https://doi.org/10.46880/methabdi.vol3no2.pp170-174
Febriyani, E., Tantimin, Fitri, W., Silviani, N. Z., Hutauruk, R. H., Jaya, F., & Fatihah, N. (2024). Menanamkan Nilai Integritas melalui Penyuluhan Hukum untuk Mencegah Dosa Besar di Sekolah. Sang Sewagati Journal, 2(1), 31–44.
Garnika, E., Rohiyatun, B., & Najwa, L. (2021). Implementasi Analisis Swot dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(2), 162–169. https://doi.org/10.31539/alignment.v4i2.3031
Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020, 0, 1–14. https://prosiding.iahntp.ac.id
Husni, F., & Wahyudiati, D. (2022). Relevansi Manajemen Strategik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Daya Saing di Sekolah Dasar. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 34–47. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i1.2796
Kim, D. (2015). A Study on the Class of Education that Builds Students’ Character Through Films – Classes at the University of Liberal Arts. Journal of Digital Convergence, 13, 309–314. https://doi.org/10.14400/JDC.2015.13.2.309
Mahanipuna, A. (2023). Pembelajaran Kolaboratif dalam Mata Pelajaran Matematika: Studi Kasus pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Dunia Ilmu, 3(2), hal 3.
Miftakhul Muthoharoh. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 26(1), 21–32. http://www.e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tasyri/article/view/66
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=3CNrUbTu6CsC
Muharam, S. (2023). Urgensi Infrastruktur Pendidikan Sebagai Wajah Peradaban Baru Ibu Kota Negara Indonesia Menuju Generasi Emas 2045. Journal Education Innovation E-ISSN, 1(1), 106–113. https://jurnal.ypkpasid.org/index.php/jei
Mulyati, M. (2019). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan Dalam Menumbuhkan Peminatan Anak Usia Dini Terhadap Pelajaran. Alim | Journal of Islamic Education, 1(2), 277–294. https://doi.org/10.51275/alim.v1i2.150
Noperman, F. (2022). INOVASI PEMBELAJARAN: dari ide kreatif di kepala sampai praktik inovatif di kelas.
Nudin, B. (2020). Konsep Pendidikan Islam Pada Remaja di Era Disrupsi Dalam Mengatasi Krisis Moral. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 63. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).63-74
Nur Efendi, & Muh Ibnu Sholeh. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25
Nurhadi, A. (2018). Manajemen Laboratorium Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 1. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.832
Nuryani, D., & Handayani, I. (2020). Kompetensi Guru Di Era 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 10 Januari 2020, 224–237.
PISA. (2024). PISA 2022 Results (Volume III): Creative Minds, Creative Schools, PISA. Factsheets, I, 1–9. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en%0Ahttps://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country-notes/germany-1a2cf137/
Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309–3321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030
Puspita, Tyas Chandra, Giska Nur Azkiya, I. F. R. (2024). Analisis Strategi SD Negeri 2 Cibunigeulis Kota Tasikmalaya dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era Disruptif. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(5), 291–300. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jirs.v1i5.1353
Rabiah, S. (2019). MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN Management of Higher Education in Improving the Quality of Education. Jurnal Sinar Manajemen, 6(1), 58–67. http://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JSM
Ridwan, M., AM, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427
Sulastini, R., Irnawati, R., Stefanie, S., Yanti, D., Oktri, Y., & Ruyatus, S. (2024). Analisis Keterkaitan Rencana Operasional Pendidikan dan Standarisasi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di SD Negeri Citungku Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang Analysis of the Relationship between Educational Operational Pl. Jurnal PARAMAEDUTAMA, 1(4), 305–316.
Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian.
Wiryany, D., Natasha, S., & Kurniawan, R. (2022). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perubahan Sistem Komunikasi Indonesia. Jurnal Nomosleca, 8(2), 242–252. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v8i2.8821
Copyright (c) 2025 Achmad Januar Arifin, Hammam Rafi Abidin, Calista Amalia Setiaji, Masayu Putri Maharendra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.