Manajemen Berbasis Sekolah dalam Membumikan Moderasi Beragama di SD Saraswati 6 Denpasar
Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah, Membumikan , Moderasi Beragama
Abstract
Kasus intoleran menjadi tantangan serius bagi dunia pendidikan untuk mempertahankan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk menjawab tantangan tersebut, Sekolah Dasar Saraswati 6 Denpasar menjadi sekolah yang berusaha membumikan Moderasi Beragama lewat sistem Manajemen Berbasis Sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menelaah penerapan Manajemen Berbasis Sekolah tersebut, dalam membumikan Moderasi Beragama di lingkungan sekolah. Rumusan masalah pada penelitian ini yang ingin dijawab, mengarah kepada esensi Manajemen Berbasis Sekolah, Pembumian Moderasi Beragama, dan implikasi keduanya dalam menumbuhkembangkan Konsep Moderasi Beragama di SD Saraswati 6 Denpasar. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, diiringi dengan pola pendekatan naturalistik. Berdasar atas sumber data primer dan sekunder, pengolahan data diimbangi dengan analisis data dari pendekatan Miles and Huberman. Temuan utama penelitian ini menunjukkan bahwa, SD Saraswati 6 Denpasar dengan Manajemen Berbasis Sekolah yang optimal mampu membumikan Moderasi Beragama lewat kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler secara inovatif. Konklusinya mengarah kepada implikasi positif dalam mengembangkan indikator Moderasi Beragama di lingkungan sekolah.
References
Abraham, A. B., Rahmah, F., Mirani, A. N., Nurlanda, B. Y., Imani, P. S., & Satino, S. (2022). Penangkalan Radikalisme di Era Digital dalam Kehidupan Bermasyarakat melalui Nilai-Nilai Bela Negara. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 866–874. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2643
Afif, M. M., Mahfud, H., & Ardiansyah, R. (2023). Analisis Pembelajaran Intrakurikuler dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 11(5), 1. https://doi.org/10.20961/ddi.v11i5.77303
Agustina, I. O., Juliantika, J., Saputri, S. A., & Putri N, S. R. (2023). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pembinaan dan Pengembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 86–96. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2001
Aksa, & Nurhayati. (2020). Moderasi Beragama berbasis Budaya dan Kearifan Lokal pada Masyarakat Donggo di Bima. Jurnal Harmoni, 19(2), 338–352. https://doi.org/https://doi.org/10.32488/harmoni.v19i2.449
Anggraini, W. D., Syam, F., Hasan, A., & Astri, E. (2024). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(5), 5804–5811. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i5.7549
Anwar HM, M. (2018). MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Alternatif Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah). Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 17(2), 601. https://doi.org/10.30863/ekspose.v17i2.117
Aulia, N., & Albina, M. (2025). Esensi Komitmen terhadap Nilai-Nilai Kebangsaan. Media Hukum Indonesia (MHI), 2(5), 2023–2026. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.14643504
Dantes, N. (2023). Metode Penelitian. CV. Andi.
Desnita, D., & Salminawati, S. (2024). Penguatan Moderasi Beragama melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas Madrasah Ibtida’iyah Swasta. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 356–363. https://doi.org/10.29210/1202424269
Fajri, A., Dewi, R. S., Nurhasanah, A., & Setiawan, S. (2024). Implementasi Program Kokurikuler Spelling Bee Competition sebagai Penunjang Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 184–196. https://doi.org/10.21009/jpd.v14i2.41920
Gaffar, A., Amir, A. M., & Akbar, A. (2022). Tracking Religious Moderation Discourse Content on Student’s Final Paper in Indonesian Islamic Higher Education. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 20(3), 279–291. https://doi.org/10.32729/edukasi.v20i3.1460
Haidir, Suhendra, I., Gistituati, N., & Hadiyanto. (2024). Inovasi Manajemen Berbasis Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 371–384. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15268
Handoko, A. (2019). Analisis Kejahatan Terorisme Berkedok Agama. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 6(2), 155–178. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i2.11041
Haq, A. M., Sujarwanto, S., & Hariyati, N. (2023). Manajemen Inovasi Pendidikan dalam Perspektif Sekolah Efektif. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 861–876. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i4.2870
Hasibuan, S. M. (2022). Dasar Penerapan Serta Prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management, 2(2), 27–35. https://doi.org/10.61456/tjiec.v2i2.21
Junindra, A., Nasti, B., Rusdinal, R., & Gistituati, N. G. (2022). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 10(1), 88–94. https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i1.124
Kamal, A. K., & Maknun, L. (2023). Implementasi Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 8(1), 52–63. https://doi.org/10.22437/gentala.v8i1.21938
Khoiruddin. (2023). Moderasi Beragama dalam Kearifan Lokal pada Masyarakat Pesisir Barat Provinsi Lampung. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 3(1), 76–91. https://doi.org/10.32332/moderatio.v3i1.5865
Kusumawati, I., Hidayat, R., & Widiasih, W. (2023). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5849–5857. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10172
Lestari, I., Anggraini, H. I., & Maisyaroh, M. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pendidikan Saat Ini. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 171–177. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i3.1239
Muhamad, H. (2024). Peningkatan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan. Advances In Education Journal, 1(2), 121–125. https://doi.org/https://journal.al-afif.org/index.php/aej/article/view/42
Nahdiyah, U., Imron, A., & Sumarsono, R. B. (2023). Manajamen Kegiatan Intrakurikuler, Kokurikuler Dan Ekstrakurikuler Dalam Upaya Meningkatkan Students Well-Being. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 8(2), 169–178. https://doi.org/10.18860/jmpi.v8i2.22499
Normah, N., Rukmana, I. S., & Kemala, P. D. (2020). Penguatan Nilai-nilai Pancasila di Era Disrupsi pada Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 117–129. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.29030
Nusa, S., & Theedens, Y. M. (2022). Membangun Sikap Moderasi Beragama yang Berorientasi pada Anti Kekerasan Melalui Dialog. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4208–4220. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2789
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017. Tentang Hari Sekolah
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017. Tentang Penguatan Pendidikan Karakter
Putri, E. D. (2022). Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah: Dampak Serta Penanganannya. Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian, 10(2), 24–30. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/kgr.v10i2.6263
Ratih, K., Srijono, D., Laksono, G. Y., Dewi, A. K., Jusup, B., Fitriyani, F., Hasanah, A. U., Farida, K., Pramesti, M. E., Styaningsih, N. P., Darojati, S. M., & Mirwanti, W. (2020). Penguatan Nilai dan Karakter Nasionalisme melalui Lagu Wajib Nasional di MI Muhammadiyah Tanjungsari, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 75–78. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10793
Riani, N. M., Segara, I. N. Y., & Putrawan, I. N. A. (2024). Manifestations of Religious Moderation Practices by Confucians and Hindus in Catur Village. Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 8(2), 195–206. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/vidyottama.v8i2.3577
Rifaldi, & Gagaramusu, Y. B. M. (2024). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SDN 1 Sindue Tobata. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education (JCIEE), 2(2), 109–120. https://doi.org/https://doi.org/10.33830/jciee.v2i2.9558
Saifuddin, L. H. (2023). Moderasi Beragama: Tanggapan atas Masalah, Kesalahpahaman, Tuduhan, dan Tantangan yang Dihadapinya. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
Santika, R., & Dafit, F. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6641–6653. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5611
Setiabudi, W., Paskarina, C., & Wibowo, H. (2022). Intoleransi di Tengah Toleransi Kehidupan Beragama Generasi Muda di Indonesia. SOSIOGLOBAL: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 7(1), 51–64. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jsg.v7i1.29368
Setiyawan, S. A. (2023). Menjaga Nilai Persatuan dan Kesatuan Bangsa di Tengah Polemik Pandemi Covid. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 11(1), 87–91. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jmpppkn.v5i2.5063
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Tanod, M. J., Diswantika, N., & Iasha, V. (2019). Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 13–27. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11262
Tim Penyusun. (2022). Profil Sekolah SD Saraswati 6 Denpasar. SD Saraswati 6 Denpasar.
Wangsanata, A. S., Yani, S., & Hasani, S. (2022). Penanaman Moderasi Beragama bagi Siswa Sekolah Dasar Menuju Indonesia Bebas Criminal Terrorism pada Tahun 2045. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(2), 243–262. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i2.175
Wani, A. S., Yasmin, F. A., Rizky, S., Syafira, S., & Siregar, D. Y. (2024). Penggunaan Teknik Observasi Fisik dan Observasi Intelektual Untuk Memahami Karakteristik Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3737–3743. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12974
Copyright (c) 2025 I Dewa Gede Darma Permana Dewa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.