IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SDN 1 SINDUE TOBATA
Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah, sekolah dasar, sumber daya manusia
Abstract
Manajemen Berbasis Sekolah Secara bahasa berasal dari tiga kata, yaitu manajemen, berbasis, dan sekolah. Manajemen adalah proses menggunakan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran. Berbasis memiliki kata dasar basis yang berarti dasar atau asas. Sekolah adalah lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat untuk menerima dan memberikan pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kemandirian sekolah dalam memenuhi ketersediaan tenaga pendidik dan kependidikan sudah tercukupi, dan kemandirian sekolah dalam memenuhi ketersediaan sarana dan prasarana sudah tercukupi dan memadai, kemitraan/kerjasama sekolah sudah baik, hal ini dilihat hubungan internal sekolah sudah terjalin dengan baik melalui raker, brifieng dan MGMP. Implementasi manajemen berbasis sekolah di SDN 1 sudah sesuai dengan tahap-tahap kegiatan yaitu: Kemandirian sekolah dalam memenuhi ketersediaan tenaga pendidik dan kependidikan sudah tercukupi, dan kemandirian sekolah dalam memenuhi ketersediaan sarana dan prasarana sudah tercukupi dan memadai, kemitraan/kerjasama sekolah sudah baik.
References
Aedi, N. (2016). Dasar-dasar manajemen pendidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Afandi, S. A., & Anwar, K. (2017). Governability Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar Negeri 18 Pekanbaru Tahun 2013-2015 (Doctoral dissertation, Riau University).
Asmani, J. M. M. (2012). Tips Aplikasi Manajemen Sekolah. Jogyakarta: Diva Pres.
Barlian, I. (2013). Manajemen berbasis sekolah menuju sekolah berprestasi. Jakarta: Erlangga.
Center for Public Mental Health. (2017). Buku Panduan Program Sekolah Sejahtera. Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta.
Gagaramusu, Y. (2014). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Kegiatan Praktek Lapangan Mata Kuliah Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Dikdas, 2(1).
Haris, I. (2016). Perspektif Pengembangan Sekolah Seutuhnyadalam Konteks Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Hasbullah. (2006). Otonomi pendidikan: kebijakan otonomi daerah dan implikasinya terhadap penyelenggaraan pendidikan. RajaGrafindo Persada.
Hutabarat, W. (2015). Implementation of school based management in Indonesia (affecting work motivation, job-satisfaction, and teacher job-performance). International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 22(2), 428-440.
Ibrahim Bafadal. (2013). Panduan Replikasi Manajemen Berbasis Sekolah di sekolah Dasar, Buku III. (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, 2013), h. 10
MAHMUD, I. (2001). Implikasi Undang-undang Nomor 25 Tahun 1999 terhadap struktur penerimaan daerah Propinsi Maluku Utara (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).
Minarti, S. (2011). Manajemen sekolah: mengelola lembaga pendidikan secara mandiri. Yogyakarta: Ar-ruzz media, 24.
Mulyasa, E. (2007). Menjadi kepala sekolah profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013.
Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Pemerintah, P. (2005). Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. (2007). Nomor 24. Standarr Sarana dan Prasarrana Sekolah/Madrasah Pendidikan Umum. Jakarta: Meterri Pendidikan Nasional.
Priyanto, E. (2019). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MIN 8 BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Pulungan, D. Z., & Mudjiran, M. (2022). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah pada SD Negeri. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 2481-2487
Ridha, M. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah Berorientasi Pelayanan Publik: Teori dan Implementasinya.
Rizal, R., Wilade, S. J., & Herlina, H. (2020). Peningkatan Inovasi Layanan Pendidikan Melalui Implementasi Manajemen Grid Di Sekolah Dasar. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 43-53.
Rohiat, R., & Pd, M. (2010). Manajemen sekolah: Teori dasar dan praktik. Bandung: Refika Aditama.
Sagala, S. (2008). Manajemen berbasis sekolah dan masyarakat: strategi memenangkan persaingan mutu. Nimas Multima.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Suharno. 2009. Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar bagi Para Calon Guru. Surakarta: UNS Press.
Suhermanto, S., & Anshari, A. (2018). Implementasi TQM terhadap Mutu Institusi dalam Lembaga Pendidikan. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 107-113
Sunu, I. G. K. A., & Arya, G. K. (2014). Studi Kebijakan Nasional Kajian Terhadap Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 11.
Suprihatiningrum, J. (2013). Guru profesional: pedoman kinerja, kualifikasi & kompetensi guru. Ar-Ruzz Media.Sudjana Nana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Bandung.
Winanda, F. I. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah Menengah Atas Al Kautsar Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Copyright (c) 2025 Rifaldi024 RIFALDI, Yusdin Bin M. Gagaramusu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.