Implementasi pembelajaran PPKn berbasis permainan tradisional pada mahasiswa PGSD

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33830/jhce.v1i1.5778.

Keywords:

Civic Education Learning, Traditional Games, Local Wisdom

Abstract

Pembelajaran yang inovatif dan menarik melalui penggunaan permainan tradisional dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan hal yang perlu dilakukan dalam membangun karakter dan identitas yang kuat. Atas dasar hal itu, kajian ini bertujuan untuk menelaah pengimplementasian pembelajaran PPKn berbasis permainan tradisional pada mahasiswa di jurusan PGSD Universitas Negeri Medan. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan PGSD yang terdiri atas empat kelas, pada setiap kelas terdapat 40 mahasiswa. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, menampilkan data, dan verifikasi data. Hasil kajian menunjukkan bahwa permainan tradisional terbukti dapat meningkatkan rasa persatuan, saling menghargai, serta mewujudkan permainan yang adil dan beradab. Selain itu, implementasi permainan tradisional ini selaras dengan nilai-nilai Pancasila sehingga dapat membangun karakter dan jati diri mahasiswa berupa cinta tanah air dan mengingat kebudayaan Indonesia.

References

Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375

Adrianto, S. (2019). Peranan pendidikan sebagai transformasi budaya. Stikomcki, 12(1), 14–19. http://jurnal.stikomcki.ac.id/index.php/cos/article/view/54

Alhudawi, U., & Malihah, E. (2020). Kearifan lokal aktivitas masyarakat Hindu Bali sebagai sumber belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 241-251. https://doi.org/10.17977/um019v5i2p241-251

Anggita, G. M. (2019). Eksistensi permainan tradisional sebagai warisan budaya bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59

Ardhani, M. Della, Utaminingsih, I., Ardana, I., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Gema Keadilan, 9(2), 81-92. https://doi.org/10.14710/gk.2022.16167

Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat. (2019). Larik balok, permainan tradisional yang unik dan menyenangkan. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditkma/lari-balok-permainan-tradisional-yang-unik-dan-menyenangkan/

Efendi, A. (2014). Implementasi kearifan budaya lokal pada masyarakat adat Kampung Kuta sebagai sumber pembelajaran IPS. Sosio Didaktika, 1(2), 1-8.

Festiawan, R., Kusuma, I. J., & Febriani, A. R. (2020). Pengembangan permainan Pecah Piring Sintren: Pemanfaatan olahraga tradisional pada pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(5), 37–45.

Juairiah., Yunus, Y. & Djufri. (2014). Pembelajaran berbasis lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman spermatophyta. Jurnal Biologi Edukasi, 6(2), 83–88.

Junaidi. & Hodriani. (2023a). Implementasi desain pembelajaran PPKn berbasis ICT pada post pandemic. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 10(1), 23–32.

Junaidi. & Hodriani. (2023b). Problematika pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Sibolga (Studi kasus masa pandemi covid-19). Pancasila and Civics Education Journal (PCEJ), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.30596/jcositte.v1i1.xxxx

Kurniati, T., & Wiyani, N. A. (2022). Pembelajaran berbasis information and communication technology pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 182. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.41411

Kurniawan, A. W. (2019). Olahraga dan permainan tradisional. Wineka Media.

Muslihin, H. Y., Respati, R., Shobihi, I., & Shafira, S. A. (2021). Kajian historis dan identifikasi kepunahan permainan tradisional. Sosial Budaya, 18(1), 36-43. https://doi.org/10.24014/sb.v18i1.11787

Nurafifah, W., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(4), 1-7.

Perangin-angin, R. B. B. (2017). Pengembangan pembelajaran PPKn berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan kompetensi civic skill mahasiswa Jurusan PPKn UNIMED. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 9(2), 151-160. https://doi.org/10.24114/jupiis.v9i2.8243

Sianturi, Y. R. U., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari dan sebagai pendidikan karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 222–231. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1452

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.

Suwardani, N. P. (2020). “QUO VADIS” Pendidikan karakter dalam merajut harapan bangsa yang bermartabat. UNHI Press.

Triasmonah, P. (2018). Mengembangkan kemampuan motorik kasar melalui permainan tradisional baldoban (balap dorong ban) pada anak kelompok A di TKIT Al-Azhar Kabupaten Kediri. Jurnal Simki Pedagodia, 2(2), 20–22.

Yulita, R. (2017). Permainan tradisional anak nusantara. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Zafi, A. A. (2018). Transformasi budaya melalui Lembaga Pendidikan Pembudayaan dalam Pembentukan Karakter Ashif. Al-Gazali, 1(1), 1–16.

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Hodriani, H., Junaidi, J., & Alhudawi, U. (2023). Implementasi pembelajaran PPKn berbasis permainan tradisional pada mahasiswa PGSD. Journal of Humanities and Civic Education, 1(1), 17–28. https://doi.org/10.33830/jhce.v1i1.5778.

Issue

Section

Articles