PEMANFAATAN LATIHAN MANDIRI SEBAGAI BAHAN TUTORIAL BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI AGRIBISNIS MELALUI FASILITAS SMS

Authors

  • Argadata Sigit Universitas Terbuka

Keywords:

Latihan Mandiri, pemanfaatan ponsel dalam pembelajaran, teknologi SMS

Abstract

SMS technology with its characteristics is a potential mobile-device technology to be implemented as media in distance education, either as academic administration or as learning support service. Thi sarticle aims to explain about design and develop a model of learning support service (tutorial system) based on SMS technology by using latihan mandiri (LM=independent exercise) as its source. The results showed that Gammu is reliable enough to be used as a back-end SMS gateway, but it must be an adjunct to GampSMS which based on PPONSEL and Ajax as its front-end. In order to fulfil Agribusiness Study Program needs, there are some modifications of GampSMS function are done. Some advancement of GampSMS functions are request for students grade, SMS-LM feedback, group discussion in a course in each Regional Office and SMS to tutors email. SMS tutorials are well-liked and accepted by students who live in rural and remote locations, and they much loved up-reminder of information provided by Head of Agribusiness Study Program, and request other learning formats such as summaries and othres; but the SMS Services is rejected by students who live in urban area where Internet facilities are good and they are already computer literate; because they feel its very annoying since they can access all information through Internet easily. SMS for academic service should be kept available, and it is primarily designated for remote and isolated students, because they do not have any other means to obtain learning assistance. To improve the quality of student learning, creativity in implementing SMS tutorial must be explored.

 

Teknologi SMS berdasarkan karakteristiknya merupakan teknologi komunikasi perangkat bergerak yang amat potensial untuk digunakan sebagai sarana/media pengajaran dalam PTJJ, baik sebagai sarana pengelolaan administrasi akademik ataupun pemberian layanan akademik yang berupa layanan bantuan belajar. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan tentang perancangan dan pengembangan suatu model layanan bantuan belajar yang berbasis teknologi SMS dengan menggunakan Latihan Mandiri sebagai sumber bahan ajarnya. Pengembangan sistem SMS ini juga melibatkan seluruh mahasiswa S1 Agribisnis yang teregistrasi di tahun 2011 semester 1, sebagai peserta dan responden untuk proses evaluasi program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat lunak bernama Gammu cukup handal untuk digunakan sebagai pintu gerbang layanan SMS, namun harus di sertai dengan pengggunaan perangkat lunak GampSMS yang berbasis PPONSEL dan Ajax sebagai aplikasi tatap mukanya. Modifikasi terhadap beberapa fungsi pada GampSMS dapat dilakukan untuk memenuhi keperluan spesifik yang dibutuhkan oleh program studi Agribisnis-UT. Beberapa fungsi modifikasi tambahan tersebut adalah SMS permintaan nilai, SMS-LM pemrosesan umpan balik, diskusi kelompok dalam matakuliah/UPBJJ, dan SMS ke email pengampu. Sistem tutorial melalui SMS amat disukai dan diterima oleh mahasiswa yang berdomisili di pedesaan dan lokasi terpencil, dan mereka amat menyukai fasilitas sistem pengingatan yang diberikan oleh Ka. Prodi Agribisnis, dan meminta format pembelajaran yang lain seperti ringkasan dan sebagainya. Namun sistem ini ditolak oleh mahasiswa yang sudah melek komputer dan berada di perkotaan dengan fasilitas Internet yang baik, karena dirasa mengganggu fungsi ponsel mereka. Penerapan layanan SMS untuk layanan bantuan belajar sebaiknya tetap diberikan, karena bermanfaat bagi mahasiswa yang tidak punya sarana lain untuk memperoleh layanan bantuan belajar, dan perlu adanya kreativitas lain dalam penerapannya guna meningkatkan kualitas belajar mahasiswa.

References

Kajumbula, R. (2006). The effectiveness of mobile short messaging service (SMS) technologies in the support of selected distance education students of Makerere University, Uganda.

Ramos, A.J.O. (2007). The viability of mobile sms technologies for non-formal distance learning in Asia. PANDORA Project.

Sigit, A. (2004). Design dan implementasi teknologi SMS sebagai sarana komunikasi di UT. Laporan Penelitian Pusat Penelitan Media LPPM-UT 2004. Unpublished.

Sigit, A. (2006). Pemilihan dan bechmarking beberapa perangkat lunak gerbang SMS server yang terdapat di Internet. Laporan Penelitian Pusat Komputer UT. LPPM-UT 2006. Unpublished.

Traxler, J. & Dearden, P. (2006). The potential for using sms to support learning and organization In Sub Saharan In African.

Universitas Terbuka. (2007). Katalog Universitas Terbuka 2007. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

30-08-2013

How to Cite

Sigit, A. (2013). PEMANFAATAN LATIHAN MANDIRI SEBAGAI BAHAN TUTORIAL BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI AGRIBISNIS MELALUI FASILITAS SMS. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 14(1), 1–12. Retrieved from https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/382

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.