PENGETAHUAN MAHASISWA UNIVERSITAS TERBUKA BANDA ACEH TENTANG SISTEM BELAJAR JARAK JAUH

Authors

  • Malta Malta Universitas Terbuka

Keywords:

sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh, open and distance learning system

Abstract

Students knowledge on system for open and distance learning (ODL) is important since the information will be useful in improving students services. This article discusses students understanding on ODL system and factors that affect it. The sample were 380 students from UPBJJ-UT Banda Aceh. Data collection was carried out from May to October 2011. Correlation test of Rank Spearman was used to analyze the data. The results showed that (1) students knowledge on distance learning system was low (2) factors which influence students knowledge on ODL system were the ability in using internet, study group and information access.

 

Pengetahuan mahasiswa UT tentang sistem belajar jarak jauh adalah hal yang menarik untuk diteliti mengingat informasi dasar tersebut dapat digunakan dalam menentukan strategi pelayanan yang paling efektif. Artikel ini membahas pemahaman mahasiswa UT Banda Aceh tentang sistem belajar jarak jauh (SBJJ). Selain itu juga dipaparkan faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman mahasiswa terhadap SBJJ. Sampel adalah 380 orang mahasiswa UPBJJ-UT Banda Aceh. Data dikumpulkan dari bulan Mei hingga Oktober 2011. Untuk menganalisa data digunakan korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan mahasiswa UPBJJ-UT Banda Aceh tentang sistem SBJJ sangat rendah. Selain itu, kemampuan menggunakan internet, kelompok belajar, dan akses terhadap informasi berpengaruh terhadap pemahaman mahasiswa pada sistem SBJJ.

References

Abbas, S. (1995). 90 Tahun penyuluhan pertanian di Indonesia (1905-1995). Jakarta: Deptan.

Bandura, A.J. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Belawati, T. (1997). Understanding and increasing student persistence in distance education: A case of Indonesia. Jurnal Studi Indonesia, 7(1), 29-46.

Belawati, T. (2000). Pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kuswayatno, L. (2010). Mahir berkomputer. Diambil 1 Oktober 2011, dari: http://books.google.co.id/

Lunandi, A.G. (1993). Pendidikan orang dewasa. Jakarta: Gramedia.

Malta. (2009). Tingkat belajar mandiri mahasiswa Universitas Terbuka (Kasus: Mahasiswa Universitas Terbuka di Kota Banda Aceh). Laporan Hasil Penelitian.

Meliono, I. (2007). Manajemen pemasaran. Jakarta: FE-UI.

Padmowihardjo, S. (1994). Psikologi belajar mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pratama, R. (2011). Diskusi dan kajian. Diambil 1 Oktober 2011, dari: htttp://km.itb.ac.id/

Purwanto, M. N. (2002). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Siegel, S. (1992). Statistik nonparametrik: Untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta: P.T. Gramedia Utama.

Slamet, M. (2003). Memantapkan Penyuluhan Pertanian di Indonesia. Di dalam Ida Yustina dan Adjat Sudrajat, Editor. Membentuk pola perilaku manusia pembangunan (pp. 14-22). Bogor: IPB Press.

Suparno, S. (2001). Membangun kompetensi belajar. Jakarta: Depdiknas.

Syah, M. (2002). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Universitas Terbuka. (2004). Strategi belajar jarak jauh. Diambil 25 Februari 2009, dari http://student.ac.id.

Van den Ban, A.W. & Hawkins, H.S. (1999). Agriculture extension. (A.D. Herdiasti, Trans.). Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

29-08-2012

How to Cite

Malta, M. (2012). PENGETAHUAN MAHASISWA UNIVERSITAS TERBUKA BANDA ACEH TENTANG SISTEM BELAJAR JARAK JAUH. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 13(1), 9–19. Retrieved from https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/407

Issue

Section

Articles